SKRIPSI PAI
Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an di TPQ Baitul Ihsan Desa Kadipaten Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Kata kunci : Metode An-Nahdliyah, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an
TPQ Baitul Ihsan menggunakan Metode An-Nahdliyah sebagai metode pembelajaran membaca Al-Qur’an sudah lama yaitu sejak tahun 1997. Selain lebih mudah dipahami oleh santri dalam Metode An-Nahdliyah pembelajarannya dilakukan secara berjenjang dengan menggunakan program buku paket 6 jilid dan dilanjutkan dengan program sorogan Al-Qur’an. Pada umumnya anak bisa membaca Al-Qur’an dengan menggunakan Metode An-Nahdliyah ini membutuhkan waktu kurang lebih 4-6 tahun.
Peneliti mengambil rumusan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana penerapan Metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Baitul Ihsan Desa Kadipaten Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan dan (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan Metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Baitul Ihsan Desa Kadipaten Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan Metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Baitul Ihsan Desa Kadipaten Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan dan untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambatan penerapan Metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Baitul Ihsan Desa Kadipaten Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyatakan (1) Penerapan Metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an sudah berjalan dengan baik. (2) faktor pendukung dalam penerapan Metode An-Nahdliyah yaitu santri memiliki semangat yang tinggi dalam belajar, ustadz dan ustadzahnya telah mengikuti penataran Metode An-Nahdliyah, dan bimbingan lingkungan keluarga terutama orang tua. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan Metode An-Nahdliyah ini adalah tingkat kemampuan pehaman santri yang, kurangnya kedisiplinan dari ustadz-ustadzah dan santri, serta masih terdapat kurangnya kesadaran orang tua untuk memberikan bimbingan kepada anaknya.
DAFTAR PUSTAKA :
Aliwar. 2016. ”Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Quran Dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (TPA)”. Kendari: Jurnal Al-Ta’dib IAIN Kendari, Vol. 9, No. 1Januari-Juni.
Anggreani, Sri Wulan dan Yayan Alpian. 2020. Membaca Permualaan Dengan Teams Games Tournament (TGT), Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media.
Ansyory, Anhar. 2012. Pengantar Ulumul Qur’an. Yogyakarta: Lembaga Pengembangan Studi Islam Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Drajat, Amroeni. 2017. Ulumul Qur’an Pengantar Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Depok: Kencana.
Fadli, Akhmad. 2019. “Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode An-Nahdliyah Di TPQ At-Thoyyibah Baureno Bojonegoro”. Bojonegoro: Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 1, No. 2 Juli.
Hanafi, Halid, La Adu, dan Zainuddin. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Sleman: Deepublish.
Harahap, Sri Belia. 2020. Strategi Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Hariyati. dkk. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Munaqosah Tahfidzul Qur’an di MIM Kerten Banyudono, Boyolali. Boyolali.” Bulettin KKN Pendidikan, Vol.1, No. 2, Desember.
Haudi. 2021. Strategi Pembelajaran. Solok: Insan Cendekia Mandiri.
Hermansyah, Fendi. 2018. “Efektivitas Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Iman Braja Luhur Kecamatan Braja Selebah Lampung Timur”. Skripsi Pendidikan Agama Islam. Lampung: IAIN Metro.
Idrus, Syech . 2021. Menulis Skripsi Sama Gampangnya Membuat Pisang Goreng. Batu: Literasi Nusantara.
Irdawati. dkk. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol”. Buol: Jurnal Kreatif Tadulako Online , Vol 5 No. 4.
Katoningsih, Sri. 2021. Keterampilan Bercerita. Surakarta: Muhammaiyah University Press.
Kurniatin, Lindah. 2019. “Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Dengan Metode An-Nahdliyah Pada Santri Usia Lanjut, (Studi Kasus Di Dukuh Pakel Desa Pohijo Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo) Tahun 2019 ”. Skripsi Pendidikan Agama Islam. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Laily. 2021. Pendidikan Karakter Untuk Perguruan Tinggi. Bekasi: Guepedia.
LP. Ma’arif NU. 2015. Cepat Tanggap Belajar Al-ur’an. Tulungagung: LP. Ma’arif NU. Jilid 1 – Jilid 6
Mafulah, Zahrotul. dkk. 2020. “Pengaruh Penerapan Metode An-Nahdliyah Terhadap Kelancaran Membaca Al-Qur’an Siswa”. Lamongan: Jurnal Keislaman, Vol. 1, No. 1.
Majelis Pembina Taman Pendidikan Al-Qur’an An-Nahdliyah Cabang Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah Jetak Kidul Wonopringgo Pekalongan. Ikhtisar Seri A & B Pedoman Pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’an Metode An-Nahdliyah. Pekalongan: Majelis Pembina Taman Pendidikan Al-Qur’an An-Nahdliyah Cabang Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah Jetak Kidul Wonopringgo Pekalongan.
Muhsyanur. 2014. MEMBACA (Satu Keterampilan Berbahasa Reseptif). Yogyakarta: Buginese Art.
Muzakkir. 2015. “Keutamaan Belajar dan Mengajarkan Al-Qur’an: Metode Maudhu’I dalam Perspektif Hadis”. Makassar: Jurnal Lentera Pendidikan UIN Alaudin Makassar, Vol. 18, No. 1 Juni.
Pimpinan Pusat Majelis Pembina Taman Pendidikan Al-Qur’an An-Nahdliyah Tulungagung. 2015. Pedoman Pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’an Metode Cepat Tanggap Belajar Al-Qur’an An-Nahdliyah. Tulungagung: Pimpinan Pusat Majelis Pembina Taman Pendidikan Al-Qur’an An-NahdliyahTulungagung.
Pinggae, Heronimus Delu. 2020. Mengajar Dan Beajar Menjadi Guru Sekolah Dasar. Klaten: Penerbit Lakeisha.
Purba, Pratiwi Bernadetta. 2021. dkk. Kurikulum dan Pembelajaran. Medan: Yayasa Kita Menulis.
Rahman, Taufiqur. 2018. Kiat-Kiat Menulis Karya Ilmiah Remaja. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Riyanto, Slamet dan Aglis Andhita Hatmawan. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Rohman, Syaifur. 2021. “Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode An-Nahdliyah Pada Era Pandemi Covid-19”, Mataram: Fitrah: Journal of Islamic Education, Vol. 2, No. 1 Juni 2021.
Sholihin, Mahfud. dan Puspita Ghaniy Anggraini. 2021. Analisis Data Penelitian Menggunakan Software STATA. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sugito. 2020. “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Model Pembelajaran Aktif Melalui Supervisi Klinis”. Batang: Jurnal Ansiru PAI, Vol. 4, No. 2 Juli-Desember.
Sutiah. 2016. Teori Belajar & Pembelajara. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Syaifullah, Muhammad. 2017. “Penenerapan Metode An-Nahdliyah dan Metode Iqro’ Dalam Kemampuan Membaca Al-Qur’an”. Lampung: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, Vol. 2, No. 1 Juni.
Untung, Moh. Slamet. 2019. Metode Penelitian Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial. Yogyakarta: Litera.
Yasir, Muhammad dan Ade Jamaruddin. 2016. Studi Al-Qur’an. Riau: CV. Asa Riau.
23SK2321056.00 | SK PAI 23.056 LIN p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain