SKRIPSI PAI
Upaya Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik di SMP N 4 Bojong Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: disiplin, pembentukan karakter, tanggung jawab, upaya guru
Kurangnya karakter disiplin dan tanggung jawab yang dimiliki oleh peserta didik akan berpengaruh pada proses pembelajaran. Seperti halnya terlambat ketika berangkat sekolah ataupun melanggar peraturan sekolah. Ada kalanya juga interaksi yang dilakukan oleh sebagian peserta didik kepada gurunya masih menunjukkan perilaku yang kurang baik dan sopan. Selain itu, saat proses pembelajaran pun terkadang masih terjadi ketidakpatuhan seperti berbuat gaduh dan lalai dalam belajar ataupun mengerjakan tugas. Maka dari itu perlu adanya upaya yang dilakukan oleh guru untuk membenahi permasalahan tersebut agar tidak terulang kembali khususnya oleh guru PAI karena sebagai pelaku dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab dari peserta didik. Pembentukan karakter sebenarnya tidak hanya wajib dilakukan oleh pihak sekolah. Namun, lingkungan keluarga dan masyarakat juga sangat berperan besar dalam membentuk karakter. Melalui guru PAI, peserta didik tetap mendapatkan peranan dan bimbingan. Hal ini dikarenakan mata pelajaran PAI dinilai lebih aplikatif, efektif, dan efisien serta berkaiatan dengan nilai-nilai kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran PAI pada peserta didik serta mengetahui faktor yang mendorong dan menghambat dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran PAI pada peserta didik di SMP N 4 Bojong Kabupaten Pekalongan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekaataan kualitatif yang bertujuan mendapatkan hasil penelitian yang lebih mendalam dan akurat. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, analisis datanya melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya berbagai upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab pada peserta didik. Contohnya memberikan arahan dan hukuman yang mendidik jika ada yang melanggar, bekerja sama dengan guru BP dalam menegakkan peraturan, mendampingi dan mengawasi tugas piket dari peserta didik. Ada juga faktor yang mendorong dalam pembentukan karakter ini antara lain adanya peraturan sekolah, keterlibatan guru BP, komunikasi dengan orang tua, dan teman sebaya. Namun, tidak dapat dipungkiri ada beberapa yang menjadi penghambat dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab seperti keluarga, ketegasan kepala sekolah, dan ekonomi yang dimiliki oleh peserta didik.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahmadi, Abu. 2013. Metodologi Penelitiann. Jakarta: Bumi Aksara.
Amiruddin dan Muhammad Widda Djuhan. 2020. “Upaya Guru Mata Pelajaran IPS Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa”. Ponorogo: ASANKA: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. Vol. 2 (1).
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kalitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Asmani, Jamal Ma`mur. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Asnillah, Nurla Isna. 2012. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di sekolah. Jogjakarta: Laksana.
Dalmeri. 2014. “Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah Terhadap Gagasan Thomas Lickona Dalam Educating For Character)”.Jakarta: Jurnal Al-uum. No 1.
Daryanto dan Suryatri Darmiatun. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakrta: Penerbit Gava Media.
Dimyati, Alek 2022. “Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona Analisis Nilai Religius Dalam Buku Educating For Character)”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Fitria, Nurul. 2017. “Konsep Pendidikan Karakter Menurut Thomas Lickona Dan Yusuf Qardhawi”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Yogyakarta:UIN Sunan Kalijaga.
Ghony, M. Junaidi dan Fauzan Al Mansur. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi). Bandung: ALFABETA.
Hardiyansyah, Haris. 2011. Metodilogi Penelitian Kualitatif dan Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Rajawali Press.
Hariyanto, Gregorius. 2011. Kamus Latin Bahasa Indonesia. Malang: Postula Stella Maris.
Hasanah, Aan. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Pustaka Setia.
Hasbulloh. 2015. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (Edisi Revisi). Depok: Raja Grafindo Persada.
Hendriyati, Bella. 2021. “Upaya Guru Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa SMP Tanjung Pauh Mudik Danau Kerinci Jawa Barat”. Skripsi Pendidikan Agama Islam. Jambi: Universitas Jambi.
Imron, Ali. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Askara.
Kartika, Ayu. 2019. “Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 75 Kota Bengkulu”. Skripsi Sarjana Pendidikan.
Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Kemendiknas. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum Perbukuan.
Kurniasih dan Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Lickona, Thomas. 2013. Educating for Character. Jakarta: Bumi Aksara.
______________. 2013. Pendidikan Karakter (Panduan Lengkap Mendidik siswa menjadi Pintar dan Baik). Bandung: Penerbit Nusa Media.
Maftukh, Muhamad. 2015. “Upaya guru PAI dalam neingkatkan motivasi belajar siswa mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Mts/N Bangil”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, edisi revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2014. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Novan, Wiyani Ardi. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Iman Dan Taqwa. Yogyakarta: Teras.
Resti, Fiki Inayati. 2017. “Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Siswa SMA Negeri 1 Demak Melalui Program Tata Tertib Parkir Sekolah “. Skripsi Sarjana Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Rosyid, Nur dkk. 2013. Pendidikan Karakter: Wacana dan Kepengaturan. Purwokerto: OBSESI Press.
Rukmana, Lina. 2020. “Upaya Guru Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Keagamaan Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota Jambi”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin.
Salmah, Nurazizah. 2021. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMPN 85 Jakarta”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Silmi, Infitahul. 2018. “Pembentukan Karakter Mandiri Dan Disiplin Pada Santri Asrama Perguruan Islam (A.P.I) Pondok Pesantren Salaf Al-Anwar Bogangin Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas”.
Skripsi Sarjana Pendidikan. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Soemanto, Wasty. 2012. Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiana, Aset dan Sofyan. 2019. “Penanaman Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di SMK Ethika Palembang”. Palembang: Jurnal PAI Raden Fatah. Vol. 1 (1).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV ALFABETA.
________. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sundari, Ade. 2019. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa Di SMP Negeri 10 Rejang Lebong”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Curup: IAIN Curup.
Suprayitno, Adi. 2020. Pendidikan Karakter di Era Millenial. Yogyakarta: Depublish.
Supriyono, Sugeng, Nugraheni Eko Wardani, dan Kundharu Saddhono. 2018. “Nilai Karakter Tanggung Jawab dalam Sajak-Sajak Subagio Sastrowardoyo”. Surakarta: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya. Vol. 9 (2).
Suwarjo, Sasi Mardikarini. 2016. “Analisis Muatan Nilai-nilai Karakter pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa”. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Karakter. Vol. 7 (2).
Syafitri, Rodhiyah. 2017. “Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar melalui Strategi Giving Questions and Getting Answers pada Siswa”. Singaraja: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 1 (2).
Wibowo, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
_____________. 2012. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijayani, Novan Ardy. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT).
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar Dan Implementasi. Jakarta: Kencana.
Yulianto, Aan dkk. 2018. “Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa SD”. Purwakarta: Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Vol. 8 (2).
Yusuf, Ahmad Muri. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group.
23SK2321051.00 | SK PAI 23.051 ARK u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain