SKRIPSI PAI
Penerapan Metode Cerita Dalam Pembelajaran PAI Untuk Menanamkan Nilai Karakter Religius Siswa SDIT Alam Bina Insani Randudongkal Kabupaten Batang
Kata Kunci : Metode Cerita, Karakter Religius
Dalam proses penanaman nilai karakter religius pada anak sekolah dasar harus melihat tahapan perkembangan anak dan metode yang tepat. Salah satu metode yang digunakan guru untuk menanamkan nilai karakter religius pada siswa di SDIT Alam Bina Insani Randudongkal adalah dengan kegiatan bercerita. Nilai-nilai islami yang terkandung dalam cerita dapat diterapkan oleh guru dalam menanamkan karakter religius siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode cerita dalam pembelajaran PAI untuk menanamkan nilai karakter religius siswa SDIT Alam Bina Insani Randudongkal Kabupaten Pemalang. (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode cerita dalam pembelajaran PAI untuk menanamkan nilai karakter religius siswa SDIT Alam Bina Insani Randudongkal Kabupaten Pemalang.
Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian lapangan (field research). Dengan pendekatan melalui penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan informan, Guru PAI, dan siswa SDIT Alam Bina Insani Rndudongkal. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan Metode Cerita Dalam Pembelajaran PAI Untuk Menanamkan Nilai Karakter Religius Siswa SDIT Alam Bina Insani Randudongkal dengan yaitu pembiasaan berdoa sebelum mengawali dan mengakhiri pembelajaran, pembiasaan mengucapkan kalimat toyyibah saat mendengarkan cerita yang menakjubkan maupun mengerikan, mempraktekan atau melafalkan langsung bacaan maupun doa-doa yang terdapat dalam cerita, serta meneladani sikap-sikap terpuji dari tokoh yang sholih. (2) Faktor pendukung penerapan metode cerita yakni Faktor pendukung antara lain sumber belajar dan media yang cukup, kemampuan guru dalam bercerita dengan menarik, serta kondisi ruang kelas dan lingkungan yang nyaman. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain keterbatasan watu dalam penyampaian cerita, konsentrasi anak yang cepat berubah, serta gaya belajar siswa yang berbeda-beda.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahmadi, Abu. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Renika Cipta.
Amin, Sukri. 2020. “Penerapan Metode Cerita Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA N 6 Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sorolangun”. Skripsi. Jambi : Universitas Islam Negeri.
Ardi, Novan Wijayanti dan Bamawi. 2014. Format PAUD. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Aziz, 2016. Abdul Mendidik Dengan Cerita. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aziz, Asep , dkk. 2020. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar”. Taklim : Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 18. No. 2.
Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bahtiar, Abd. Rahman. 2016. “Prinsip-Prinsip dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”. Fakultas Agama Islam Unismuh Makssar: Jurnal Tarbawi .Vol. 1, No. 2.
Barnawi dan M. Arifin. 2012. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Departemen Agama RI. 2014. Al-Qur’an Terjemah. Surakarta: Ziyad Books.
Fahmi, Muhammad Nahdi dan Sofyan Susanto. 2018. “Implementasi Pembiasaan Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar”. Pedagogia : Jurnal Pendidikan. Vol. 7. No.2.
Fanani, Moh. Zainal. 2014. “Penanaman Nilai Karakter Melalui Pengembangan Budaya Sekolah”, Jurnal Studi Keislaman : Tarbiyah STAIN Kediri Jawa Timur. Vol. 4. No. 2.
Fauiddin, Muhammad. 2014. Pembelajaran Paud Bermain, Cerita dan Menyanyi Secara Islam. Cet. 1. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Garnika, Eneng . 2020. Membangun Karakter Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Harahap, Asriana. 2018. “Implementasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Tematik Kelas III SDIT Darul Hasan Padangsidimpuan”. Jurnal Abdau : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 1. No. 1.
Hidayatullah, M. furqon. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuna Pustaka.
Iryana dan Risky Kawasati. t.tn “Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif”. Skripsi. Sarjana Pendidikan. Sorong: STAIN Sorong.
Isnaini, Tri. 2015. “Implementasi Metode Cerita Islami dalam Menanamkan Moral Keagamaan Di TK Islam Terpadu Permata Hati Ngaliyah Semarang”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Walisongo : Semarang.
Jaelani, Ahmad. 2022. “Pembelajaran PAI Pada Jenjang Madrasah Ibtidaiyah”. Universitas Garut: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 01. No. 01.
Jamaluddin, Dindin. 2013. Paradigma Pendidikan Anak Dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Khairiyah, Dina. 2019. “Penerapan Metode Cerita Dalam Mengembangkan Moral Dan Agama Anak Usia Dini”. Jurnal Darul ‘Ilmi. Vol. 07. No. 02.
Luthfiyah, Rifa dan Ashif Az Zafi. 2021. “Penanaman Nilai Karakter Religius Dalam Perspektif Pendidikan Islam Di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus”. IAIN Kudus: Jurnal Golden Age. Vol. 5. No.2.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul. 2012. Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul. 2017. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mariyana, Rita dkk. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Prenada Media Droup.
Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: AMZAH.
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muchtar, Heri Jauhari. 2008. Fiqih Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. 2002. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Rosdakarya.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2010. Cerita Untuk Perkembangan Anak. Yogyakarta: Navila.
Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Nugrahani, Farida. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.
Putri, Hadisa. 2017. “Penggunaan Metode Cerita Untuk Mengembangkan Nilai Moral Anak TK/SD”. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 3, No. 1, Oktober.
Rahmawati, Rina Dian dan Muhammad Irfan Fauzi. 2021. “Penerapan Metode Cerita Islami Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI (SMK Tarbiyatunnasyiin Pacul Gowang Diwek Jombang)”. Jurnal Education and Development: Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.Vol. 9 No. 4.
Sahara, Miya. 2018. “Implementasi Metode Cerita Islami Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islami Di MI Al-Mursyidah Mancilan Mojoagung Jombang”. Skripsi. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.
Samani, Muchlas dan Haryanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Samsina. 2019. “Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Didakdita”. Jurnal Pendidikan.
Sholeh, Muhammad, dkk. 2021. “Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Cerita”. Proceeding of 1 th Annual Interdiciplinary Conference on Muslim Societies(AICOMS). Vol. 1.
Simanjutak, Febriana Rowlina. 2015. “Pengaruh Permainan Kolase Terhadap Peningkatan Konsentrasi Pada Anak Tunagrahita Ringan”. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryati, Eka. 2017. “Implementasi Metode Bercerita Dalam Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Tunas Jaya Tulang Bawang Barat”. Skripsi. Lampung: Institut Agama Islam Negeri Metro.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Uno, Hamzah B. 2016. Perencanaan pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Untung, Moh. Slamet. 2019. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Litera.
Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik Dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiguna, Alivermana . 2014. Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Wiyani, Novan Ardy. 2012. Format PAUD. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Yusuf, A. Muri. 2017. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: PGroup.
23SK2321076.00 | SK PAI 23.076 SUK p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain