SKRIPSI PAI
Studi Komparasi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Pada Kelas VIII MTS N 1 Pemalang Antara Siswa Yang Tinggal di Pondok Pesantren Dan Siswa Yang Tidak Tinggal di Pondok Pesantren
Kata kunci: Studi Komparasi, Prestasi Belajar, Akidah Akhlak.
Prestasi belajar adalah keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran. Siswa yang tinggal di pondok pesantren seharusnya memiliki prestasi akidah akhlak yang lebih unggul dibanding dengan siswa yang di rumah. Namun realitanya berkebalikan, di mana siswa yang di rumah memiliki intensitas waktu belajar cukup banyak. Sedangkan siswa yang tinggal di pondok pesantren cenderung disibukkan oleh kegiatan pondok yang lebih padat.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimana deskripsi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Negeri 1 Pemalang yang tinggal di pondok pesantren? (2) Bagaimana deskripsi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Negeri 1 Pemalang yang tidak tinggal di pondok pesantren? (3) Apakah terdapat perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Negeri 1 Pemalang antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren?. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang tinggal di pondok pesantren, untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren, untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang tinggal di pondok dan siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 170 siswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel 62 siswa. Teknik sampling yang digunakan proportionate stratified random sampling, sehingga diperoleh 15 siswa yang tinggal di pondok dan 47 siswa yang tidak tinggal di pondok. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, kemudian melakukan uji hipotesis uji-t sampel bebas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Prestasi belajar siswa yang tinggal di pondok pesantren masuk dalam kategori kurang, hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata tes, yaitu 68,8 dalam interval 57-69. (2) Prestasi belajar siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren masuk dalam kategori cukup, hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes, yaitu 81,14 dalam interval 70-82. (3) Terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dan siswa yang tidak tinggal di pondok pesantren, hal ini dibuktikan dengan perhitungan hasil uji sampel t-tes yang diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,004 kurang dari 0,05, artinya H_0 ditolak dan H_aditerima.
DAFTAR PUSTAKA :
A.Rusdiana, Elis Ratnawulan. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Afi Parnawi. 2019. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Deepublish, 2019.
Afifullah Nur. 2018. “Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Antara Pondok Pesantren Nurul Khoir dan Pondok Pesantren Nurul Faizah di Madrasah Aliyah Nurul Khoir Wonorejo Rungkut Surabaya” .Skripsi. Surabaya:Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Agung Edy Wibowo, Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian..…
Agung Purwadi, Yufridawati. 2017. Pendidikan Keluarga di Satuan Pendidikan. Jakarta :Puslit Jakdikbud.
Ahmad,Supandi. 2019. “Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Perspektif Humanisme di Ma Miftahul Qulub Galis Pamekasan” Jurnal Edureligia vo.3 No.2
Ainie. 2018. “Studi Komparasi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Tafsir antara Siswa yang Tinggal di PPTQ Al-Asror dengan yang Tinggal di Rumah pada Siswa Program Keagamaan di MAN Bangkalan” Skripsi Program Pendidikan Agama Islam. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Anwar Abu. 2016 “Karakteristik Pendidikan dan Unsur-unsur Kelembagaan di Pesantren” Jurnal Kependidikan, Vol.2 N0.2
Atqiya Lu’lu’ul. 2018 “Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di Mts Nu Nurul Huda Mangkang Kulon Antara Siswa yang Tinggal di Pondok Pesantren dan Siswa yang tidak Tinggal di Pondok Pesantren Tahun Ajaran” .Skripsi Program Pendidikan Agama Islam. Semarang :UIN Wali Songo.
Azhar Arzyad. 2002 Media Pembelajaran. cet III. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dalyono Muhammad .2007. Psikologi Pendidikan .Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Faridah Anik .2019. “Pesantren Sejarah dan Metode Pembelajarannyya di Indonesia” Jurnal Studi Islam dan Sosial Vol. 13. No.2. Institut Agama Islam Ngawi.
Firidianti Suci. 2018. “Studi Komparasi Hasil Belajar Santri yang Menetap Dipesantren dan Santri yang Menetap di Rumah pada Mata Pelajaran Fiqih di Mts Inayatullah Gasing Laut” Skripsi Program Pendidikan Agama Islam. Palembang:Universitas (UIN) Islam Negeri Raden Fatah.
Gultom, Fadly Mart Gultom .2019. Kebijakan Pendidikan Keagamaan Islam di Indonesia, Yogyakarta:CV Budi Utama
Hasan Basri. 2017 .Pendidikan Karakter Berbisnis Budaya Pesantren. Semarang: CV.Pilar Nusantara
Hasan,M.Nur .2017. “Model Pembelajaran Berbasis Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Siswa” Jurnal Edukasi Jurnal Pendidikan dan Artikel Pendidikan
Hasbullah. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Heri Sutamo, Sandi Dkk. 2019. “Parsaoran Siahaan, Studi Komparasi antara Hasil Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dengan Metode Konvensional (PTIK)”. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, No.2.
Indah Pratiwi Nuning. 2017. “Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunkasi”. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial. Vol. 1, No. 2.
Jamil Husnan .2014. “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Mptivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar” Jurnal Of Economic And Economic Education Vo.2.N. 2
Khurotul Aini Nining. 2019. Model Kepemimpinan Transformasional Pondok Pesantren. Surabaya :CV Jaka Media publishing.
Kutsiyyah 2017. pembelajaran Akidah Akhlak. Pamekasan: Duta Media Publishing.
M Ali Sodik, Sandu Siyoto. 2015. Dasar Metodologi Penelitian Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
M.Marbun, Stefanus. 2018. Psikologi Pendidikan Sidoharjo : Uwais inspirasi Indonesia
Makki M.ismail. 2017. Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. Pamekasan :Duta Media Publishing
Masduki Yusron .2018. “Implikasi Psikologis Penghafal Al-Qur’an” Jurnal Medina-Te Vol.18 No.1
Muhammad Hasan, Tuti Supatminingsih .2020. Belajar dan Pembelajaran Bandung: CV.Media Sanins Indonesia.
Muharromul Hilal Muhammad. 2018 “Studi Komparasi Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akhlak Kelas Reguler dengan Kelas Boarding School di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 Karanganyar”. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.
Muhibbin Syah. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda karya.
Mustajab Zaiful Rosyid. 2019 Prestasi Belajar. Malang: CV.Literasi Nusantara Abadi.
Nasihin Husna, .2017. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren .Semarang:CV Pilar Nusantara.
Nasihin Husna. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren, Semarang:CV Pilar Nusantara
Nasrullah Muhammad. 2019. “Studi Komparatif Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa yang Berasal dari SMP dengan Siswa yang Berasal dari Mts Pada SMA Ma’arif Nu 5 Purbolinggo Lampung Timur T.A “ .Skripsi Program Pendidikan Agama Islam . Lampung: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Nilawati Suradi. 2020. Pemikiran dan Pemvuruan Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: CV.Bintang Surya Mandiri
Pinton Setyo, Mustafa Eko Hariyanto .2020. pengajaran Remedial dalam Jasmani Banjarmasin:Lambung Mangkurat University Press.
Rachmawati Diana Widhi .2021. Teori & Konsep Pedagogik Jakarta:Insania cendekia.
Rahmat, Pupu Saeful .2019. Strategi Belajar Mengajar Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Ratnawati Heri .2017. FMIPA.Matematika UNY Teknik Pengambilan Sampel Yogyakarta,30 September
Rohimi. 2018. “Studi Komparasi Prestasi Belajar Pai Antara Siswa yang Berlatar Belakang Madrasah Diniyah (Md) dengan Siswa yang tidak Berlatar Belakang Madrasah Diniyah (Md) di Smp Ma’arif Bangodua Indramayu” skripsi . Yogyakarta :Universitas Islam Indonesia.
Rosita Hayati Ahmad Rifa’I. 2019 “Peran Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pengembangan Nilainilai Akhlak Siswa di MIN 13 Hulu Sungai Utara” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar No.2. Vol. 11.
Rosnawati, Gusnarib Wahab. 2020 Teori-teori Belajar dan Pembelajaran Jawa barat: CV Adanu Abimata.
Rosyid Zaiful .2020. Pesantren dan Pengelolaannya. Pamekasan:Duta Media Publishing.
Rukhoiyah, Sarifah. 2020. “Studi Perbandingan Hasil Belajar Fikih antara Siswa yang Tinggal di Pondok dengan yang di Luar Pondok”. Jurnal Pendidikan Islam (E-ISSN: 2550-1038), Vol.4. No.1
Salafudin .2005. Statistik Terapan untuk Penelitian SosialPekalongan: STAIN Pekalongan Press.
Salafudin, Nalim .2012. “Statistika Deskriptif” Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.
Satryawan Ewis. 2016. “Studi Komparatif Prestasi Belajar Mahasiswa Antara Penerima Beasiswa dengan tidak Penerima Beasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha Angkatan” Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE) Vol.7 No.2.
Setiawan M.andi. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Siti kholidatur rodliyah. Ahmad syafi’I tri marfiyanto, 2018. “studi tentang prestasi belajar dalam berbagai aspek dan factor yang mempengaruhi”, jurnal komunikasi pendidikan, No. 2 Juli II.
Sugiyo, Warian .2009. “Komparasi Hasil Belajar Kimia antara Siswa yang Mendapat Pembelajaran Menggunakan Lembar Kerja Berstruktur dengan Kuring Roja” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, No.1 Vol.3.
Sunarsih Wiwin. Pembelajaran CTL (Contextual Teach and Learning) Belajar Menulis Berita Lebih Mudah jawa barat:CV Adanu Abimata
Susanti Lidia. 2019. Prestasi Belajar Akademik & Non Akademik Teori dan Implementasinya. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Toharudin Muhammad. 2019. Buku Ajar Manajemen Kelas. Klaten: lakeisha.com.
Tri Mafriyanto Ahmad Syafi’I. 2018 “Studi Prestasi Belajar dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi” Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2.
Widiyanto Joko. 2018. Evaluasi Pembelajaran Madiun: UNIPMA PRESS.
Zulhimma, .2013. Dinamika Perkembangan Pondok Pesantren di Indonesia. Jurnal darul’ilmi Vol, 01
23SK2321049.00 | SK PAI 23.049 HUM s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain