SKRIPSI PGMI
Analisis Nilai Empati pada Serial Animasi "Riko The Series" Karya Arie Untung
Manusia adalah mahluk sosial yang saling berinteraksi, interaksi yang baik perlu empati. Empati merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memahami kondisi perasaan orang lain. Nilai empati perlu diajarkan sejak dini oleh anak – anak, agar tidak terjadi perilaku yang menyimpang. Karena empati masih sangat lah minim, terutama terhadap tontonan anak yang jauh dari unsur nilai empati. Tontonan anak yang baik harus memiliki unsur nilai dimasyarakat, yang salah satunya terdapat pada serial animasi Riko The Series merupakan serial animasi anak – anak yang mengandung nilai moral, nilai pengetahuan, dan nilai spiritual yang terkandung berdasarkan Al – Qur’an. Selain itu dalam serial ini terdapat nilai nilai sosial yang didalamnya mengandung nilai-nilai empati, sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui bentuk – bentuk nilai empati yang terkandung didalamnya. Dari pemaparan permasalahan yang telah ditemukan, maka adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: Pertama, bagaimana bentuk nilai – nilai empati yang terkandung pada serial animasi Riko The Series ?. Kedua, mengapa nilai – nilai empati yang terkandung pada serial animasi Riko The Series memiliki relevansi dengan komunikasi pendidikan ? Pendekatan penelitian yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi pustaka (literature review). Teknik penelitian dalam menemukan data dengan menggunakan dokumentasi, dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis semiotika Roland Gerard Barthes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pada serial animasi terdapat nilai – nilai empati yang terkandung didalamnya, sebagai berikut: Pertama, Pada episode “Ayahku Pahlawanku” nilai empati yang terkandung yaitu adanya rasa iba, kepedulian, dan prasangka positif pada orang lain. Kedua, pada episode “Sahabatku” nilai empati yang terkandung yaitu mencemaskan kondisi orang lain, menjadi pendengar yang baik, dan merasakan kebahagiaan orang lain. Nilai – nilai empati begitu sangat relevan dengan komunikasi pendidikan, karena dengan adanya nilai empati yang dihadirkan dalam menyampaikan pengetahuan pada pembelajaran. Pembelajaran tersebut akan lebih mudah diterima dan membantu pendidik dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh peserta didik.
23SK2323020.00 | SK PGMI 23.020 MUH a | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain