SKRIPSI PAI
Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Akhlak Siswa Kelas VII di SMP N 1 Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang
Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Akhlak Siswa
Akhlak merupakan tingkah laku yang tertanam dalam diri manusia sehingga manusia tersebut memiliki dorongan untuk melakukan tindakan, tindakan tersebut bisa bernilai baik ataupun buruk. Hal yang mempengaruhi akhlak salah satunya yaitu pola asuh orang tua. Pola asuh yang baik akan berdampak pada penanaman akhlak yang baik. Bentuk pola asuh sendiri terdiri dari tiga macam demokratis, permisif, dan otoriter.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana gambaran pola asuh orang tua siswa kelas VII di SMP N 1 Warungasem Kabupaten Batang? 2) Bagaimana gambaran akhlak siswa kelas VII di SMP N 1 Warungasem Kabupaten Batang? 3) Apakah terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap akhlak siswa di SMP N 1 Warungasem Kabupaten Batang ?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan memperoleh gambaran pola asuh yang diterapkan oleh orang tua siswa kelas VII di SMP N 1 Warungasem Kabupaten Batang. 2) Untuk mengetahui dan memperoleh gambaran akhlak yang dimiliki oleh siswa kelas VII di SMP N 1 Warungasem Kabupaten Batang. 3) Untuk menganalisis pengaruh pola asuh orang tua terhadap akhlak siswa kelas VII di SMP N 1 Warungasem Kabupaten Batang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Terdapat 144 sampel dari banyaknya populasi sebesar 224. Jenis analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan uji hipotesis yaitu uji t dengan bantuan program SPSS 26.
Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa: 1) Pola Asuh Keluarga di Kelas VII di SMP N 1 Warungasem Kabupaten Batang dengan jumlah skor rata-rata 611. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa Pola Asuh Keluarga di Kelas VII di SMP N 1 Warungasem Kabupaten Batang sudah sangat baik. Artinya pola asuh yang diberikan sudah sesuai dengan kebutuhan dalam mendidik anaknya. 2) Akhlak Siswa di Kelas VII di SMP N 1 Warungasem Kabupaten Batang dengan rata-rata 602. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa Akhlak Siswa di Kelas VII di SMP N 1 Warungasem Kabupaten Batang sudah baik. 3) Pola Asuh Keluarga (X) terhadap Akhlak Siswa (Y) dengan menggunakan batas signifikansi (α) = 0,05 diperoleh nilai t hitung = 7,265 dengan tingkat siginifikansi 0,000 yaitu < 0,05 (batas signifikansi). Maka Ho ditolak Ha diterima artinya variabel Pola Asuh Keluarga (X) berpengaruh secara signifikan terhadap Akhlak Siswa (Y). Dan disimpulkan bahwa pengaruh pola asuh orang tua terhadap akhlak siswa sebesar 27%.
DAFTAR PUSTAKA :
Adnan, Mohammad. 2018. Pola asuh orang tua dalam pembentukan akhlak anak dalam pendidikan Islam. Jurnal Studi Keislaman.
Amrulloh, Muhammad Afid dan Zahra. 2018. “Pola Asuh Orang Tua dalam Membina Akhlak Anak di Desa Sidoluhur Lampung Tengah”. Lampung: Jurnal ISTAWA, No. 1, Januari, III.
Apriyanti, Dwiyoga. 2017. Skripsi. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Spiritual Anak di SDN 2 Sawangan Kecamatan Ajibarang Banyumas. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Ashari, Dandang. 2017. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Akhlak Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Bangunjiwo Bantul. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
DN Zahra, AA Muhammad. 2018. Pola Asuh Orang Tua dalam Membina Akhlak Anak di Desa Sidoluhur Lampung Tengah.Jurnal Istawa.
Firmanyah, Ata. 2020. Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Peningkatan Akhlak Anak. Jurnal Kopertais.
Ilyas, Yunahar. 2012. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPPI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Intansari, Rafika. 2017. Skripsi. Hubungan Kepemimpinan Orang Tua terhadap Perilaku Akhlak Remaja. Salatiga: IAIN Salatiga
Irvan Salis, Farida Nur, Antika, Prihatin Dwi. 2020. Pola Asuh Orang Tua terhadap Akhlak Anak (Studi Komparasi ditinjau dari Pekerjaan Orang Tua. Jurnal Paramurobi.
Istiklaliyah. 2022. Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Wawancara Pribadi, Warungasem.
IW, Dewi. 2021. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung.Tulungagung: IAIN Tulungagung.
LZ, Eva. 2012. Skripsi. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Akhlak Anak Usia Dini di Desa Pangkalan Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Mahmudah, Umi. 2019. Metode Statistik Step by Step.Pekalongan : NEM.
NU, Abdullah. 1981. Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam. Semarang: Asy-Sui’fa.
Nurdin, Ismail dan Hartati, Sri. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Sahabat Cendekia.
Puspita, Ratna. 2018. “Guru dianiaya Siswa Karena Runtuhnya Moral”. https://www.google.com/amp/s/m.republika.co.id/amp/p3mk3z428. (diakses pada 5 Mei 2022, pukul 16.50).
Putri, Zunita. 2018. “Guru di Kendal diBully”. https://news.detik.com/berita/d-4300367/guru-di-kendal-di-bully-muhammadiyah-bicara-pendidikan-akhlak (diakses pada 5 Mei 2022, pukul 17.30).
Raco. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana.
Raudhatinur, Maida. 2019. Implementasi Budaya Sekolah Islami dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. Jurnal Dayah.
RN Diah, Torbiyanto. 2020. Kepemimpinan Orang Tua Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Isyrof.
Salafudin dan Nalim 2014. Statistik Inferensial. Pekalongan: STAIN Pekalongan.
Sanga, Leony. Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz pada Mata Kuliah Kimia Fisika I.Universitas Kristen Indonesia, Jurnal JDP.
Sholiha, Afidatus. 2019. Skripsi. Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Perilaku Keberagamaan Anak pada Keluarga Broken Home di Desa Surodadi Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang.
Pekalongan: IAIN Pekalongan
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sukanto. 1994. Paket Moral Islam Menahan Nafsu dari Hawa. Solo: Maulana Offset.
Susanto, Budi. 2019. “Pelajar Korban Pengaiayaan di Pekalongan Sempat diancam Bakal dibunuh Kakak Kelasnya”. https://jateng.tribunnews.com/2019/02/01/pelajar-korban-penganiayaan-di-pekalongan-sempat-diancam-bakal-dibunuh-kakak-kelasnya (diakses pada 5 Mei 2022, pukul 18.00)
S, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Teras.
Thoha, Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Wahyuni, Dewi Indra. 2021. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung”. Skripsi. Tulungagung: IAIN Tulungagung.
Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zamroni, Amin. 2017. Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak. Jurnal Sawwa.
23SK2321058.00 | SK PAI 23.058 NIS p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain