SKRIPSI PGMI
Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Al Qur'an Hadits Materi Tajwid Melalui Metode Permainan Tusuk Kata Kelas V di MI NU Baros Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa siswi yang mempunyai permasalahan pada kesulitan belajar Al-Qur’an Hadits khususnya pada materi tajwid. Nilai yang dihasilkan para siswa dalam pembelajaran al-qur’an hadist materi tajwid masih kurang, adapun gejala yang timbul akibat proses belajar peserta didik diantaranya seperti lebih senang bercerita dengan temannya, kurangnya waktu belajar di rumah, kurangnya keberanian peserta didik untuk memberikan pertanyaan kepada pendidik ketika mengalami kesulitan dalam proses belajar. Dari uraian di atas tersebut, maka dirumuskan permasalahan dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar al-qur’an hadis materi tajwid melalui metode permainan tusuk kata kelas V di MI NU Baros Pekalongan. (2) Apa faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar al-qur’an hadis materi tajwid melalui metode permainan tusuk kata kelas V di MI NU Baros Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) Untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar al qur’an hadis materi tajwid melalui metode permainan tusuk kata kelas V di MI NU Baros Pekalongan. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar al-qur’an hadis materi tajwid melalui metode permainan tusuk kata kelas V di MI NU Baros Pekalongan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang dilakukan secara interaktif melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar Al-Qur’an Hadits materi tajwid dilakukan melalui metode permainan tusuk kata melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) Perencanaan: membuat RPP, selanjutnya guru8terlebih dahulu menyediakan alatudan bahan8yang akan digunakan seperti: sapu lidi/tusuk sate,5kertas berbentukulingkaran5kecil yang berisi tulisanobacaan-bacaan9tajwid terkait materi yang akan di buat7permainan, setelah itu guru menyusun dan menyiapkan beberapa soal yang nantinya akan dipergunakan dalam proses pelaksanaan5metodeipermainanutusuk kata. (2) Pelaksanaan: guru terlebih dahulu menjelaskan materi pelajaran yang akan6di buatupermainan, selanjutnya guru membagi para siswa menjadi beberapa kelompok dan memberikan arahan tentang tata cara permainan tusukmkata kepada masing-masing kelompok, kemudian guru xiii memberikan pertanyaan yang akan dijadikan permainan tusuk kata sedangkan setiap kelompok mencari, mendiskusikan, dan mengurutkan2bacaanhtajwid yang telah di acak dan menyusunnya dengan menusukkan kata (sejenis) yang sesuai pertanyaan dan arahan dari guru. (3) Evaluasi: dilakukan dengan ulangan tertulis mengenai materi yang sudah disampaikan, dan juga menilai keaktifan siswa di kelas. Untuk faktor pendukung nya yaitu tersedianya sumber belajar, tersedianya sarana dan prasarana yang memadahi, serta kemampuan atau keahlian guru dalam menerapkan metode permainan tusuk kata. Untuk faktor penghambatnya yaitu siswa yang kurang kooperatif, dan kurangnya dukungan dari orang tua.
23SK2323017.00 | SK PGMI 23.017 NUR u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain