SKRIPSI PGMI
Efektivitas Penataan Tempat Duduk Formasi Huruf U terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika di MI Al Huda Babalan Kidul Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan
Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas. Pada saat guru sedang melaksanakan pembelajaran matematika terlihat beberapa siswa dengan posisi duduknya paling belakang sedang asyik bermain, mengobrol, sebagian siswa juga ada yang makan jajan, menjadikan pemaparan pembelajaran yang dilakukan guru tidak di dengarkan oleh siswa-siswa tersebut. Posisi tempat duduk yang monoton tersebut menjadikan siswa tidak memperhatikan proses pembelajaran, sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti merumuskan suatu masalah. Adapun rumusan masalah tersebut antara lain : 1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV yang tidak menggunakan sistem penataan tempat duduk? 2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV yang menggunakan sistem penataan tempat duduk formasi huruf U? 3) Manakah yang lebih baik antara hasil belajar siswa yang menggunakan sistem penataan tempat duduk dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan sistem penataan tempat duduk U? Tujuan penelitiannya untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV yang tidak menggunakan sistem penataan tempat duduk dan menggunakan sistem penataan tempat duduk formasi huruf U serta mengetahui yang lebih baik antara hasil belajar siswa yang menggunakan sistem penataan tempat duduk dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan sistem penataan tempat duduk formasi huruf U. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi experiment (eksperimen semu). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa. Data dalam penelitian ini berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan Uji Independent Sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas kontrol di kelas IV A MI Al-Huda Babalan kidul terbukti lebih rendah dibandingkan dengan kelas eksperimen dengan rata-rata 56,43. Sedangkan hasil belajar siswa kelas eksperimen di kelas IV B MI Al-Huda Babalan Kidul terbukti lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 70,33. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05. Sedangkan pada t hitung 3.451 > 2,032 t tabel. Dari data yang diperoleh maka Ho ditolak yang berarti ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian penerapan penataan tempat duduk U yang dilakukan peneliti di kelas IV B MI Al-Huda Babalan Kidul menghasilkan hasil belajar yang berbeda dengan kelas IV A MI Al-Huda Babalan Kidul yang tidak diterapkan penataan tempat duduk. Jadi, penataan tempat duduk formasi U lebih efektif jika diterapkan pada proses pembelajaran matematika di kelas IV MI Al-Huda Babalan Kidul.
23SK2323013.00 | SK PGMI 23.013 KHO e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain