SKRIPSI PAI
Upaya Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs Salafiyah Wiradesa Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Kata kunci: Guru PAI, Karakter Sosial Siswa, Akidah Akhlak.
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa siswa di MTs Salafiyah ini memiliki karakter bersosial yang baik, dimana karakter sosial ini termasuk kedalam akhlak terpuji contohnya seperti menghormati guru dan sesama teman, gotong royong dan kepeduliaan antar sesama, sifat jujur dan ber toleransi sesama teman.
Rumusan Masalah dari penelitian ini yaitu tentag bagaimanakah upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter sosial siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlaq kelas VII di MTs Salafiyah Wiradesa kecamatan wiradesa kabupaten pekalongan Serta Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter sosial siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Salafiyah Wiradesa kecamatan wiradesa kabupaten pekalongan.Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimanakah upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter sosial siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter sosial siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Salafiyah wiradesa kecamatan wiradesa kabupaten pekalongan.
Metode Penelitian pada penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif atau penelitian alami langsung dari lapangan. Peneliti mengambil data dari dua sumber yaitu sumber data pimer dan skunder.Metode yang peneliti lakukan yaitu denga menggunakan wawancara, obsevasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter sosial siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Salafiyah Wiradesa kecamatan wiradesa kabupaten pekalongan sudah baik, dengan melalui kegiatan dan ini terbukti bahwa Guru PAI memiliki upaya dalam menanamkan nilai-nilai karakter sosial siswanya seperti 1) Guru mengajak siswa rutin melaksanakan sholat berjama’ah. 2) Guru melakukan pendekatan kontekstual 3) Guru tidak membeda bedakan siswanya. 4) Guru mengajak siswa berinteraksi dengan saling sapa antar siswa dan guru. Faktor pendukung yang di hadapi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter sosial siswa antara lain lingkungan keluarga, lingkugan pertemanan, dan sikap guru. Serta faktor penghambat yang di hadapi Guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter sosial siswa antara lain kurangnya kesadaran diri siswa, teman sebaya, kurangnya perhatian orang tua dan sarana prasarana.
DAFTAR PUSTAKA :
A.W Munawwir. 1998. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. (Surabaya: Pustaka Progressif).
Adi Kuswandi. 2022. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Karakter Kepedulian Sosial Pada Siswa Sma Negeri 2 Malang” (Malang: Forum Tarbiyah : Skripsi,Universitas Islam Malang)
Ali Khan Shafique. 2005. Filsafat Pendidikan Al-Ghazali (Bandung: Pustaka Setia)
Alimaun Imam. 2015. “pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar se-daerah binaan R.A Kartini Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo” (Semarang : Skripsi UNNES)
Andriana Helmina, dkk. 2020. Metode penelitian, ( Yogyakarta : CV, Pustaka Ilmu)
Azwar Sarifuddin. 2001. Metode Penelitian. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
B. Agung Hartono dan Sunarto. 2002. Perkembangan Peserta Didik, (Jakarta: Rineka Cipta)
D. Gunarsa Singgih. 2000. Psikologi Praktik Anak, Remaja dan Keluarga (Jakarta: Gunung Mulia)
Daradjat Zakiah (et.al). 1992. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Bumi Aksara)
Daradjat Zakiah. 1985. Kesehatan Mental. (Jakarta: PT. Gunung Agung,)
Daradjat Zakiah. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam (Jakarta: Bumi Aksara)
Dian Andayani dan Abdul Majid dan. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya)
Durkeim Emile. 1990. Pendidikan Moral (Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan), (Jakarta: Erlangga)
Hasyim Umar. 1979. Toleransi dan Kemerdekaan Beragama dalam Islam Sebagai Dasar menuju Dialoq dan Kerukunan Antar Umat Beragama, (Surabaya: Bina Ilmu)
Ilyas Yunahar. 2011. Kuliah Akhlaq. (Yogyakarta: Lembaga Penhkajian Dan Pengalaman Islam,)
Irsyaduna. 2021.“Peran Guru Pai Dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa Di Smpn 03 Jombang”, (Jombang : Jurnal Studi Kemahasiswaan, No. 1 April. I)
J Moleong Lexy. 2004. Metode Penelitian Kualitatif.(Bandung; Remaja Rosdakarya)
Jamaluddin Dindin. 2013 Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam (Bandung: Pustaka Setia,)
Keraf Gorys. 1999. Eksposisi, Komposisi LanjutanII.(Bandung: Grasindo)
Kesuma Dharma, dkk. 2012. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Cet Ke-3 (Bandung: Remaja Rosdakarya)
Langgulung Hasan. 2003. Asas-asas Pendidikan Islam, (Jakarta : PT. Al-Husna)
Malikah, 2013 . “Kesadaran Diri Proses Pembentukan Karakter Islam”, (Gorontalo: Forum Tarbiyah : Jurnal Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo. No. 1, Juni. XII)
Mayang Intan dkk. 2021. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius” (Padang: An Nuha: Jurnal Pendidikan Islam No. 4. November. II)
Nur Uhbiyati dan Abu Ahmadi. 2007. Ilmu Pendidikan.(Jakarta: PT Rineka Cipta)
Nuraini Fitri,dkk, 2018. “Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Semangat Dan Hasil Belajar Mahasiswa Ikip Siliwangi”, ( Bandung : Jurnal Pendidikan Bahsa Dan Sastra Indonesia, No. 3 Juni. I)
Nurul Vatimatul Hasanah. 2021. “Upaya guru pendidikan agam islam dalam pembinaan akhlak siswa kelas VIII a (studi kasus di mts ma’arif nu 01 kertanegara kabupaten purbalingga)”,(Purbalingga: Forum Tarbiyah : Skripsi Universitas Islam Indonesia)
R&D. (Bandung: Alfabeta)
Rahmawati Marlina.2020.“Pengaruh Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 1 Jeneponto”. (Makassar: Forum Tarbiyah : Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar).
Ramayulis. 2011. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia)
Ramayulis. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. Ke 9 (Jakarta: Kalam Mulia Group)
Razzaqi Ahmad. 2010. Mencetak Generasi Muslim Teladan, (Bandung: Sinar Baru Algesindo)
Ristriyantih Mahalena. 2011. “Pengaruh kesalahan orang tua mendidik anak terhadap perkembangan perilaku anak” (Semarang: Skripsi Universitas Islam Sultan Agung)
Rosady Ruslan, Metode Penelitian : Public Relations dan Komunikasi, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004)
Septiana Rahayu. 2017.“Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Iis Sma Negeri 1 Sewon”,(Yogyakarta: Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta)
Subagyo Joko. 1991. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek (Jakarta:Rineka cipta)
Sugiono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. (Bandung: CV.Alvabeta)
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan
Sujak dan Ainal Aqid. 2011. Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter (Bandung: Yrama Widya,)
Sukartono dan Anggita Yuli Permatasari. 2022. “Upaya Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Keislaman pada Siswa Sekolah Dasar” (Surakarta: Jurnal Basicedu No. 4.)
Sutrisno Hadi. 2004. Metodologi Research. (Yogyakarta: Andi Offset)
Syah Muhibin. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, (Bandung: PT. Remaja Rosada Karya)
Tim Penyunting. 2011. “Pedoman penulisan Skrisi Jurusan Tarbiyah PAI” (Pekalongan STAIN PRESS)
Tim Penyusun Kamus Pusat dkk. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka)
Tri Utami Dian. 2018. “Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun”, Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 1 No. 1)
Ummu Murobbiyatul Mas‟uliyah. 2021. ”Internalisasi Nilai Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Sdit Ya Bunayya Pujon Kabupaten Malang”(Malang: Forum Tarbiyah : Skripsi,Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Warson Munawir Ahmad. 2008. Kamus Arab Indonesia al-Munawir (Yogyakarta: Balai Pustaka Progresif.)
23SK2321068.00 | SK PAI 23.068 ARI u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain