SKRIPSI PGMI
Pengaruh Penggunaan Video Animasi Berbasis Powtoon terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA SISWA Kel;as IV di SDN Kendaga Larangan Brebes
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan seperti pada proses pembelajaran masih ada guru yang hanya menggunakan model konvensional dan hanya menggunakan metode ceramah saja sehingga siswa merasa bosan dan pasif dalam belajar. Selain itu, motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV juga masih tergolong rendah. Oleh karena itu, peneliti memilih untuk meneliti tentang pengaruh penggunaan video animasi berbasis powtoon terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Kendaga Larangan Brebes. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Apa keunggulan video animasi berbasis powtoon siswa kelas IV di SDN Kendaga Larangan Brebes?; 2) Bagaimana pengaruh penggunaan video animasi berbasis powtoon terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV di SDN Kendaga Larangan Brebes?; 3) Bagaimana pengaruh penggunaan video animasi berbasis powtoon terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Kendaga Larangan Brebes?. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh, karena sampel dari semua populasi. Populasi dari penelitian ini berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, tes, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan anova. Hasil penelitian ini bahwa 1) Terdapat banyak keunggulan diantaranya dapat menarik perhatian siswa dan dapat menumbuhkan semangat belajar siswa, video animasi ini sudah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang bersangkutan; 2) Penggunaan video animasi berbasis powtoon terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV di SDN Kendaga Larangan Brebes tidak terdapat pengaruh antara video animasi powtoon dengan motivasi, karena hasil ini memperoleh nilai pada variabel X sebesar 0,331 dan persamaan regresinya Y1 = 41,668 + 0,331 X; 3) Penggunaan video animasi berbasis powtoon terhadap hasil belajar tidak terdapat pengaruh karena siswa mmelakukan kegiatan yang tidak berkaitan dengan pembelajaran, karena hasil ini memperoleh nilai pada variabel X sebesar -0,282 dan persamaan regresinya Y2 = 97,304 - 0,282 X
23SK2323005.00 | SK PGMI 23.005 ANG p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain