SKRIPSI PAI
Peran Pendidikan Agama Dalam Keluarga Single Parent Untuk Membentuk Kedisiplinan Belajar Anak di Dukuh Paesan Tengah Kelurahan Kedungwuni Barat Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci : Pendidikan Agama, Single Parent, Kedisiplinan Anak.
Pendidikan agama dalam keluarga merupakan pendidikan yang diberikan orang tua kepada anak di lingkungan keluarga untuk membentuk kepribadian anak dengan adanya suatu perubahan sikap dan tingkah laku anak sesuai dengan ajaran Islam. Pada keluarga single parent yang terdiri hanya ayah atau ibu saja memiliki tanggung jawab yang besar terhadap anak-anaknya disamping itu, mereka juga sibuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Diantara kewajiban dan tanggung jawab orang tua tunggal meliputi memberikan perhatian yang cukup kepada anaknya, memberikan pendidikan agama, serta menanamkan sikap kedisiplinan kepada anak.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk Mengetahui Peran Pendidikan Agama Dalam KeluargaSingle Parent Untuk Membentuk Kedisiplinan Belajar Pada Anak Di Dukuh Paesan Tengah Kelurahan Kedungwuni Barat Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. 2. Untuk Mengetahui Problematika Pendidikan Agama Keluarga Single Parent Dalam Membentuk Kedisiplinan Belajar Anak Di Dukuh Paesan Tengah Kelurahan Kedungwuni Barat Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknikpengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dari desa Prawasan Timur Kedungwuni. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Dalam menjalankan perannya sebagai orang tua, single parent di Dukuh Paesan Tengah dalam memberikan pendidikan agama serta menanamkan kedisiplinan pada anak dapat dikatakan sudah baik, walaupun masih ada beberapa anak yang memiliki kedisiplinan yang kurang. Para single parent dalam mengajarkan serta menanamkan disiplin keagamaan pada anak ialah dengan cara mereka memberikan contoh yang baik, mengarahkan serta membimbingnya kemudian dalam hal belajar, single parent membiasakan anak untuk tepat waktu dan menerapkan jam belajar pada anak. 2. Problematika yang dialami para single parent dalam mendidik dan mengasuh anaknya adalah terkait ekonomi, waktu serta pengaruh teman sebaya.
DAFTAR PUSTAKA :
Adison, Joni. 2020. Dan Suryadi. “Peranan Keluarga Dalam Membentuk Kedisiplinan Anak KelasVII Di SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan”. Jurnal Pendidikan. Vol. 1 No. 6.
Al-Basuruwani, Abu Abbas Zain Mustofa. 2018. Fiqh Shalat Terlengkap. Jakarta: Laksana.
Al-Hasyimi, Muhammad Ali. 2000. Jati Diri Muslim. Jakarta: Pustaka al-Kautsar.
Anggito, Albi &Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Suka bumi: CV Jejak.
Arifin, Bambang Syamsul. 2008. Psikologi Agama. Bandung: CV Pustaka Setia.
Arifin, Muhammad Zaenal. 2015. “PolaAsuh Single Parent dalam membentuk kecerdasan Emosional Anak di Desa Jagung Kesesi Pekalongan”. Skripsi. Pekalongan: STAIN Pekalongan.
Aziz, Safrudin. 2015. Pendidikan Keluarga: Konsep dan Strategi. Yogyakarta: Gava Media.
Az-Zuhaili, Wahbah. 2010. Fiqih Islam WaAdillatuhu. Jakarta: Gema Islami.
Binti Asrah dkk.2016. “Korelasi Kedisiplinan Belajar Di Rumah Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri 19 Banda Aceh”. Jurnal Pendidikan, Vol. III, Nomor 2.
Danim, Sudarwan. 2000. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Daradjat, Dzakiyah. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi aksara.
Desmita, 2009. Psikologi perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Faisal, Sanapiah. 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Fauzi, Muhamad Irfan. 2016. “Hubungan Kedisiplinan Belajar Di Rumah dan Di Sekolah dengan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Se-Gugus Dewi Sartika Uppd Tegal Selatan Kota Tegal 2012/2013”.
Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. Volume 8, No 1.
Fuad, Anis dan Kandung Sapto Nugroho. 2014. Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Hafsaridkk. 2018. “Pengaruh Metode Pendidikan Al-qur'an Orang Dewasa Terhadap Kemampuan Membaca Al-qur'an”. Jurnal Of Islamic Education, Vol. 1 No. 1.
Hanafi, Halid dkk. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublisher.
Hamzah, Fajri. 2020. “The Relationship Between The Influence Of People’s People On Learning Disciplin”. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Volume 8. Nomor 3.
Haryanto, Joko Tri. 2012. Transformasi dari Tulang Rusuk Menjadi Tulang Punggung. Yogyakarta: CV. Arti Bumi.
H.W, Munisu. 2002. Sastra Indonesia. Bandung: RemajaRosdakarya.
Hawwas, Abdul Aziz Muhammad Azzamdan Abdul Wahhab Sayyed. 2010. Fiqh Ibadah Thaharah, Sholat, Zakat, Puasadan Haji. Jakarta: Amzah.
Indra, Delfi. 2014. “Pelaksanaan Manajemen Program Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji Di Provinsi Sumatera Barat (Studi Komparatif Di Tiga Daerah)”. Jurnal Al- Fikrah. Vol. II No. 02.
Iqbal, Muhammad. 2019. “Pengaruh Antara Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dengan Pendidikan Agama Dalam Keluarga”. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam. Vol. 11 No. 1.
Jalaludin. 2005. Psikologi Agama. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Jalaludin. 2011. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Wali Press.
Kafrawi. 2018. “Nilai Pendidikan Dalam Sholat Fardu (Studi Tagsir Al- Misbah)”. Jurnal Al- Aulia. Vol. 04 No. 01.
Larenurifta, Adin Refqi. 2014. “Problematika Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga Single Parent (Studi Kasus di Desa Banjarturi Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal)”. Skripsi. Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Layliyah, Zahrotul. 2013, “Perjuangan Hidup Single Parent”, Jurnal Sosiologi Islam, Vol. 3, No. 1.
Madjid, Nurcholish. 2000. Dialog Ramadhan Bersama Caknur. Jakarta: Paramadina.
Mahdali, Fitriyah. 2020. “Analisis Kemampuan Membaca Al-qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan”. Jurnal Studi Al-qur’an Dan Hadist. Vol. 2 No. 2.
Mahmud dkk. 2013. Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga. Jakarta: Akademia Permata.
Majid, Abdul. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja.
Masyhuri dan M. Zainuddin.2008. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktisdan Aplikatif. Bandung: PT Refika Aditama.
Mohtar, Imam. 2017. Problematika Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada Masyarakat. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Moleong, J. Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Muhammad Ali. 2004. Gerakan Pembangunan Keluarga Sejahtera. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Munawiroh, Maidir Harun. 2007. Kemampuan Baca Al-qur'an. Jakarta: Depag RI.
Ningsih, Rini. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan untu kkelas 2 SD. Jakarta: Yudhistira.
Retnowati,Yuni. 2008. “Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal Dalam Membentuk Kemandirian Anak (StudiKasus Di Kota Yogyakarta)”. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 6, Nomor 3.
Rosmita Sari Siregar dkk. 2021. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Safitri, Yumna Amalia dkk. 2020. “PolaAsuh Orang Tua Di Era Digital Berpengaruh dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV”. Jurnal Pendidikan. Vol. 8 No. 3.
Savitri, Astrid. 2019. Bijak Mendidik Anak Di Era Milenial. Yogyakarta: Penerbit Briliant.
Setiawan, Firman dan Aldila Septiana. 2019. Buku Ajar Studi Fiqh. Pamekasan: Duta Media Publishing.
Soetji ningsih, Cristiana Hari. 2018. Perkembangan Anak Sejak Pembuaha nSampai Dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Kencana.
Solehudin, M. Sugeng. 2009. Psikologi Perkembangan Dalam Perspektif Pengantar. Pekalongan: STAIN Press.
Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal penelitian Kualitatif. Skripsi dan Tesis.Yogyakarta: Suaka Media.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiyatun dan Achmad Muhibbin. 2015. “Kemandirian Wanita Single Parent Dalam Mendidik Anak (StudiKasus Di DesaPakang, Andong, Boyolali)”. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial.Vol. 25 No. 1.
Suratmi, Eming. 2017. “Peranan Single Parent Dalam Membangun Pendidikan Moral SiswaKelas IV Di MIN Kalibuntu Wetan Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi, Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Syah, Muhibbin. 1997. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syaifi, Mat. 2019. “Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Ibadah Puasa Ramadhan, Jurnal Tarbawi”, Vol. 07 No. 02.
Syarbini, Amirullah.2014. Model Pendidikan Karakter, Jakarta: PT Gramedia.
Tafsir, Ahmad. 2008. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Thoha, Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tu'u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Waluyati, Ida. 2019. “Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pendidikan Anak (Studi Deskriptif di Kelurahan Rabadompu Timur Kecamatan Raba Kota Bima)”. Jurnal Pendidikan. Vol. II, No. II.
Yessi, Hamani Dkk. 2012.Teori Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Deepublisher.
Yusuf, Syamsu. 2009. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: RemajaRosdakarya.
Zaman, Wendi. 2011. Ternyata Mendidik Anak Cara Rasulullah Itu Mudah Dan Lebih Efektif. Jakarta: PT. Kawah Media.
23SK2321062.00 | SK PAI 23.062 NIM p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain