SKRIPSI PGMI
Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Sebagai Metode Membaca pada Siswa Kelas I di SDN 01 Tengeng Kulon Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan
Membaca permulaan adalah kemampuan dasar pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Pada dasarnya kesulitan membaca merupakan suatu hambatan dalam mencapai tujuan, sehingga memerlukan usaha yang lebih giat lagi untuk mengatasi permasalahan tesebut. kegiatan belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti motivasi, kematangan, hubungan siswa dengan guru, dan ketrampilan seorang guru dalam berkomunikasi. Seorang siswa yang memiliki kesulitan membaca permulaan akan merasa tertinggal oleh teman-teman yang lain, selain itu siswa merasa keberatan atas tugas dari guru dikarenakan siswa mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Dari pemaparan masalah yang telah ditemukan, maka adapun rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya: (1) Bagaimana penerapan metode SAS (struktural analitik sintetik) pada siswa kelas 1 di SDN 01 Tengeng Kulon?, dan (2) Apa bentuk kekurangan dan kelebihan pada penerapan metode SAS (struktural analitik sintetik) pada siswa kelas 1 di SDN 01 Tengeng Kulon?, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui secara jelas bagaimana penerapan metode SAS (struktural analitik sintetik) pada siswa kelas 1 di SDN 01 Tengeng Kulon dan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan pada penerapan metode SAS (struktural analitik sintetik) pada siswa kelas 1 di SDN 01 Tengeng Kulon. Sedangkan kegunaan penelitian secara teoritis yakni (1) Menambah pengetahuan tentang penerapan metode membaca dalam meningkatkan kemampuan membaca dan (2) Memberikan pengetahuan dan pengalaman penelitian sehingga dapat meningkatkan kemampuan professional, dan kegunaan secara praktis yakni: (1) Mengetahui secara mendalam tentang kesulitan-kesulitan siswa dalam membaca; (2) Memperoleh informasi mengenai metode yang sesuai untuk mengembangkan kemampuan membaca siswa kelas 1;dan (3) Meningkatkan kemampuan membaca para siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik penelitian dalam menemukan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan teknik analisi data menurut milles dan Humberman. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa penerapan metode SAS ini pada pembelajaran membaca siswa di kelas satu sangat membantu anak dalam belajar membaca khususnya membaca permulaan. Karena pada prinsipnya model ini memiliki langka operasional dengan urutan struktural ialah menampilkan keseluruhan, analitik merupakan proses penguraian dari bentuk kalimat ke dalam bentuk kata. Dari bentuk kata ke suku kata, dari suku kata ke huruf dan sintetik merupakan penggabungan kembali kepada bentuk struktural semula.
23SK2323002.00 | SK PGMI 23.002 WAN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain