SKRIPSI PGMI
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Tematik Tema 8 Subtema 4 muatan Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Strategi Index Card Match Kelas III di MIS Kertoharja Pekalongan Selatan
Latar belakang maaslah ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran tematik muatan Pendidikan Kewarganegaraan. Persentase ketuntasan siswa hanya sekitar 25%. Hal tersebut terjadi karena karena dalam proses pembelajaran terdapat siswa yang tidak memperhatikan atau mengobrol ketika guru menjelaskan materi pelajaran, siswa kurang aktif bertanya kepada guru tentang materi pelajaran yang kurang di mengerti, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa belum mencapai KKM. Menanggapi hal ini, maka diperlukan penerapan metode pembelajaran yang melibatkan peran serta siswa secara aktif dan dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi sehingga tujuan pembelajaran pun tercapai, maka untuk mengupayakan peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan, penelitian ini difokuskan pada penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran tematik tema 8 subtema 4 muatan Pendidikan Kewarganegaraan melalui strategi Index Card Match kelas III di MIS Kertoharjo pekalongan selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, dan tes siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III A MI Salafiyah Kertoharjo yang terdiri dari 33 siswa. Sebelum diterapkannya pembelajaran Index Card Match, keaktifan siswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 30 % siswa yang aktif. Namun setelah diterapkannya strategi tersebut, keaktivan siswa pada siklus pertama meningkat menjadi 70,2% pada pertemuan I dan 91,4% pada pertemuan II. Sedangkan pada siklus ke dua, keaktivan siswa meningkat menjadi 92,9% pada pertemuan I dan 95,5% pertemuan II. Jadi dapat disimpulkan dengan menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match, cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan khususnya di MI Salafiyah Kertoharjo.
23SK2323026.00 | SK PGMI 23.026 RIZ p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain