SKRIPSI PGMI
Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Melalui Metode Scramble pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V di MI Tashwirul Afkar Sugih Waras Kabupaten Pemalang
Kegiatan proses pembelajaran tidak senantiasa berhasil seringkali ada hal hal yang mengakibatkan kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Terjadinya kesulitan belajar dikarenakan siswa tidak mampu mengkaitkan antara pengetahuan baru dengan pengetahuan lamanya sehingga menimbulkan sulitnya memahami materi yang diajarkan oleh pendidik yang akhirnya siswa tidak mampu menguasahi dalam bahan ajar. Disinilah peran penting seorang guru sangat dibutuhkan, karena siswa dalam kesulitan belajar sangat memerlukan strategi/metode pembelajaran yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana kesulitan belajar siswa pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas V di MI Tashwirul Afkar Sugihwaras Kabupaten Pemalang? 2). Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa melalui metode scramble pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas V di MI Tashwirul Afkar Sugihwaras Kabupaten Pemalang? 3). Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa melalui metode scramble pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas V di MI Tashwirul Afkar Sugihwaras Kabupaten Pemalang? Adapun tujuannya 1). Mendeskripsikan bagaimana kesulitan belajar siswa pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas V di MI Tashwirul Afkar Sugihwaras Kabupaten Pemalang. 2). Mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar melalui metode scramble pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas V di MI Tashwirul Afkar Sugihwaras Kabupaten Pemalang. 3). Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa melalui metode scramble pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas V di MI Tashwirul Afkar Sugihwaras Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field reserch) dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, Dan dalam menganalisis data berupa reduksi data, penyajian data, penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Kesulitan belajar pada pembelajaran SKI yakni berupa kesulitan belajar membaca, kesulitan belajar menulis, dan kesulitan belajar menghafal. 2) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar melalui metode scramble yakni melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan berupa guru membagikan media lembar pertanyaan dan kartu lembar jawaban, dan tahap evaluasi. 3) Faktor pendukung berupa minat siswa terhadap pembelajaran, kerjasama antar anggota kelompok, dan media pembelajaran yang efektif, dan faktor penghambatnya berupa membutuhkan waktu yang lama, menimbulkan suara yang gaduh.
23SK2323009.00 | SK PGMI 23.009 DEA s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain