SKRIPSI PGMI
Efektivitas Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Multi Fungsi dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Kelas I di SD Negeri 02 Ddaadirejo Kabupaten Pekalongan
Berhitung merupakan bagian dari matematika yang harus dipelajari dengan baik, selain belajar membaca dan menulis. Prihastuti berpendapat bahwa berhitung merupakan salah satu tahapan belajar yang harus dilalui oleh setiap anak. Selama ini, beberapa anak yang masih menganggap bahwa berhitung sebagai suatu kegiatan yang sulit. Padahal kemampuan menghitung merupakan sarana yang sangat penting untuk menguasai bidang studi lainnya di samping sarana komunikasi. Mengingat begitu pentingnya kemampuan berhitung, maka kemampuan berhitung ini perlu diajarkan sejak dini, dengan berbagai cara antara lainnya seperti alat permainan edukatif yang tepat dan jangan sampai merusak pola perkembangan anak. Alat Permainan Edukatif (APE) ini alat permainan yang dirancang khusus untuk berkepentingan pendidikan yang ditunjukan untuk perkembangan anak yang didalamnya mengandung nilai-nilai pendidikan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui kemampuan berhitung pada anak kelas I SD Negeri 02 Dadirejo, dan untuk mengetahui kemampuan berhitung pada anak kelas I SD Negeri 02 Dadirejo dengan menggunakan alat peraminan edukatif (APE). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) kemampuan berhitung pada anak kelas 1 SD tanpa menggunakan alat permainan edukatif (APE)? 2) Bagaimana kemampuan berhitung pada anak kelas 1 SD dengan menggunakan alat permainan edukatif (APE)? 3) Apakah terdapat efektivitas penggunaan alat permainan edukatif multi fungsi dalam meningkatkan berhitung pada anak kelas 1 SD Adapun penelitian ini merupakan jenis penelitian ini eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik dan instrumen pengumpulan data ini menggunakan metode tes baik pretest dan posttest serta dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kemampuan berhitung anak pada kelas I di SD Negeri 02 Dadirejo tanpa menggunakan alat permainan edukatif, masih dalam tahap perkembangan hal ini diketahui dari hasil eksperimen sebanyak 50 siswa mendapatkan nilai rata-rata pada pretest 65, 00 dan posttest 65, 00. Pada analisis kemampuan berhitung anak kelas I di SD Negeri 02 Dadirejo menggunakan alat permainan edukatif, diketahui dari hasil eksperimen sebanyak 50 siswa mendapatkan nilai rata-rata pada pretest 60, 00 dan posttest 75, 00. Sedangkan analisis efektifitas penggunaan APE multi fungsi dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelas I SD Negeri 02 Dadirejo perhitungan uji hipotesis menggunakan Uji-t test yang merupakan uji hipotesis komparatif dua sampel independent diperoleh hasil nilai signifikansi 0,030. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti hasil belajar matematika materi pengurangan dan penjumlahan di SD Negeri 02 Dadirejo yang menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) Multi Fungsi lebih baik dari pada yang tidak mengunakan Alat Permainan Edukatif (APE) Multi Fungsi
23SK2323021.00 | SK PGMI 23.021 EVI e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain