SKRIPSI PAI
Implementasi Remedial Teaching Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Athfal Ulujami Pemalang
Kata Kunci: Remedial Teaching dan Kesulitan Belajar.
Kesulitan belajar merupakan hal-hal atau gangguan yang dapat mengakibatkan kegagalan atau setidaknya menjadi gangguan yang dapat menghambat kemajuan prestasi belajar peserta didik. Untuk mencegah dan mengatasi kesulitan belajar, maka diperlukan kerjasama antara peserta didik, guru dan orang tua. Bagi guru banyak alternatif yang dapat dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didiknya, salah satunya mengadakan Remedial Teaching (pengajaran perbaikan), seperti yang dilakukan di MA Nurul Athfal Ulujami Pemalang. Remidial Teaching atau pengajaran perbaikan ini adalah suatu bentuk pengajaran yang bersifat menyembuhkan atau membetulkan, atau pengajaran yang membuat menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1. Bagaimana implementasi Remedial Teaching dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI di MA Nurul Athfal Ulujami Pemalang, 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan implementasi Remedial Teaching pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI di MA Nurul Athfal Ulujami Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendiskripsikan implementasi Remidial Teaching pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI di MA Nurul Athfal Ulujami Pemalang, 2. Untuk mendiskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan Remidial Teaching pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI di MA Nurul Athfal Ulujami Pemalang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dengan memakai proses berpikir secara induktif. Berfikir induktif merupakan proses logika yang berangkat dari data empirik menuju kepada suatu teori. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa Implementasi Remedial Teaching dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Nurul Athfal Ulujami Pemalang dilakukan di waktu jam pelajaran dan di luar pengajaran dengan menggunakan berbagai metode antara lain : metode tanya jawab, metode kerja kelompok dan metode individual. Adapun strategi yang digunakan yaitu: 1. Strategi menulis surat atau ayat Al-Qur’an dengan huruf latin untuk mengatasi kesulitan belajar membaca, 2. Strategi menulis surat yang akan dihafalkan untuk mengatasi kesulitan belajar bahasa (menghafal). Dalam proses Remedial berlangsung guru selalu memberi nasihat dan motivasi kepada peserta didik agar lebih giat belajar lagi sehingga tidak mengikuti kegiatan Remedial. Adapun faktor pendukung implementasi Remedial Teaching dalam mengatasi kesulitan belajar adalah minat belajar siswa dan motivasi guru, sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurang adanya kesadaran dari siswa dan keadaan lingkungan.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdurrahman, Mulyono. 2013. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan bersama Rineka Cipta.
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono.2013.Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press
Adawiyah Rofiatul, Siswa Kelas XI. Wawancara Pribadi. MA Nurul Athfal Ulujami Pemalang, 10 Juni 2022
Amanullah. 2014. Tesis :Pengaruh Program Perbaikan dan Pengayaan terhadap Prestasi belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Notogiwang kecamatan Paninggaran kabupaten Pekalongan. Pekalongan: STAIN.
Andriani, Ayu. 2017.Praktis Membuat Buku Kerja Guru .Sukabumi: CV Jejak.
Arief, Armai. 2013. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Assegaf , Abdul Rahman. 2016. Pengemangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Transformatif .Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Ayu, Kartika. 2013. Skripsi : Efektifitas Implementasi Metode Penelitian Tindakan Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Pekalongan : STAIN
Bahri Djamarah, Syaiful. 2016. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif . Jakarta: Rineka Cipta
Burhan Bungin. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif . Jakarta: PT. Fajar Interprama Mandiri
Hakim, Thursan.2017. Belajar secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadana Nusantara.
Hamalik, Oemar. 2013. Manajemen Belajar di Perguruan Tinggi.Bandung: PT. Sinar Baru.
Heristina, Ananda. “RemedialTeaching.http://anandaherstina.blogspot.co.id/2022/6/2/remedial-teaching.html (2 Juni 2022). Diakses, 6 Juni 2022 pukul 12:27.
Inayatus, sholikhah. 2018. Skripsi Implemestasi Program Remedial Dan Pengayaan Sebagai Upaya Pencapaian Ketuntasan Dan Pengoptimal Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Warungasem. Pekalongan : IAIN
Maleong, Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Maryam. 2013. Perencanaan Pembelajaran Kontemporer. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Muhtar dan Rusmini. 2016. Pengajaran Remedial Teori dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jakarta : PT. Nimal Multim.
Muslikhah , Nurul. “Remedial Teaching”. https://civitas.uns.ac.id/NurulMuslikhah/
2017/06/03/ remedial-teaching-pembelajaran-remedial/. (3 Juni 2022). Diakses, 6 Juni 2022 pukul 12:18.
Nasution, S. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Oti, Khoisah. 2019. Skripsi : Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas V di MIM Tunjungsari Pekalongan : IAIN
Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Teknik, 2020. Optimasi Desain dalam membangun kesadaran budaya lokal.Yogyakarta : CV Bintang Pustaka Madani
Purwanto, Ngalim. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Rahmawati, Anisa. 2014. Skripsi: Pelaksanaan Program Remidial Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI di SMK Nurul Ummah Paninggaran Pekalongan. Pekalongan: STAIN.
Ramdhan Muhammad,2021. Metode Penelitian : Surabaya: Cipta Media Nusantara
Ramadhani Rahmi, 2020 Belajar dan pembelajaran : Medan: Yayasan kita menulis
Ramayulis. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudrajat, Akhmad. 2013. Mengatasi Berbagai Masalah Peserta didik. Yogyakarta: Apolo.
Sugiarti,2020. Desain Penelitian Kualitatif Sastra .Malang: UMM PRESS, 2020
Sugiarto ,Eko. 2017. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Yogyakart: Suaka Media.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D), Cet. Ke-5. Bandung: Alfabeta.
Somantri, T. Sutjihati. 2013. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.
Suryabrata, Sumadi. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
T. Sutjihati Somantri. 2017.Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama
Urbayatun Siti. 2019. Kesulitan Belajar dan gangguan psikologis ringan pada anak .Yogyakarta: K-Media
23SK2321072.00 | SK PAI 23.072 REN i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain