SKRIPSI PGMI
Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kubus Karton pada Pembelajaran Matematika Materi Kubus terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 02 Pegiringan Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang
Dalam proses penggunaan alat peraga, guru berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa, proses pembelajaran dikatakan baik apabila guru dapat menggunakan media sesuai dengan belajar siswa. Alat Peraga Kubus Karton merupakan alat yang dapat membantu siswa dalam belajar pada pembelajaran matematika di SD Negeri 02 Pegiringan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana penggunaan alat peraga kubus karton pada pembelajaran matematika materi kubus di SD Negeri 02 Pegiringan?, 2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah penggunaan alat peraga kubus karton pada pembelajaran matematika materi kubus kelas V di SD Negeri 02 Pegiringan?, dan 3) Bagaimana pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 02 Pegiringan. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan penggunaan alat peraga kubus karton pada pembelajaran matematika materi kubus di SD Negeri 02 Pegiringan, 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah penggunaan alat peraga kubus karton pada pembelajaran matematika kubus kelas V di SD Negeri 02 Pegiringan dan 3) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 02 Pegiringan. Kegunaan dalam penelitian ini adalah secara teoritis yaitu 1) diharapkan mampu memahami penerapan penggunaan alat peraga kubus karton terhadap siswa. 2) dapat digunakan sebagai acuan berikutnya. secara praktis yaitu 1) bagi siswa, diberi masukan terutama anak yang sedang mempelajari matematika dengan menggunakan media alat peraga. 2) bagi pendidik, diharapkan sebagai salah satu untuk membimbing siswa dalam kedisiplinan belajar. 3) bagi sekolah, untuk mengetahui penggunaan alat peraga kubus karton yang berkaitan dalam pembelajaran matematika terutama materi kubus. 4) bagi pendidikan, dapat memberikan bahan referensi pembelajaran dalam penggunaan alat peraga matematika untuk menjadi lembaga pendidikan Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menghasilkan analisis yang menggunakan analisis statistik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode penyebaran angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Responden yang dipilih yaitu sebanyak 17 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis data penggunaan Alat Peraga Kubus Karton pada Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 02 Pegiringan dikategorikan cukup baik, hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata sebesar 70 yang terletak pada interval distribusi frekuensi 59-70. Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 02 Pegiringan kategori cukup baik, hal ini berdasarkan rata-rata Hasil viii Belajar Siswa Kelas V sebesar 56,64 yang terletak pada garis interval 55-58. Selain itu adanya pengaruh penggunaan Alat Peraga Kubus Karton terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 02 Pegiringan adalah 49,8 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Alat Peraga Kubus Karton terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 02 Pegiringan sebesar 49,8%.
23SK2323019.00 | SK PGMI 23.019 RIF p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain