SKRIPSI PGMI
Pengaruh Penerapan Metode Fernald terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Karangjompo Kabupaten Pekalongan
Menulis, membaca, berbicara, dan menyimak adalah 4 komponen keterampilan bahasa yang diajarkan di Sekolah Dasar (SD). Setiap keterampilan memiliki keterkaitan dan dipelajari melalui interaksi yang teratur dan berurutan. Ketika anak memasuki usia sekolah, mereka akan belajar membaca dan menulis. Membaca merupakan kegiatan komunikasi yang perlu dilakukan setiap hari karena berbagai alasan, salah satunya untuk memenuhi kebutuhan akan informasi, hiburan, dan memperluas suatu bidang keilmuan. Membaca permulaan merupakan tahap awal membaca yang dipelajari siswa tingkat permulaan sekolah. Membaca permulaan seharusnya mendapatkan perhatian lebih dari guru maupun orang tua. Faktanya, tidak semua anak dapat melewati tahap membaca permulaan dengan baik, sehingga berdampak pada penguasaan akademik lainnya. Permasalahan ini tidak hanya selesai di kelas bawah, bahkan berkelanjutan hingga anak memasuki kelas atas. Tentunya hal ini harus segera menemukan penyelesaian untuk mengatasi anak yang memiliki kesulitan belajar membaca. Salah satunya dengan penerapan metode Fernald untuk mengatasi kesulitan membaca siswa. Peneliti merumuskan dua masalah yakni bagaimana penerapan metode Fernald di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Karangjompo Kabupaten Pekalongan dan Apakah ada pengaruh penerapan metode Fernald terhadap kemampuan membaca siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Karangjompo Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan, menganalisis penerapan metode Fernald di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Karangjompo Kabupaten Pekalongan. Pendekatan penelitian yang dipilih yakni penelitian kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen dan desain group pretest-posttest. Sumber data berasal dari guru, siswa, pihak madrasah, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Karangjompo dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh negatif dan signifikan penerapan metode Fernald terhadap kemampuan membaca siswa kelas IV di MI Salafiyah Karangjompo Kabupaten Pekalongan. Hal ini dibuktikan melalui presentase ketuntasan sebelum mendapatkan perlakuan sebesar 31,8% dan setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan metode Fernald naik menjadi 63,7%. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 dengan kategori-thitung < -ttabel atau -6,677 < -2,698. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima.
23SK2323023.00 | SK PGMI 23.023 RIN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain