SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Program Takhasus Pada Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Buaran Pekalongan
Kata kunci: Pelaksanaan program takhasus, kelas 1 Madrasa Ibtidaiyah
Program takhasus adalah suatu pedoman yang dibuat oleh lembaga pendidikan sebagai ciri khas dari lembaga tersebut untuk membedakan dengan lembaga pendidikan yang lain dan biasanya berkenaan dengan keagamaan sebagai kegiatan pengembangan keagamaan siswa dengan tujuan agar siswa memiliki kemampuan keagamaan dan wawasan keislaman serta keimanan yang mapan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Buaran Pekalongan yakni melaksanakan program takhasus bagi siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Buaran Pekalongan.
Penelitian ini mempunyai tiga rumusan masalah yaitu bagaimana konsep program takhasus siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Buaran Pekalongan? Bagaimana pelaksanaan program takhasus siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Buaran Pekalongan? Dan bagaimana dampak program bagi siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Buaran Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep program takhasus siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Buaran Pekalongan; untuk mengetahui pelaksanaan program takhasus siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Buaran Pekalongan; untuk mengetahui dampak program takhasus bagi siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Buaran Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini adalah Pelaksanaan Program Takhasus Pada Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Buaran Pekalongan adalah (1) Pelaksanaan program takhasus di MI NU Buaran tidak terlepas dari visi dan misi MI NU sendiri karena disitulah menjadi pijakan untuk mengetahui tujuan, metode, dan pendekatan program takhasus. (2) Pelaksanaan program takhasus untuk siswa kelas 1 di MI NU Buaran dilakukan dalam beberapa upaya, seperti membaca jilid, hafalan surat pendek dan hafalan doa sehari-hari. (3) Pelaksanaan program takhasus untuk siswa kelas 1 di MI NU Buaran memberikan dampak kepada siswa yakni memiliki sikap religius, jujur, tanggung jawab, dan disiplin.
DAFTAR PUSTAKA :
Alfiani, Anis dan Badruz Zaman. 2020. “Metode Pembelajaran Program Takhassus Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Modern Bina Insani Susukan Kabupaten Semarang”. Jurnal Al Ghozali, Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam Vol. 3 No. 2.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Cet. Ke-15. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2017. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsip MI NU Buaran Pekalongan, 9 Maret 2022.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2013. Kiat Melahirkan Madrasah Unggulan Merintis dan Mengelola Madrasah yang Kompetitif. Jogjakarta: Diva Press.
Departemen Agama Dirjen Kelembagaan Agama Islam. 2015. Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Raudhatul Athfal. Jakarta: Depag RI Dirjen Kelembagaan Agama Islam.
Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif, Cet. Ke-2. 2014. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu. 2014. Manajemen, Pengertian Dasar dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim, R. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Ilahi, Mohammad Takdir. 2014. Gagalnya Pendidikan Karakter: Analisis Dan Solusi Pengendalian Karakter Emas Anak Didik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Janah, Dewi Nur. 2018. “Pengaruh Intesitas Mengikuti Program Takhasus Hafalan Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas V SD HJ Isriati Baiturahman 2 Semarang Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi Pendidikan Agama Islam”. Semarang: UIN Walisongo.
Kementrian Agama RI. 2015. Madrasah Indonesia: Madrasah Prestasiku, Madrasah Pilihanku. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.
Maesaroh, Chusnul. 2015. “Manajemen Kurikulum Takhasus Untuk Mengembangkan Karakter Religius Siswa di SD HJ Isriati Baiturahman 2 Semarang”. Skripsi Pendidikan Agama Islam. Semarang: UIN Walisongo.
Mahi dan M. Hikmat. 2011. Metode Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Makmun, Ahmad Rodli. 2014. Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Pesantren (Studi Di Pondok Pesantren Tradisional Dan Modern Di Kab. Ponorogo). Ponorogo: Stain Ponorogo Press.
Maulida, Irma. 2019. “Implementasi Program Takhasus Al-Qur’an (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Putri Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember)” Skripsi Pendidikan Agama Islam. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Mu’in, Fatchul. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoretik & Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa, E. 2016. KTSP Sebuah Panduan Praktis. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Mleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nata, Abudin. 2020. Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya. Jakarta: Rajawali Press.
Puspitarini, Winanti Diyah. 2014 “Model Pengebangan Program Takhasus Al-Qur’an Sebagai Pendukung Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Izzah Batu”. Tesis Pendidikan Agama Islam. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim. 2014.
Rofiah, Tutik Dinur dan Mualifah. 2013. “Minat Belajar Siswa Takhasus Tahfidz dan Non Tahfidz Terhadap Mata Pelajaran PAI di SMA Ali Maksum”. Jurnal Tarbawi Pendidikan Agama Islam Vol. 17 No. 2 Juli-Desember.
Sanjaya, Wina. 2017. Kajian Kurikulum Dan Pembelajaran. Pasca Sarjana UPI Bandung: Bandung.
Silalahi, Ulber. 2018. Azas-Azas Manajemen. Jakarta: Gramedia.
Sopiah, Etta Mamang Sangadji. 2010. Metodologi Penelitian-Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan R&B, Cet. Ke-17. Bandung: Alfa beta.
Syukur, Abdullah. 2017. Implementasi Latar Belakang Konsep Pendekatan Dan Relevansinya Dalam Pembangunan. Ujung Pandang: Persadi.
Tim Pusat Bahasa. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS. 2006. Bandung: Citra Umbara.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
23SK2321078.00 | SK PAI 23.078 AZK p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain