SKRIPSI PGMI
Efektivitas Penggunaan Model Time Token Arend Berbantu Media Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar SKI Materi Hijrah Nabi Muhammad ke Thaif Kelas IV di MII Pringlangu 02 Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2021/2022
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan salah satu mata pelajaran yang terhimpun dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diajarkan di berbagai jenjang pendidikan yang berkarakterkan Islami. Sejarah memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan sejarah orang akan mengetahui keadaan masa lalu yang mengandung banyak nilai dan pelajaran bagi hidup seseorang. Di MI Islamiyah Simpar guru mengatakan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika masih kurang.Guru mengatakan jika, nilai rata-rata siswa adalah 72,8. Meskipun demikian masih terdapat siswa yang memiliki nilai terendah adalah 60 dan nilai tertinggi 90. Sehingga masih terdapat rentang yang cukup tinggi. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil pembelajaran, mendeskripsikan dan menganalisis korelasi pengunaan model Pembelajaran Time Token Arends Berbantu Media Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI Materi Hijrah Nabi Muhammad ke Thaif Kelas IV di MII Pringlangu 02 Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Dengan membandingkan satu kelompok eksperimen yang diberi treatment dan satu kelompok pembanding yang tidak diberi treatment. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan tes. Hasil penelitian adalah: 1) Penggunaan Model Time Token Arends Berbantu Media Crossword Puzzle dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV di MII Pringlangu 02 Kota Pekalongan termasuk dalam kategori baik. Skor rata-rata yang diperoleh adalah 85,6. Dengan mengacu pada kriteria kategori penilaian ideal maka X> 81,25 dengan kategori Sangat Baik. Hal ini dibuktikan terdapat peningkatan hasil belajar mengunakan Time token Arends dari nilai rata- rata Pre-test 72,8 menjadi nilai rata-rata Pos-test 90,2 dari kriteria baik (72,8) menjadi sangat baik (90,28). 2)Terdapat pengaruh positif antara penggunaan Time Token Arends Berbantu Media Crossword Puzzleterhadap hasil belajar Hijrah Nabi Muhammad ke Thaif Kelas IV di MII Pringlangu 02 Kota Pekalongan. Hal ini dibuktikan dengan hasil korelasi atau hubungan (R) sebesar 0,350 dan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,123 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh model pembelajaranTime Token Arends Berbantu Media Crossword Puzzle terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam adalah sebesar 0,123 atau 12%.
23SK2323011.00 | SK PGMI 23.011 RAN e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain