SKRIPSI PAI
Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Studi Kasus di Dukuh Donopukah Desa Donowangun Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Peran Orangtua, Problematika Yang di Hadapi Orangtua dalam Mendampingi Pembelajaran Jarak Jauh.
Peran orang tua dalam mendidik anaknya sangat penting untuk membuktikan bahwa bukan hanya metode pembelajaran disekolah, namun orang tua juga memiliki andil yang sangat besar terhadap pencapaian anak dalam lingkup pendidikan. Orang tua adlah penanggung jawab utama dalam pendidikan anaknya, orang tua sangat berperan penting dalam menentukan keberhasilan anak-anaknya.
Jadi peran orang tua atau ibu dan ayah memegang peranan yang penting dan amat berpengaruh atas pendidikan anaka-anaknya. Pendidikan orang tua terhadap anak-anaknya adalah pendidikan yang didasarkan pada rasa kasih sayang terhadap anak-anak, dan yang diterimannya dari kodrat. Orang tua adalah pendidikan sejati, kasih sayang orang tua terhadap anak-anak hendaklah kasih sayang yang sejati pula.
Penelitian ini dibuat untuk menjelaskan :1) bagaimana peran orangtua dalam mendampingi anak belajar jarak jauh (PJJ) di Dukuh Donopukah Desa Donowangun Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan. 2) bagaimana problematika yang di hadapai orang tua dalam emdampingi anak pembelajaran jarak jauh (PJJ) di Dukuh Donopukah Desa Donowangun Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan.
Hasil dari penelitian ini bahwa peran orangtua dalam mendampingi anak pembelajran jarak jauh (PJJ), di antaranya: (1) orang Tua sebagai motivator. (2) Orang Tua sebagai fasilitator. (3) Orang Tua mengatur jadwal kegiatan anak. (4) Orang Tua sebagai Informan. (5) kurangnya pengetahuan orang tua terhadap materi. (6) Kurangnya ekonomi. (7) kurangnya waktu mendampingi anak dalam belajar daring.
DAFTAR PUSTAKA :
A.H. Hasanuddin, 1984. Cakrawala Kuliah Agama, Surabaya: Al-Ikhlas.
Afifah, Nurul. 2015. “Problematika Pendidikan di Indonesia”, Elementary, I, Edisi 1 Januari.
Aisyatinnaba, Nur. “Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa”, Semarang: Indonesia Jurnal of Guidance and Counseling: Theory and Application, No. 4, Desember, V, 2016.
Almanshur, Fauzan, Ghony, M. Djunaidi. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Ar- Ruzz,
Anzar, Febri, Safni. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016” (Aceh: Bina Gogik, No. 1, Maret, IV, 2017.
Asmuni. “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pencegahaannya”, Lombok: Jurnal Paedagogy, No. 4, Oktober, VII, 2020.
Cahyati, Nika, “Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid-19” Kuningan: Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, No. 1, Juni, IV, 2020.
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
H.M. Arifin, 1987. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga, Jakarta: Bulan Bintang.
Hariyati, Fitri. “Analisi Peran Orang Tua dalam Mendampingi Belajar dari Rumah pada Kelas I SD Muhammadiyah Muntilan Selama Pandemi Covid-19” Skripsi Jurusan Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2020.
Idris, Ridwan. “Mengatasi Kesulitan Belajar Dengan Pendekatan Psikologi Kognitif”, Jurnal Lentera Pendidikan, No.2, Desember, I2, 2009.
Muthmainnah, “Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain”, PGPAUD FIP Universitas Negeri Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Anak 1, No.1 Juni 2012.
Nabela, Uli. “Peran Orangtua Dalam Mendampingi Anak Pada Pembeljaran Jarak Jauh Di kelas II Sekolah Dasar Negeri 211/IX Mendalodarat” Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, Jambi: Universitas Jambi, 2021.
Ningrum, “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Kelurahan Margorejo 25 Polos Kecamatan Metro Selatan”, Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, IAIN Metro: Institut Agama Islam Negeri Metro, 2019.
Novrinda, “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan”, Bengkulu: Jurnal Potensi PG-Paud FTIK UNIB, Vol. 2, No.1, 2017.
Nuratika, Silvi. “Peran Orang Tua Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Saat Pandemi Covid- 19” Banda Aceh: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh, No.1, Maret, I, 2021.
Perantika, Rozali. “Peran Orang Tua dalam Belajar Daring Siswa MIN 1Kepahiang pada Masa Pandemi Covid-19” Skripsi Jurusan Studi Pendidikan Guru dan Madrasah Ibtidaiyah, Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 2021.
Prastowo, Andi. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian Yogyakarta: Ar- Ruzz.
Purwanto, Ngalim, M. 2009. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.
Rahmat, Saiful, Pupu. “ Penelitian Kualitatif” ( Malang: Jurnal Equilibrium Unversitas Brawijya Malang, No. 9, Januari-Juni, V, 2009.
Rumbewas, S, Selfia, “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi”, Jl. Bronco Ridge 1 Biak: Jurnal EduMatSains 2, No. 2, 2018.
Sopiah, Sangadji, Mamang, Etta. 2010. Metodologi Penelitian Praktis dalam Penelitia, Yogyakarta: Andi Offest.
Suderman, “Persepsi Orang Tua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19” Gunungsitoli: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, No. 2, September-Desember, II, 2020.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta.
Trisnani, Novi. “Penguatan Peran Orang Tua dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19” Yogyakarta: Jurnal Pengabdian Masyarakat IKIP PGRI Wates, No. 1, Juni, VII, 2021.
Umar, Munirwan. “Peranan Orangtua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak” Banda Aceh: Jurnal Penelitian Prodi Bimbingan Konseling FTK UIN Ar-Raniry, No. 1, Juni, I, 2015.
Valeza, Rizka, Asli. “Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung” Skripsi: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Lampung:UIN Raden Intan Lampung, 2017.
Wardani, Anita. “Analisis Kendalan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19” Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Yogyakarta, No. 1, Mey-Agustus, V, 2020.
Wardhani, Yuthika, Zahra, Tsania. “Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di Masa Pandemi Covid-19”, Padjadjaran: Jurnal Prosiding Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Padjadjaran, No. 1, April, VII, 2020.
Wijayaanti, Mia, Resti.”Persepektif dan Peran Orang Tua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD” Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Yogyakarta, No. 2, September-November, V, 2021.
23SK2321061.00 | SK PAI 23.061 FIA p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain