SKRIPSI PAI
Upaya Kolaborasi Guru PAI Dengan Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Perilaku Indisipliner Siswa Kelas XI Melalui Pendekatan Behavioristik di SMK N 3 Pekalongan
Kata Kunci: Perilaku indisipliner, Pendekatan Behavioaristik .
Perkembangan zaman yang tidak lepas dari media sosial memberikan dampak positif dan negatif khususnya di lingkungan sekolah. Salah satu dampak negatifnya adalah munculnya ketidakpatuhan terhadap kebijakan yang relevan atau disebut perilaku indisipliner. Jika perilaku indisipliner dibiarkan berkembang, kemungkinan besar akan menyebabkan tindakan kriminalitas.
Rumusan dalam penelitian ini adalah: Apa saja bentuk-bentuk perilaku indisipilner di SMK N 3 Pekalongan? Dan bagaimana upaya guru PAI dengan guru bimingan konseling dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa kelas XI melalui pendekatan behavioristik di SMK N 3 Pekalongan? Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bentuk-bentuk perilaku indisipliner dan mengidentifikasi upaya kolaborasi guru Pendidikan Agama Islam dengan Bimbingan Konseling dalam mengatasi perilaku indispliner melalui pendekatan behavioristik siswa kelas XI di SMK N 3 Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan upaya penanggulangan perilaku indisipliner di SMK Negeri 3 Pekalongan.
Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan Pendidikan Agama Islam dan bimbingan konsleing, maka teori yang digunakan adalah teori-teori yang berkaitan dengan indikator indisipliner siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data penelitian berasal dari kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, guru bimbingan konseling, dan sisiwa kelas XI di SMK N 3 Pekalongan. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimplan ( verfikasi).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk-bentuk perilaku indisipliner yang ada di SMK N 3 Pekalongan adalah (a) Membolos kelas jam pelajaran PAI, (b) Terlambat masuk jam pelajaran PAI (c) Tidak melaksanakan sholat dhuhur berjam’ah (d) dan melanggar aturan sekolah cara pakaian atau tampilan di sekolah. (2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dan guru bimbingan konseling dalam mengatasi perilaku indisipliner melalui pendekatan behavioristik adalah dengan menggunakan empat tahapan antara lain: (a). Assesment, (b) Goal setting, (c) Technique implementation, dan (d) Evalution.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdul Rosyid, Mohammad Fani. 2020. “Layanan Bimbingan Konseling untuk Membentuk Karakter Disiplin Siswa” Jurnal Fokus Konseling Vol. 6 No. 2.
Al Barry , M. dahlan. 1994. “Kamus Ilmiah Populer, (Surabaya: Arkola).
Aqib, Zainal. 2012. Ikhtisar Bimbingan & Konseling di Sekolah: Memuat Beberapa Aspek Kegiatran dan Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah, (Bandung: Yrama Widya).
Basri, Hasan. 2019. “Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti”Jurnal Mudarrisuna Vol. 9 No. 1 Januari-Juni.
Budistiwi, Hastin dkk. 2016. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioristik” Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling UPS Tegal, Jawa Tengah Vol 2, No 1 Januari.
Conny R. Semiawan. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik , dan Keunggulannya, (Jakarta: PT Grasindo).
Corey, Gerald. 1998. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi (Bandung: Eresco).
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, (Rineka Cipta: Jakarta).
Fandini, Pushpa. 2018. “ Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Behvioral Contract dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa di SMA Pgri 2 Banjarmasin Tahun Ajaran 2017/208” Jurnal Mahasiswa Bk An Nur Vol. 4 No. 1.
Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, (Jakarta: Rineka Cipta).
Ghazali, Bahri. 2011” Pendidikan Islam Untuk Konselor” (Yogyakarta : CV Amanah).
Herdiani, Mira dkk. 2018. “Strategi Kolaboratif Guru Bk Dengan PAI Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa “, Jurnal Jurusan Bimbingan, Konseling dan Psikoterapi Islam Vol. 6 No. 1.
Hikmawati, Fenti. 2010. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Irmansyah. 2020. “Kinerja Guru Bimbingan Konseling Islam Di Sekolah, Jurnal Bimbingan Konsling Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta” Jurnal Bimbingan Konseling Islam Vol. 2 No. 1.
Junardi. 2016. “Skripsi Startegi Guru Pendidikan Agama Islam Mengatasi Perilaku Indispliner Peserta Didik di SMA Negeri 2 Sungguminasa Kab. Gowa” Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Di UIN Aluddin Makassar.
Latif Dunggio, Arifah Abd. 2020. “Deskripsi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Memberikan Bimbingan Kepada Siswa Yang Sering Membolos” Jurnal Ilmu Pendidikan universitas Tompotika Luwuk Bunggai Volume 4, Nomor 2 Oktober.
Makki, Muh dkk. 2021. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Indispliner Peserta Didik Di Smk Muhammadiyah Parepare”, Jurnal Al-Ibrah Vol. X No. 01.
Masjkur, M. 2018.” Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Self Control Remaja di Sekolah, IAIN Sunan Giri Bojonegoro” At-Tuhfah Jurnal Studi Keislamaan Vol. 7, No.1.
Masjkur, M. 2018.” Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Self Control Remaja di Sekolah, IAIN Sunan Giri Bojonegoro”, Jurnal Studi Keislamaan Vol. 7, No.1.
Muhammad, Rif’at hawaari. 2021 “ Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Di Smp Wahid Hasyim Malang “ Jurnal Pendidikan Islam Vol. 6 No. 4.
Muhammad, Rif’at Hawaari. 2021.“Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Sikap Disiplin Siswa di SMP Wahid Hasyim Malang “ Jurnal Pendidikan Islam Vol. 6 No. 4.
Napitupulu, Dedi Sahputra. 2020. Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam(Sukabumi: Cetakan Pertama).
Nawawi, Hadari. 2011. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas, (Jakarta: CV H Masagung).
Pohan, Rusdi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan, (Yogyakarta: Lanark Publiser).
Pohan, Rusdin. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan, (Yogyakarta: Lanark Publiser).
Rahmawati, Kamilia dan Makhsun, Toha. 2020. ”Peranan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengatasi Perilaku Indisipliner Peserta Didik di SMK N 2 Purwodadi” Sultan Agung Fundamental Research Jurnal Volume 2, No. 1.
Ramyulis. 2018, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Robina, Mila Rizqi. 2020. ”Upaya Pendekatan Sosial-Emosional Guru Dala Mengatasi Perilaku Indispliner Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Di Man 3 Madiun “ Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakutltas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo.
Sandra, Rober. 2015. Konsep Stres Kerja Guru Bimbingan dan Konseling. Vol. 1 No. 1.
Sanyata, Sigit. 2012. Teori Dan Aplikasi Pendekatan Behavioristic Dalam Konseling, Jurnal Paradigma, No. 14 Th. VII.
Sari, Ratna dkk. 2018. “ Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Perkembangan Spritual Peserta Didik” Jurnal Of Islamic Education Vol. 1, No.1, Juli.
Sari, Yusni.2013. “Peningkatan Kerjasama di Sekolah Dasar”, Jurnal Aministrasi Pendidikan, Vol. 1 No. 1.
Semiawan, Conny R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik , dan Keunggulannya, (Jakarta: PT Grasindo).
Sri Lestari 2012. Psikologi Keluarga, (Jakarta, Kencana)
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta).
Suprayogo, Imam. 2001. Metodologi Penelitian Sosial Agama (Bandung: Remaja Rosdakarya)..
Suprayogo, Imam. 2001. Metodologi Penelitian Sosial Agama (Cet. I; Bandung: Remaja Rosdakarya).
Tim Dosen PAI. 2016. Bunga Rampai Penelitian dalam Pendidikan Islam, (Yogyakarta: CV Budi Utama).
Wahyudi, Muchammad Agus Slamet. 2016. “Pendekatan Behavior dalam Menangani Perilaku Indisipliner Siswa Korban Perceraian di SMP Diponegoro”, Yogyakarta, Jurnal Analisis Vol. XVI, No. 2.
Wahyudi, Muchammad Agus Slamet. 2017. “Konsep Pendekatan Behavioral dalam Menangani Perilaku Indisipliner Pada Siswa Korban Perceraian.” Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No.1.
Wahyudi, Muchammad Agus Slamet. 2017.“Teknik Behavior dalam Menangani Perilaku Indisipliner Siswa pada Korban Perceraian di SMP Diponogoro Sleman Yogyakarta”, Jurnal Cendikia, Vol 15. No.1.
Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum,(Yogyakarta: Cv. Andi Offset).
Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan, (Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri).
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, (Jakarta: Prenadamedia Group).
23SK2321054.00 | SK PAI 23.054 NAD u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain