SKRIPSI PAI
Strategi Peningkatan Minat Baca Literasi Islam Pada Anak Oleh Pengelola Perpustakaan Atap Welit di Desa Lolong Kecamatan Karanganyar
Kata Kunci: Strategi, Pengelola Perpustakaan, Minat Baca Literasi Islam
Pengelola perpustakaan mempunyai tugas untuk menyusun rencana strategi perpustakaan agar minat baca pengunjung itu meningkat. Minat baca sendiri merupakan ketertarikan seseorang terhadap aktivitas membaca. Berbagai macam buku yang dapat dibaca di perpustakaan, salah satunya yaitu buku-buku islam. Namun untuk minat baca literasi islam sendiri masih tergolong rendah, sehingga perlu adanya strategi peningkatakan minat baca literasi islam dari pengelola perpustakaan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua, yaitu: 1) Bagaimana strategi yang dilakukan oleh pengelola Perpustakaan Atap Welit sebagai peningkatan minat baca literasi islam pada anak di Desa Lolong Kecamatan Karanganyar, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam strategi yang dilakukan oleh pengelola Perpustakaan Atap Welit sebagai peningkatan minat baca literasi islam pada anak di Desa Lolong Kecamatan Karanganyar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh pengelola Perpustakaan Atap Welit sebagai peningkatan minat baca literasi islam pada anak di Desa Lolong Kecamatan Karanganyar dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam strategi yang dilakukan oleh pengelola Perpustakaan Atap Welit sebagai peningkatan minat baca literasi islam pada anak di Desa Lolong Kecamatan Karanganyar.
Penelitian ini termasuk penelitian deskripstif, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan secara interaktif melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat baca literasi islam pada anak di Desa Lolong meningkat. Hal tersebut tidak lepas dari usaha yang dilakukan oleh pengelola Perpustakaan Atap Welit agar minat baca literasi islam pada anak bisa meningkat. Adapun strategi peningkatakan minat baca literasi islam pada anak oleh pengelola Perpustakaan Atap Welit Desa Lolong adalah: 1) Kegiatan primer yang meliputi: perpustakaan keliling, gemar membaca (membaca bersama pada saat jam istirahat) dan bimbingan belajar. 2) Kegiatan Sekunder yang meliputi: kreasi tangan, santunan anak Yatim dan Dhuafa, dan perlombaan pada hari besar Islam. Kemudian faktor pendukung dari kegiatan ini yaitu: 1) Faktor Internal, semangat dan ambisi yang tinggi untuk membaca pada diri sendiri. 2) Faktor Eksternal, adanya dorongan dari guru dan dorongan dari pengelola perpustakaan. Adapun faktor penghambat dari kegiatan ini adalah: 1) Faktor Internal, adanya rasa malas untuk membaca. 2) Faktor Eksternal, keterbatasan buku dan keterbatasan dana.
DAFTAR PUSTAKA :
Abidin, Yunus. dkk. 2017. Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Adib, Helen Sabera. 2016. Metodologi Penelitian. Palembang: Noer Fikri Offset.
Aiman, Anna. 2021. Strategi Pustakawan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Perpustakaan SMK Negeri 1 Sarolangun. SKRIPSI: Sarjana Ilmu Perpustakaan. (Jambi: UIN STS).
Al Qurtuby, Sumanto. 2021. Agama Politik dan Politik Agama. (Semarang: CV Lawwana).
Ardyawin, Iwin dkk. 2018. Strategi Pustakawan dalam Meningkatkan Minat Baca Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lombok Tengah. JURNAL: Nusantara Journal of Information and Library Studies. Vol. 1. No. 2.
Azhar, Yufis dkk. 2021. Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality untuk Meningkatkan Minat Baca pada Anak. JURNAL: Pengabdian pada Masyarakat (BAKTIMAS). Vol. 3. No. 4.
Chairunnisa. 2017. Pengaruh Literasi Membaca dengan Pemahaman Bacaan. JURNAL: TUTURAN. Vol. 6, No.1.
Daradjat, Zakiah. 2011. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmadi. Membaca Yuk “Strategi Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Sejak Usia Dini”. GUEPEDIA.
Edi, Fandi dkk. 2016. Teori Wawancara Psikodignosti. Yogyakarta: LeutikaPrio.
Elendiana, Magdalena. 2020. Upaya Meningkatkan Minta Baca Siswa Sekolah Dasar, JURNAL: PENDIDIKAN dan KONSELING. Vol. 2. No. 1.
Erlina. 2020. Upaya Guru Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Kota Jambi. SKRIPSI: Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jambi: UIN STS.
Eskha, Ahmad. 2018. Peran Perpustakaan sebagai Sumber Belajar. JURNAL: IMAM BONJOL: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan. Vol. 2. No. 1.
Fitriani. 2017. Strategi Pustakawan dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Perpustakaan SMP Negeri 4 Alla Kabupaten Enrekang. SKRIPSI: Sarjana Pendidikan Ilmu Perpustakaan. (Makassar: UIN Alauddin).
Gumono. 2016. Profil Minat Baca Mahasiswa FKIP Universitas Bengkulu. JURNAL: WACANA. Vol. 14. No. 1.
Hayati, Nur. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Buku Referensi Mata Pelajaran Sosiologi (Kasus Siswa SMA Negeri 1 Sukorejo Kendal Tahun Ajaran 2008/2009). SKRIPSI: Sarjana Pendidikan. (Semarang: Universitas Semarang).
Herwina, Wiwin. 2022. Peningkatan Minat Membaca Warga Belajar melalui Kampung Literasi Di PKBM Al-Hidayah Tasikmalaya. JURNAL: Cendekiawan Ilmiah PLS, Vol. 5. No. 2.
Hidayati, Sefa dkk. 2021. Strategi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dalam Mengembangkan Minat Membaca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL: Pendidikan Dasar. Vol. 5. No. 2.
Himayah. 2021. Penguatan Literasi Islam dalam Pendidikan Dasar. JURNAL: Al Urwatul Wutsqa (Kajian Pendidikan Islam). Vol. 1. No. 1.
Kandow, Toby. dkk. 2021. Strategi Dinas Perpustakaan Daerah dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Kabupaten Bolang Mongondow Timur. JURNAL: JAP. Vol. VII. No. 109.
Kasrawati, dkk. 2022. Faktor-faktor Penyebab Kurangnya Minat Membaca Buku Paket PAI dan Solusinya pada Peserta Didik Kelas X IPS. JURNAL: Islamic Education (Al-Asma). Vol. 4. No.1.
Khaerani, Caya. 2019. Budaya Literasi dalam Pembentukan Karakter Muslim dengan Kajian Tokoh. JURNAL: Pendidikan dan Sains, Vol. 1. No. 1.
Munawiroh. 2019. Minat Baca Siswa terhadap Buku-buku Keagamaan di Sekolah.(Deepublish: Jakarta).
Nijmah Salamah, Ratu. 2020. Literasi Islam dan Kemajuan Ilmu Pengetahuan. ARTIKEL: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten.
Nur Arifah, Siti. 2022. Penerapan Literasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Palangka Raya. SKRIPSI: Sarjana Pendidikan. (Palangka Raya: Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.
Nursalam, dkk. 2020. Model Pendidikan Karakter. CV. AA RIZKY.
Ormarod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Persia, Aziza Nur dan Yuli Rohmiyati. 2013. Peran Perpustakaan Anak di Rumah Sakit Kanker “DHARMAIS” Jakarta. JURNAL: ILMU PERPUSTAKAAN. Vol. 2. No. 3.
Prasrihamni, Mega dkk. 2022. Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. JURNAL: CAKRAWALA PENDAS. Vol. 8. No. 1.
Priyandi, Rizky. 2020. Strategi Peningkatan Minat Baca Peserta Didik di MTS Islamiyah Ciputat. SKRIPSI: Sarjana Manajemen Pendidikan. (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah).
Putri Anas, Rena. 2022. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Siswa terhadap Koleksi Buku Islam di Perpustakaan Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Batu Taba. SKRIPSI: Sarjana Informasi. (Batusangkar: Institut Agama Islam Negeri Batusangkar).
Rahmatillah, Farhani. 2018. Strategi Pengelola Perpustakaan dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa di SMPN 10 Palembang. SKRIPSI: Sarjana Ilmu Perpustakaan. (Palembang: UIN Raden Fatah).
Rohmah, Jamilatu. 2020. Optimalisasi Koleksi Perpustakaan sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan di Perpustakaan SMA Negeri 4 Kota Magelang. JURNAL: Perpustakaan. Vol. 11. No. 2.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sri Wahyuni, Yuni. 2020. Perpustakaan Milik Kita. ALPRIN.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif.
Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukma, Hanum Hanifa dan Rendi Asri Sekarwidi. 2021. Strategi Kegiatan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar. JURNAL: VARDIKA. Vol. 33. No. 1.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca sebagai suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Yamin, Martinis. 2010. Kiat Membelajarkan Membaca. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yeri Utami, Yeri. 2022. Pendidikan Literasi Islam sebagai Upaya Pembentukan Karakter Anak. JURNAL: Ilmiah Pedagogy. Vol. 20. No. 1.
23SK2321055.00 | SK PAI 23.055 HIK s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain