SKRIPSI PAI
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penguatan Nilai-Nilai Akidah Akhlak di MTS Salafiyah Al-Muttaqin Pekalongan
Kata Kunci : Strategi Guru, Guru Pendidikan Agama Islam, Penguatan Nilai-nilai Akidah Akhlak.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi pada peserta didik di MTs Salafiyah Al Muttaqin dirasa perlu adanya penguatan pada bidang akidah dan akhlak, salah satunya karena mereka masih terbawa dampak sistem pembelajaran pada masa pandemi. Selanjutnya guru pendidikan agama islam diberi tugas untuk merancang strategi yang bertujuan menciptakan suasana kondusif, menyenangkan bagi peserta didik, mencernakan isi atau materi pelajaran serta menguatkan keyakinan maupun berakhlakul karimah. Strategi yang diberikan guru pendidikan agama Islam di madrash MTs Salafiyah Al Muttaqin bertumpu pada nilai-nilai akidah akhlak.
Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam penguatan nilai nilai akidah akhlak di MTs Salafiyah Al Muttaqin Pekalongan, beserta faktor pendukung dan penghambat strategi guru pendidikan agama islam dalam penguatan nilai nilai akidah akhlak di MTs Salafiyah Al Muttaqin Pekalongan.
Metode yang digunakan adalah kualitatif. Peneliti menggambarkan mengenai status suatu pendekatan kualitatif dan kemudian dilakukan interprestasi dan penjabaran dari informasi lapangan yang didapatkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa semenjak pergantian kepala sekolah yang sudah berjalan hampir empat tahun ini, MTs Salafiyah Al Muttaqin semakin berkembang, serta pengetahuan siswa mengenai pembelajaran akidah dan akhlak yang diajarkan oleh guru pendidikan agama Islam mampu memberikan dorongan dalam dalam penguatan nilai nilai akidah akhlak, serta mampu membentuk karakter yang berakhlakul karimah. hal ini juga didukung dengan strategi atau metode yang beragam yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam, diantaranya metode pembiasaan, metode pengajaran, serta metode keteladanan. Hal ini bisa di lihat dari data hasil buku mentoring atau buku penghubung antara guru dan orang tua, serta faktor pendukung strategi guru pendidikan agama islam dalam penguatan nilai nilai akidah akhlak.
DAFTAR PUSTAKA :
Al-Ghazali, Imam. 2019. Ihya’ Ulummuddin. Surabaya: Mutiara Ilmu.
Anas Sudjiono. Pengantar Statistik Pendidikan. 2003. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
An-Nahlawi, Abdurrahman. 1996. Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press.
Annisa, Muhsinah. 2016. Analisis Sarana Dan Prasarana Sekolah Dasar Berdasarkan Tingkat Akreditasi Di Kota Tarakan. Borneo Tarakan.
Azwar, Saifudin. 2004. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dick, W. and Carey, L.1990. The Systematic Design of Instruction. (Third ed.). United States of America : Harper Collins Publishers.
Dimyati ,Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Depag RI. Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan.
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Drajat, Dzakiyah. 1983. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Proyek Pembinaan Perguruan Tinggi.
Fakhruddin, Asef Umar.2010. Menjadi Guru Favorit.Yogyakarta: Diva Press.
Fasihatul, Lisani. 2020. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa Di Mts Sunan Kalijogo Kota Malang. Tesis. Malang.
Fitrotul, Azizah Dewi. 2018. Penerapan Nilai-Nilai Akidah Akhlak Berbasis Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab Di Kelas V Mi Hidayatus Sibyan. Wonokoyo Malang.
Gerlach, V.S. & Ely, D.P. 1980. Teaching and Media A Systematic Approach. New Jersey: Prentice Hall.
Gidden, Anthony. 1984. Constitution of Society, The Outline of the Theory of Structuration. Cambridge: Polity Press.
Hidayatullah, Agus, Sail Siti Irhamah, Masykur Imam Ghazali, Hadi Fuad. 2013. Al-Qur’an Tajwid Kode Transliterasi Per Kata Terjemah Per Kata. Bekasi: Cipta bagus segara.
Husaini, Usman dan Purnomo Setiadi Akbar. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Jailani, M. Syahran. 2016. Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jambi.
Joesoef, Daoed. 2010. Emak Penuntunku Dari Kampung Darat Sampai Sorbonne. Jakarta: Kompas.
Kemp, Jerrold E.1995. Instruction Desigen A Plan for Unit and Course Development. Belmon: Feron.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Maksudin. 2009. Pendidikan Nilai Komperhensif Teori Dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press
Mashuri, Imam dan Afifah. 2019. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa. Surabaya: Tarbiyatuna.
Moloeng, Lexy.2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Muhaimin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. 2007. Standar Komptensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nata, Abudin. 1996. Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT. Grafindo Persada, 1996.
Nurdin, Ismail dan Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Sahabat Cendikia,
Ramayulis. 2010. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Bandung :Tarsito.
Sa’diyah, Rika. 2015. Metodologi Pembelajaran Agama. Islam:Jakarta
Sanusi, Achmad. 2017. Sistem Nilai. Bandung: Nuansa Cendekia.
Slameto. 2000. Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester. Jakarta: Bumi Aksara.
Subini, Nini. 2012. Awas! Jangan Jadi Guru Karbitan. Jogjakarta: PT. Buku Kita.
Sudarsono. 2005. Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syifa AN, Cecep Darul I, Selamet. 2020. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Efektivitas Pembelajaran PAI. Bandung: Erlangga
Tafsir, Ahmad. 2004. Cakrawala pemikiran pendidikan Islam. Bandung: Mimbar Pustaka.
Tamin, Zulfikri dan Afrizal Nasir. 2015. Akhlak yang Mulia Bimbingan Akhlak Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW. Jakarta: Erlangga.
Tohirin. 2011. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Unhar, Ilyasy. 2013. Kuliah Aqidah Islam. Yogyakarta: LPPI.
Uno, Hamzah B.2016. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wahyudi, Imam. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Ya’qub, Hamzah. 1996. Etika Islam. Bandung: CV Diponegoro.
Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode Dalam Model Pembelajaran. Jakarta. Referensi, Gp Press Goup, Ciputat.
Zaenal Mustakim, 2017. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan : IAIN Pekalongan Press
Zaenal, Agus dan Fitri. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar Ruz Media.
Zein Muhammad. 1987. Pendidikan Islam Tinjauan Filosofis. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga press.
23SK2321052.00 | SK PAI 23.052 MUH s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain