SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Internet di SMP Muhammadiyah 4 Petarukan
Kata Kunci : Implementasi, Internet
Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia pendidikan dituntut untuk bisa sejalan dengan perkembangan teknologi pada zaman sekarang. Dimana pendidikan harus lebih berkualitas untuk menjadikan siswa yang cerdas sehingga mampu bersaing di era globalisasi seperti sekarang ini. Pesatnya perkembangan teknologi mendorong proses pembelajaran untuk mengupayakan pembaharuan guru dalam cara mengajarnya baik itu dari metode atau media pembelajarannya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Internet di SMP Muhammadiyah 4 Petarukan (2) mendeskripsikan kendala-kendala yang dialami saat pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis internet di SMP Muhammadiyah 4 Petarukan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muammadiyah 4 Petarukan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Miles and Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis internet di SMP Muhammadiyah 4 Petarukan terbukti dapat meningkatkan belajar siswa serta menambah semangat belajar siswa. (2) Pembelajaran berbasis internet mampu membuat siswa belajar secara aktif dan mandiri dan dapat mengikuti pembelajaran dengan senang dan tertib. Dalam pelaksaan pembelajaran guru membagi menjadi dua komposisi dalam pelaksanaanya yaitu pembelajaran dilakukan di dalam kelas dengan menerangkan materi setelah itu pembelajaran dilakukan secara online di LAB TIK sebagai pengayaan dan memperdalam materi.
DAFTAR PUSTAKA :
Arief, Armani. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Azarhadi. 2016. Implementasi Pembelajara PAI Serta Penanamann Toleransi Beragama Pada SD Fransiskus Padang Panjang. Pandang Panjang: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan.
Cahyadi, Ani. 2019. Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Banjarmasin: Lakista Indonesia.
Cinti Asih, Tiara. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III Sd Ptq Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2007. Salatiga: Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga,
Daule, Tata Herawati. 2014. Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal Forum Paedagogik.
Fauzan, M. 2009. Metodologi Penelitian kuantitatuf sebuah pengantar. Semarang: Wali Songo.
Hadi, Sutrisno. 2001. Metodologi Research. Yogyakarta : Andi Offset..
Junarsih, Cicih dan Dirman. 2014. Kegiatan Pembelajaran Yang Mendiidk. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Kasmad, Runiawati. 2018. Study Implementasi Kegiatan Publik. Jakarta: Kedai Askara Universitas Terbuka.
Moeleng, J. Lexy. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Murzal. 2019. Nilai Multikultural dalam Pembelajran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah: Studi Terhadap Upaya Membina Karakter Siswa di SMKN 1 Gerung. Mataram: Jurnal Penelitian Keislaman.
Mustakim, Zaenal. 2017. Strategi Dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Prasetyo, Andi. 2010. “Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rencana Penelitian”. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Purwanto. 2008. “Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan”. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Purwanto dan Sulistyastuti, “Analisis kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan”. 1991. Jakarta: Bumi Askara.
Ramayulis dan Samsul Nizar, 2009. “Filsafat Pendidikan Agama Islam Telaah Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya”. Jakarta: Kalam Mulia.
Sarwono, Jonathan. 2006. “Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif”. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Siregar, Rudi. 2018. ”Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembelajaran Kontekstual”. Jakarta: Jurnal Global Edukasi.
Triwiyanto, Teguh. 2014. “Pengantar Pendidikan”. Jakarta: PT Bumi Askara.
Umro. Jakarta. 2017. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Radikalisme Agama di Sekolah”. Jakarta: Journal PJ Islamic Education.
Yunus, Hadi sabari. 2010. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Zulaydan. 2018. “Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Beragama Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)”. Mataram: Jurnal Kependidikan.
23SK2321064.00 | SK PAI 23.064 NAD i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain