SKRIPSI PAI
Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak Terhadap Karakter Siswa Kelas VIII di MTS Model Ihsaniyah Tegal
Kata kunci: Kompetensi kepribadian, Karakter.
Pergeseran pola hidup dan pengaruh warga akan banyak dipengaruhi oleh budaya asing yang menurut mereka merupakan budaya kekinian, sehingga karakter suatu bangsa yang menjadi taruhannya, sudah menjadi kewajiban bagi sekolah untuk memperhatikan karakter siswa, khususnya adalah seorang guru. Guru yang memiliki kompetensi kepribadian baik akan lebih mudah dalam memberikan pendekatan karakter siswa. Karakter menjadi permasalahan yang serius tanpa terkecuali pada siswa kelas VIII MTs Model Ihsaniyah Tegal, yang masih dalam usia remaja rentan terjadi penyimpangan.
Rumusan Masalah: Bagaimana Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak di MTs Model Ihsaniyah Tegal? Bagaimana Karakter Siswa Kelas VIII di MTs Model Ihsaniyah Tegal? Adakah Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak Terhadap Karakter Siswa Kelas VIII di MTs Model Ihsaniyah Tegal?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian berupa penelitian field Research. Metode analisis data yang digunakan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 16,0 for Windows Version.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak terhadap karakter siswa, perolehan t test > t tabel, yaitu 5,982> 2,728 pada taraf signifikansi 1% dan 5,982> 2,032 pada taraf signifikan 5%, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,714 berada pada interval 0,60-0,799 yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara variabel X dan variabel Y dengan koefisien determinan sebesar 0,510 artinya kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak mempunyai pengaruh sebesar (0,510 x 100% = 51%) terhadap karakter siswa kelas VIII MTs Model Ihsaniyah Tegal. Sedangkan sisanya 100%-51%= 49% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
DAFTAR PUSTAKA :
A, Salim. 2002. Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Aalahudin, Anas dan Irwanto Alkrienciehie. 2013. Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa, Bandung: Pustaka Setia.
Agung, Wahyu. 2010. Panduan SPSS 16.0 untuk Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Gara Ilmu.
Ali, Muhammad. 2005. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Al gesindo.
Aly, Hery Noer dan Munzier. 2003. Watak Pendidikan Islam. Jakarta: Friska
Amin, Maswardi Muhammad. 2011. Pendidikan Karakter Bangsa. Jakarta: Baduose Media.
Anwar, Saifudin. 2009. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aqid, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter, Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arismantoro. 2008. Tinjauan Berbagai Aspek Caracter Building. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Azkiya, Mayla. 2017. “Peran Guru PAI dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 2 Kedungwuni”, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Barnawi dan Mohammad Arifin. 2013. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Chaplin, J.P. 2000. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Danim, Sudarwan. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Prenada Media.
Debdikbud. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Agama RI. 1996. Al-Quran dan Terjemahannya. Semarang: Toha Putra.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Intraksi Edukatif Cet. 3. Jakarta : Rineka Cipta.
Fauzi, Muchamad. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Sebuah Pengantar. Semarang: Walisongo Press.
Hairiyah, Ulva Muthmainnah Rasyid. 2017. “Pengaruh Kompetensi Sosial Guru PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Makasar”. Yogyakarta :Jurnal Universitas Alma Ata, Vol. 8, No.2.
Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Husna, Fina Himmatul Khusna. 2015. “Kompetensi Sosial Guru PAI di SMP Negeri 01 Wiradesa Kabupaten Pekalongan”, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Kartanto, Kartini. 1983. Pengantar Metodolagi Research Sosial. Bandung: Alumni.
---------. 2005. Teori Kepribadian. Bandung: Mandar Maju.
Kasmadi dan Nia Siti Sunariah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif, Cet. Ke 2. Bandung: Alfabeta.
Koentjaraningrat. 1997. Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Cet.Ke-10. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Lickona, Thomas. 2012. Caracter Matters (Persoalan Karakter): Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebijakan Penting Lainnya. Penerjemah Jumal Abdu
Wamaungo & Jaen Antunes Rudolf Zien. Jakarta: Bumi Aksara.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Majid, Abd. dkk, 2011. Caracter Building Through Education. Pekalongan: STAIN Press.
Malik, Oemar. 2006. Pendidikan Guru. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Margono. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rinaka Cipta.
Masnur Muslich. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhaimin. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. 2011. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
---------. 2013.Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta :Bumi Aksara.
Musfiroh, Novianti. 2015. “Peran Kompetensi Sosial Guru dalam Menciptakan Efektivitas Pembelajaran”. Cirebon: Jurnal IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Vol 4. No.2.
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensial. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nasrullah.2015. “Pembentukan Karaker Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam”. Malang: Jurnal Universitas Muhammadiyah Malang, Vol. 18, No. 1.
Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
---------. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Payong, Marselus R. 2011. Sertifikasi Profesi Guru Konsep Dasar, Problematika, den Implementasinya. Jakarta: Indeks.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.74 Tahun 2008 Tentang Guru Pasal 3 Ayat 6
Poerwadarminta, W.J.S. 2013. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
PP RI, No 19. 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Q-Annes, Bambang dan Adang Hambali. 2009. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Rahman, Nazarudin. 2009. Regulasi Pendidikan Menjadi Guru Profesional Pasca Sertifikasi. Yogyakarta: Pustaka Felichan.
Ramayulis. 1998. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Ruby, Afwan Maulana. 2018. “Kompetensi Sosial Guru PAI dalam Menjalin Keharmonisan dengan Peserta Didik, (Studi Kasus di SMK Ma’arif NU Tirto Kota Pekalongan)”, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Salafudin dan Nalim. 2004. Statistik Inferensial. Pekalongan : STAIN Pekalongan Press
Salafudin. 2010. Statistik Terapan Untuk Penelitian Sosial. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.
Setiawati, Nanda Ayu. 2017. “Penddikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa”. Medan: Jurnal Semnastafis, Vol.1, No.1.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
---------. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, Uhar. 2013. Menjadi Guru Berkarakter. Bandung :Refika Aditama.
Sukandarrumidi. 2012. Metode Penelitian: Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gajahmada University Press.
Suradi. 2017. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah”, Tulungagung: Jurnal Briliant; Riset dan Konseptual.
Suyono. 1994. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Tafsir, Ahmad. 1992. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ulum, Miftachul. 2018. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren”, (Lamongan: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Vol 2. No.2.
Undang-undang Republik Indonesia No.14 Tahun 2015. 2006. Tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Rosda Karya.
UU Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Pasal 8
UU RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Surabaya: Pustaka Eurika.
Warniti, Rsidkk. 2011. Panduan Praktikum Aplikasi Komputer. Semarang; Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Wibowo, Agung Edy. 2015. Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian. Yogyakarta: Gava Media.
Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Winarsunu, tulus. 2006. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. UMM Press
Zubaedi. 2013. Design Pendidikan Karakter; Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Zuhairini. 1994. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Aksara.
23SK2321065.00 | SK PAI 23.065 ISM p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain