SKRIPSI PAI
Implementasi Smart School Dalam Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Satya Praja 2 Petarukan
Kata kunci : Smart School, Blended Learning, Prestasi Belajar
Pembelajaran daring dilaksanakan sejak adanya pandemi Covid-19. Adanya pembelajaran jarak jauh mengakibatkan banyak peserta didik yang motivasi belajarnya rendah dan menurunnya prestasi belajar. Oleh karena itu, SMK Satya Praja 2 Petarukan membuat suatu aplikasi yang bertujuan untuk membantu para guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Aplikasi tersebut diberi nama Smart School.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui implementasi smart school dalam pembelajaran blended learning. (2) Mengetahui bagaimana implementasi smart school dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Satya Praja 2 Petarukan. (3) mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi smart school di SMK Satya Praja 2 Petarukan.
Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model Miles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi smart school dalam pembelajaran blended learning yakni dengan tiga tahap: perencanaan pembentukan aplikasi smart school dengan menyelenggarakan in house training, pelaksanaan dengan menginstruksikan guru dan siswa agar menggunakan media smart school sebagai media utama dalam proses pembelajaran, evaluasi dengan mengetahui kelayakan dari aplikasi smart school. (2) Implementasi smart school dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan Agama Islam di SMK Satya Praja 2 Petarukan yakni dengan tiga tahap: perencanaan dengan mempersiapkan silabus dan RPP, pelaksanaan dengan menggunakan aplikasi smart school sebagai media dalam meningkatkan prestasi belajar, evaluasi dengan memberikan soal yang diunggah dan bisa di kerjakan oleh siswa dalam aplikasi smart school. (3) Faktor pendukung dari implementasi smart school yakni: kemampuan guru dan siswa dalam mengoperasikan aplikasi, tersedianya kuota gratis dan fasilitas wi-fi, keaktifan siswa saat pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: tidak memiliki handphone pribadi, jaringan yang buruk, kuota data yang terbatas, kurangnya pengawasan orang tua, serta motivasi dan minat belajar siswa yang rendah.
DAFTAR PUSTAKA :
Aini, Ita Nur. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Vlog Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di MAN 1 Malang”. Skripsi. Malang: UIN Malang
Ainiyah, Nur & Nazar Husain. 2013. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam”. Universitas Negeri Semarang, IAIN Gorontalo, Jurnal Al-Ulum, No. 1. XIII
Al-Qur’an dan terjemahan: Surat An-Nahl-125
Aminoto & Pathoni. 2014. “Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMAN 10 Kota Jambi”. Jurnal Sainmatika. No. 1. VIII
Anisa. 2021. “Analisis Implementasi Pembelajaran E-Learning Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Beji”, Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Ibrahim
Arsenda, Delia Rachmi. 2019. “Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar PAI di SMK Negeri 2 Kota Malang”. Skripsi. Magelang: Universitas Muhammadiyah Malang
Billah, Muhammad Fatih. 2021. “Implementasi Blended Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di MI”. Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya
Effendi, Empy & Hartono Zhuang. 2005. E-learning Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Publisher
Fadholy, Fyrdaus Dony. 2019. “Penerapan Pembelajaran E-Learning Di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Menuju Era Pendidikan 4.0”. Skripsi. Yogyakarta:Universitas Islam Indonesia
Fauziyah, Syifa & Mochamad Brudi Triyono. 2020. “Pengaruh E-Learning Edmodo Dengan Model Blended Learning Terhadap Minat Belajar”. Jurnal Kependidikan Vol.4 No. 1
Firdaus dan Fakhry Zamzam. 2018. Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish
Handayani, Heni Ribut. 2019. “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP dan Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Teknik IHT (In House Training)”. Jurnal Ide Guru Vol. 4 No. 1
Hasbullah. 2014. “Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Matematika Masa Depan”. Jurnal Formatif. No. 1. 4
Hidayati, Riella Anggun. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Melalui Blended Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Nusantara Kota Probolinggo”. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka
Kawasati, Risky dan Iryana. T.th. “Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Sorong: STAIN Sorong
KEMENDIKBUD. 2012. Pengantar Umum SILABUS PAI Kurikulum 2013. Jakarta ; Kemendikbud
Khoiruddin, Ahmad. 2019. “Implementasi Blended Learning dalam Pembelajaran PAI (Studi Kasus di SMP Negeri 13 Surabaya)”. Tesis Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya
Majid, Dhea Abdul. 2009. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Berbasis Blended Learning”. 1-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam. No. 1. 4
Marlina, Emas. 2020. “Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink”. Jurnal Padegogik. No. 2
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja rosdakarya
Muizaddin, Reza dan Budi Santoso. 2016. “Model Pembelajaran Core Sebagai Saran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. No 1. I
Munir. 2012. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta
Panditung, Afnan Raynold, dkk. 2020. “Implementasi Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh Era Pandemi Covid-19 Di Tingkat SMA”. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. No. 4. V
Permatasari & Hardian H. 2018. “Pengaruh E-Learning Sebagai Media Pelatihan dan Pengembangan Terhadap Kinerja Karyawan BCA KCU Tanggerang”. Jurnal Sisfokom No. 1 Vol. 7
Prawanti, Ayu. 2019. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Model Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Parepare”. Skripsi. Parepare: IAIN Parepare
Putra, Nusa & Santi Lisnawati. 2013. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
R, Arthur, Mubarak A.A & Handoyo S.S. 2018. “Pengembangan Pembelajaran E-Learning Mata Kuliah PTM/Jalan Raya Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta”. Jurnal Pensil No. 2 Vol. 7
Ridwan Muhammad. 2011. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Akuntansi Matapelajaran Fiqih Di SMK YPM 3 Taman Sidoarjo”. Skripsi. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Surabaya
Rohim, Abdul. 2011. “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI”, Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Rokhmawati, Ika Nur. 2020. “Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqh Di Mts Al-Fatah Jabon Sidoarjo”. Skripsi. Malang: Universitas Islam Malang
Rosyid, Moh Ziful. 2019. Prestasi Belajar. Batu: Literasi Nusantara
Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Sanaky, Hujair Ah. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania
Sayekti, Siskha Putri dkk. 2021. “Implementasi E-learning dalam sistem pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran PAI di SMA IT Pesantren Nururahman”. Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hamidiyah Jakarta: Jurnal ASWAJA. No. 1. II
Setiawan, Rahmat. 2013. “E-Learning Moodle untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Tingkat SMP”. Jurnal Ilmiah Dosen “COPE”. No. 01
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sutrisno & Agung. 2016. “Pengembangan Media Videoscribe Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data dan Interface di SMK Sunan Drajat Lamongan”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol.5 No.3
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendidikan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Syahfitri, Riska. 2020. “Implementasi E-Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dimasa Pandemi Covid-19”. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ulum, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Vol. 1, No. 1
Tara. 2015. “Pengembangan Media E-Learning Berbasis Moodle pada kompetensi Dasar Jurnal Khusus Untuk Siswa Kelas XII IPS Semester Gasal di SMA Negeri 4 Jember.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis. No. 1. 1
Untung, Moh. Slamet. 2019. Metodologi Penelitian (teori dan praktik riset pendidikan dan sosial). Yogyakarta: Litera
Wahid, Abdul. 2018. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar”. Jurnal Istiqra Vol. 5 No. 2
Yazdi, Muhammad. 2012. “E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi”. Jurnal Ilmiah Forestik FMIPA Universitas Tadulako. Vol. 2 No.1
Yuliana, Y. 2020. “Analisis Keefektivitasan Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Corona (Covid-19)”. Jurnal Pendidikan. No. 10. VII
Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Pgroup
23SK2321071.00 | SK PAI 23.071 DZA i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain