SKRIPSI PGMI
Peran Pondok Pesantren Anak dalam Membentuk Karakter Disiplin di Pondok Pesantren Al ABNA Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes
Peran Pesantren dalam kehidupan para santri berkaitan dengan moral- moral dan nilai- nilai sosial agama yang ditanamkan melalui peraturan, pelajaran, serta bimbingan yang ada di pesantren. Salah satu cara dalam membentuk karakter disiplin pada santri dilakukan dengan menaati semua peraturan yang berlaku dan semua jadwal kegiatan yang telah ditetapkan oleh pihak pesantren. Pondok Pesantren Al Abna merupakan salah satu Pesantren yang berusaha menanamkan nilai- nilai agama dan membentuk karakter santri sejak dini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Peran Pondok Pesantren anak dalam membentuk karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al Abna Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes dan Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat peran pondok pesantren anak dalam membentuk karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al Abna Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes . Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Pondok Pesantren anak dalam membentuk karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al Abna Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes dan untuk mendeskripsikan Faktor pendukung dan faktor penghambat peran pondok pesantren anak dalam membentuk karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al Abna Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes . Jenis penelitian yang dilakukan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif model Milles dan Huberman. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pondok pesantren anak dalam membentuk karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al- Abna dilakukan dengan berbagai cara diantaranya melalui kegiatan yang sudah terjadwal, pembiasaan- pembiasaan dalam kegiatan sehari-hari, adanya keteladanan Ustadz dan Ustadzahnya, nasehat dan hukuman. Keberhasilan tersebut tentunya memiliki faktor pendukung dan penghambatnya. Faktor pendukungnya adalah adanya keinginan dalam diri santri sendiri untuk disiplin. adanya hukuman, yang membuat para santri lebih taat pada peraturan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya santri yang susah diatur, orangtua yang mengunjungi anaknya tidak sesuai dengan jadwal kunjungan.
23SK2323006.00 | SK PGMI 23.006 IAN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain