SKRIPSI PGMI
Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca,menulis dan Berhitung (Calistung) pada Siswa Kelas 1 SDIT Lukman Al Hakim Kota Pekalongan
Dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan membaca, menulis dan berhitung sangat diperlukan. Berkaitan dengan pembelajaran di sekolah dasar, sebagian peserta didik kelas 1 sekolah dasar tidak semuanya berasal dari Taman Kanak-kanak (TK), bahkan mungkin hanya sebagian saja peserta didik kelas 1 yang berasal dari Taman Kanak-kanak. Adanya hal tersebut, tentunya menimbulkan adanya perbedaan kemampuan awal dalam hal membaca, menulis, dan berhitung yang disebabkan oleh latar belakang pendidikan yang berbeda. Rumusan Masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) pada siswa kelas 1 SDIT Luqman Al-Hakim Kota Pekalongan? dan 2) Bagaimana strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) pada siswa kelas 1 SDIT Luqman Al-Hakim Kota Pekalongan? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dari hasil pengumpulan data. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa. Sumber data sekundernya adalah sumber data tertulis yang diperoleh dari buku, arsip, jurnal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (Calistung) siswa kelas 1 SDIT Luqman Al-Hakim Kota Pekalongan yaitu: (1) pertama, kemampuan membaca masih rendah. Kedua, kemampuan menulis yang masih rendah, yaitu tulisan yang sulit dibaca, kesulitan dalam menulis halus, tulisan tidak rapi. Ketiga, kurang mampu dalam memecahkan masalah dalam matematika; (2) Strategi Guru dalam meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung siswa Kelas 1 SDIT Luqman Al Hakim Kota Pekalongan dengan menggunakan beberapa strategi, yaitu : menggunakan metode yang bervariasi, menggunakan media Alat Permainan Edukatif Kartu Huruf, serta memberikan jam belajar tambahan dengan nama program Bina Prestasi; (3) Faktor pendukung dalam strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca, menulis ,dan berhitung siswa Kelas 1 SDIT Luqman Al-Hakim Kota Pekalongan antara lain: adanya program Bina Prestasi, penggunaan media pembelajaran media APE kartu huruf, dan pemberian reward berupa pujian untuk menambah semangat. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: semangat belajar siswa yang masih kurang, usia peralihan dari taman kanak-kanak, kurangnya pendampingan belajar dari orang tua, dan kurangnya buku bacaan penunjang calistung.
23SK2323018.00 | SK PGMI 23.018 KRI s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain