SKRIPSI PGMI
Implementasi Media Kotak Instrumen Terpadu (KIT) IPA Magnet dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MIS Pakubulan Kabupaten Pekalongan
Pembelajaran akan lebih menarik dan siswa akan sangat antusias apabila dalam pelaksanaannya menggunakan sebuah media. Penggunaan media KIT IPA mampu memvisualisasikan materi pembelajaran dari abstrak ke konkret, dan dari rumit ke sederhana. Salah satu media yang sering digunakan dalam kegiatan pembelajaran (praktikum) IPA adalah media Kotak Instrumen Terpadu (KIT) IPA. KIT IPA merupakan media atau alat-alat dan bahan yang digunakan untuk percobaan IPA. Penggunaan KIT IPA akan memberikan pengalaman dan praktik belajar secara langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah dan menarik perhatian siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, muncul sebuah rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana implementasi media KIT IPA magnet pada mata pelajaran IPA di MIS Pakumbulan? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penggunaan media KIT IPA magnet di MIS Pakumbulan ? (3) Bagaimana prestasi siswa setelah diimplementasikan media KIT IPA magnet? Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana proses implementasi media KIT IPA Magnet pada mata pelajaran IPA di MIS Pakumbulan; (2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat penggunaan media KIT IPA Magnet di MIS Pakumbulan; (3) mengetahui bagaimana prestasi siswa setelah diimplementasikan media KIT IPA magnet di MIS Pakumbulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru kelas V, dan Kepala MIS Pakumbulan Kabupaten Pekalongan. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumen atau arsip sekolah yang ada di MIS Pakumbulan Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi media KIT IPA magnet ini menggunakan 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; 2) Faktor pendukung implementasi media KIT IPA magnet di MIS Pakumbulan yaitu guru yang kompeten, dan perawatan media KIT IPA Magnet yang berkala. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak adanya laboratorium IPA di MIS Pakumbulan Kabupaten Pekalongan, dan kemampuan kognitif siswa yang berbeda beda; 3) Prestasi belajar siswa setelah implementasi media KIT IPA magnet dilaksanakan yaitu adanya peningkatan dari yang semula nilai siswa dibawah KKM setelahnya menjadi rata-rata 80.
23SK2323003.00 | SK PGMI 23.003 MUH i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain