SKRIPSI PAI
Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Santri Membaca Al-Qur'an di TPQ 'Aisyiyah Baitussalam Kemplong Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Kata kunci: Peran Guru, Kesulitan Santri
Peran guru sangatlah penting untuk mengatasi kesulitan santri membaca al-Qur’an. Setiap guru memiliki peran yang berbeda-beda dalam menghadapi santrinya. Pada ikenyataannya itidak isemua isantri iyang ibisa imembaca ial- iQur’an idengan ibaik idan ibenar isesuai idengan imakhroj idan itajwidnya, ipadahal idalam imembaca ial-Qur’an ikita idiwajibkan iuntuk imembaca ial-Qur’an idengan ibaik ibeserta itajwidnya. iBisa imembaca ial-Qur’an ipada isantri imerupakan isalah isatu itanggung ijawab iguru, iharus iberupaya isemaksimal imungkin idalam imengajarkan ibaca ial-Qur’an. Kesulitan imembaca ial-Quran ibagi ianak-anak imerupakan ihal iyang ilumrah. Namun kesulitan itu ada faktornya yaitu faktor intern maupun ekstern.
Berdasarkan uraikan diatas, maka penulis mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Apa kesulitan santri dalam membaca al-Quran di TPQ ‘Aisyiyah Baitussalam Kemplong Wiradesa Kabupaten Pekalongan? 2. Apa faktor yang menjadi penyebab santri kesulitan membaca al-Qur’an di TPQ ‘Aisyiyah Baitussalam Kemplong Wiradesa Kabupaten Pekalongan? 3. Bagaimana peran guru dalam mengatasi kesulitan santri membaca al-Qur’an di TPQ ‘Aisyiyah Baitussalam Kemplong Wiradesa Kabupaten Pekalongan?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di TPQ ‘Aisyiyah Baitussalam Kemplong Wiradesa Pekalongan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan cara mereduksi data, data display, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menujukkan bahwa kesulitan santri TPQ ‘Aisyiyah Baitussalam Kemplong Wiradesa Kabupaten Pekalongan yaitu pada ketepatan dalam membaca mahkrojul huruf, dimana pada mahkrojul huruf ini di 3 kelas tersebut yang sering terjadi, kemudian dalam membedakan bacaan harakat panjang maupun pendek pada al-Qur’an dan kesulitan dalam mempraktekkan ilmu tajwid. Faktor intern menjadi penyebab santri kesulitan membaca al-Qur’an yaitu kesehatan, intelegensi, motivasi dan cara belajar. Adapun faktor ekstern yaitu keluarga dan temamn sebaya. Peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an tersebut adalah guru TPQ membimbing santri-santrinya ketika maju satu per satu secara privat untuk membaca al-Qur’an, guru menasehati ketika santrinya belum lancar membaca al-Qur’an dan mengarahkan supaya mereka berlatih di rumah, guru selalu memberi motivasi supaya santri tersebut semangat dalam belajar membaca al-Qur’annya dan juga proses motivasi lebih baik dilakukan secara privat supaya santri yang bersangkutan benar-benar termotivasi, guru memberi contoh membaca al-Qur’an yang benar, baik dari segi tajwid maupun makharijul hurufnya.
DAFTAR PUSTAKA :
Al-Maliki, Sayyid iMuhammad iAlwi. 2001. Keistimewaan-Keistimewaan iAl-Qur’an. Yogyakarta: iMitra iPustaka.
Chaer, Abdul. 2014. Perkenalan iAwal iDengan iAl-Qur’an. Jakarta: iRineka iCipta.
Daradjat, Zakiah dkk. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: iBumi iAksara.
Dewi, Linda Kumala. Santri al-Qur’an. Wawancara Pribadi. pada tanggal 29 Juni 2022.
Fathoni, Abdurrahmat. 2011. Metodologi iPenelitian idan iTeknik iPenyusunan iSkripsi. Jakarta:iRineka iCipta.
Hamalik, Oemar. 2006. Pendidikan iGuru iBerdasarkan iPendekatan iKompetensi. Jakarta: iBumi iAksara.
Afifah, Ria. 2019. Skripsi: i“Strategi IGuru PAI IDalam IUpaya IMengatasi IKesulitan IMembaca Ial-Qur’an I(Studi IKasus Idi ISMKN I5 ISemarang)”. Semarang: iUIN iWalisongo iSemarang.
Alifah, Fauziyyah iNur. Syibli iMaufuridan iAceng iJaelani. 2020. “Implementasi IMetode ISorogan IMelalui ITutor ISebaya IDalam IMengatasi IKesulitan IMembaca Ial-Qur’an Idi IKelas IVB IMI ISalafiyah IKota ICirebon”. Cirebon: Jurnal iUNIEDU: iUniversal iJournal iof iEducational iResearch.iVol.1. iNo. i3.
Asmani, Jamal iMa’mur. 2016. Tips iMenjadi iGuru iInspiratif, iKreatif, idan iInovatif. Yogyakarta: iDiva iPres.
Azwar, Saifuddin. 2016. iMetode iPenelitian. Yogyakarta: iPustaka iPelajar.
Dalyono, M. 1997. Psikologi iPendidikan. Jakarta: iPT. iRineka iCipta.i i
Hariandi, Ahmad. 2019. “Strategi iGuru iDalam iMeningkatkan iKeterampilan iMembaca iAl-Qur’an iSiswa iDi iSDIT iAulia iBatanghari”. Jambi: Jurnal IGentala IPendidikan IDasar, iVol. 4 iNo. iI.
Husen, Mochamad. 2019. “Upaya IGuru Ial-Qur’an IDalam IMengatasi IKesulitan ISantri IMembaca Ial-Qur’an Idi IPondok IPesantren IAl-Mizan IRangkasbitung” (Banten: Jurnal iAksioma iAd-Diniyah.iVol.7. iNo. i2.
Joesyiana, Kiki. 2018. “Penerapan IMetode IPembelajaran IObservasi ILapangan I(OUTDOR IStudy) IPada IMata IKuliah IManajemen Ioperasional”. Riau: Jurnal iPendidikan iEkonomi iAkuntansi iFKIPiUIR.
Vol.6. iNo. i2.
Meisyaroh, Tuti. 2020. Skripsi: i“Peranan IGuru IPendidikan IAgama IIslam IDalam IMeningkatkan IKemampuan IMembaca Ial-Qur’an ISiswa ISMPN I2 Ikota Gajah ILampung ITengah”. Lampung: iIAIN iMetro.
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi iDan iMetode iPembelajaran. Pekalongan, iIAIN iPekalongan iPress.
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi idan iMetode iPembelajaran. Yogyakarta: iIAIN iPekalongan iPress.
Pratiwi, Eka iFitria iRanti. 2015. Skripsi: i“Upaya iGuru iKelas iDalam iMengatasi iKesulitan iBelajar iSiswa iPada iMata iPelajaran ial-Qur’an iHadits idi iMadrasah Ibtidaiyah iMambaul iHidayah iDesa iDuban
iBaru iKec. IKelekar iKab. IMuara iEnim”. Palembang: iUIN iRaden iFatah.
Safaria, Triantoro. 2007. Spiritual iIntelligence iMetode iPengembangan iKecerdasan iSpritual iAnak. Yogyakarta: iGraha iIlmu.I
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi iPembelajaran iBerorientasi iStandar iProses iPendidikan. Jakarta: iKencana.
Sastroasmoro, Sudigdo. 2014. Dasar-Dasar iMetodologi iPenelitian iKlinis. Jakarta: iCV. iSagung iSeto.
Iskandar, Yudi. Rosidi dan iMasbahul iMunir. 2020. “Peran iGuru iPedidikan iAgama iIslam iDalam iMengatasi iKesulitan iPeserta iDidik iMembaca iAlquran iDi iSMA iNegeri i1 iMerawang iKabupaten iBangka”.
Bangka Belitung: Jurnal iLenternal: iLearning iand iTeaching iJournal. iVol. i1, iNo. i2.
Suryani, Yulinda iErma. 2010. ”Kesulitan iBelajar”. Jurnal Magistral. No. 73 Th. XXII.
Usman, Uzer. 2011. Menjadi iGuru iProfesional. Bandung: iPT. iRosdakarya.
Wanto, Alfi iHaris. 2017. “Strategi iPemerintah iKota iMalang iDalam iMeningkatkan iKualitas iPelayanan iPublik iBerbasis iKonsep iSmart iCity”. iJournal iof iPublic iSector iInnovation.iVol. i02. iNo. i1.i
Juhji. 2016. “Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan”. Banten: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 10. No. 1.
Mahmud. 2011. Metode iPenelitian iPendididkan. Bandung: iPustaka iSetia.
Mandiri, Pustaka. 2006. Undang-Undang iRI iNo i14 itahun i2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: BP Media Pustaka Mandiri.
Musthafa, Syaikh iFuhaim. 2009. Kurikulum iPendidikan iAnak iMuslim, iTerjemah, iWafi iMarzuki iAmmar. Surabaya: iPustaka iElba.
Poerwadarminta, W.J.S. 1999. Kamus iUmum iBahasa iIndonesia. Jakarta: iBalai iPustaka.
Roqib, Moh dan Nurfuadi. 2020. Kepribadian Guru. Yogyakarta: Cinta Buku Griya Abimana.
Solong, Najamuddin iPetta i idan iAndi iAdrian. 2020.i“Penerapan IIqra ITalaqi IDalam IMengatasi IKesulitan IMembaca Ial-Qur’an IPeserta IDidik Idi ISDNI3 ITelaga IKabupaten IGorontalo”. Gorontalo: iJurnal iEducator. iVol.1. iNo. i2.
Sopiatin idkk. 2011.iPsikologi iBelajar idalam iPerspektif iIslam. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudaryono. 2017. Metode iPenelitian. Jakarta: iRajawali iPers.
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.
Sugiyono. 2011. Metodelogi iPenelitian iKualitatif idan iKuantitatif iDan iR&D. Bandung: iAlfabeta.
Supriandi. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X SMAN 1 Pinrang”. Makassar: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan. Vol. 19 No. 1.
Supriandi. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X SMAN 1 Pinrang” (Makassar: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan.Vol. 19 No. 1.
Usman, Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Rosdakarya.
Yusuf, A iMuri. 2014. Metode iPenelitian: iKuantitatif, iKualitatif idan iPenelitian iGabungan. Jakarta: iPrenadamedia iGroup.
Zulfiati, Heri iMaria. 2014. “Peran Idan IFungsi IGuru ISekolah IDasar Idalam IMemajukan IDunia Ipendidikan”. Yogyakarta: iJurnal iPendidikan iKe-SD-an, iVol.1. iNo. i1.
23SK2321079.00 | SK PAI 23.079 MAI p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain