SKRIPSI PGMI
Penerapan Alat Peraga Kotak Edukasi untuk Mengatasi Kesulitan Menulis dan Membaca Siswa Kelas 4 di MINU Rowolaku Kajen Pekalongan
Undang-Undang Dasar 1945 pasal 32 ayat (1) menegaskan bahwa, setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikanTujuan dari pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Berdasarkan tujuan tersebut, peserta didik harus memiliki kemampuan dasar untuk menerima segala informasi ataupun pengetahuan yang akan diberikan oleh pendidik. Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan alat peraga kotak edukasi untuk mengatasi kesulitan menulis dan membaca siswa kelas 4 di MINU Rowolaku Kajen Pekalongan? (2)Apa dampak dari penerapan adanya alat peraga kotak edukasi untuk mengatasi kesulitan menulis dan membaca siswa kelas 4 di MINU Rowolaku Kajen Pekalongan? (3)Apa saja faktor pendukung dan hambatan dalam menerapkan alat peraga kotak edukasi untuk mengatasi kesulitan menulis dan membaca siswa kelas 4 di MINU Rowolaku Kajen Pekalongan? Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1)Mendeskripsikan dan menerapkan penerapan alat peraga kotak edukasi untuk mengatasi kesulitan menulis dan membaca siswa kelas 4 di MINU Rowolaku Kajen Pekalongan. (2)Mendeskripsikan dan menerapkan dampak dari alat peraga kotak edukasi untuk mengatasi kesulitan menulis dan membaca siswa kelas 4 di MINU Rowolaku Kajen Pekalongan. (3)Mendeskripsikan dan menerapkan faktor pendukung dan hambatan dalam menerapkan alat peraga kotak edukasi untuk mengatasi kesulitan menulis dan membaca siswa kelas 4 di MINU Rowolaku Kajen Pekalongan. Penelitian ini secara teoritis diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembang dunia pendidikan pada umumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif merupakan cara yang digunakan peneliti dalam penelitian.Menggunakan metode field research, yaitu peneliti melakukan objek mengenai gejala-gejala atau peristiwa yang ada di masyarakat atau sekolah dengan menggunakan wawancara secara tatap muka dan tanya jawab antara peneliti dan narasumber, dengan adanya studi kasus maka peneliti akan melakukan pengumpulan data secara lapangan tanpa mengurangi atau menambahi permasalahan yang ada dengan bukti wawancara, individu, kelompok, lembaga atau masyarakat. Hasil penelitian menyatakan penggunaan Alat Peraga Kotak Edukasi bermanfaat dalam pembelajaran Indonesia dan pembelajaran lain, dapat mempermudah pemahaman dan penerimaan materi pada anak sehingga mereka bisa mengetahui materi melalui kartu dalam Kotak Edukasi bagi guru dapat meningkatkan efektifitas siswa dalam pembelajaran di kelas.
23SK2323024.00 | SK PGMI 23.024 MUK p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain