SKRIPSI PGMI
Penerapan Metode Fun Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PJOK di Kelas Ibnu Kholdun Puri Raya Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2021/2022
Salah satu pendidikan yang di dalamnya didominasi dengan paktik fisik dan bebrapa teori yakni pendidikan olahraga. Dalam K13 tingkat sekolah dasar pendidikan olahraga dikemas dalam mata pembelajaran PJOK. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan salah satu proses pada pembelajaran yang telah dirangkai secara sistematik melalui berbagai kegiatan yang menjadikan tubuh sebagai komponen utamanya atau jasmaniah dan pembinaan hidup sehat dengan tujuan agar peserta didik mampu tumbuh berkembang baik secara optimal dengan memiliki prestasi yang baik dan memenuhi kesehatannya secara optimal. Pembelajaran PJOK memiliki bebrapa tujuan yang harus dicapai dengan sebaik mungkin. Salah satu hal yang dapat dilakukan agar tujuan tersebut tercapai, maka pendidik harus menggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian peserta didik. Salah stau metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran PJOK yakni metode fun teaching. Dari pemaparan masalah yang telah ditemukan, maka adapun rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya: ”Apakah Penerapan metode Fun Teaching da[at meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PJOK di SD Islam Ibnu Kholdun Puri Raya Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2021/2022”, dengan tujuan penelitian “Untukamengetahui Penerapanametode FunaTeaching dapatameningkatkan hasilabelajar siswa padaamata pelajaranaPJOK.”. Sedangkan kegunaan penelitian secara teoritis yakni untuk mengetahui Penerapan metode Fun Teaching dapat mengembangkan dan meningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK dan kegunaan secara praktis yakni agar terciptanya proses belajar dengan suasana menyenangkan sehingga mendorong siswa ikut berperan aktif dan memiliki hasil belajar optimal. Pendekatan penelitian yang digunakan merupakan kombinasi pendekatanakualitatif dan kuantitatif. Teknik penelitian dalam menemukan data dengan menggunakan obervasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa metode pembelajaran Fun Teaching berdampakapositif peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PJOK di SD Islam Ibnu Kholdun Puri Raya Kedungwuni. Penerapam metode Fun Teaching membuat siswa lebih aktif lebiih mudah memahami materi pelajaran dan interaktif dengan guru tidak kaku. Peningkatan hasil belajar tersebut ditandai dengan peningkatan porsentase ketuntasan belajar siswa. Teknis analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Data kuantitatif diproleh melalui test formatif yaitu test hasol belajar peserta didik.
23SK2323001.00 | SK PGMI 23.001 FAK p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain