SKRIPSI PAI
Peran Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Dalam Meningkatkan Kualitas Keagamaan Masyarakat Desa Kampir Wangandowo Kec.Bojong Kab.Pekalongan
Kata Kunci : Peran Pondok Pesantren, dan kualitas keagamaan
Pondok pesantren merupakan lembaga tempat penyebaran agama sekaligus sebagai lembaga pendidikan Islam berkembang hingga saat ini. Pesantren yang berada di tengah-tengah masyarakat tidak hanya sebagai lembaga pendidikan tetapi sebagai lembaga penyiaran agama dan sosial keagamaan. Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien merupakan lembaga pendidikan agama Islam yang berada di Desa Kampir, Kec.Bojong,Kab.Pekalongan. Sebagai sebuah lembaga yang berada di tengah-tengah pemukiman warga Pondok Pesantren juga turut berperan dalam kehidupan keagamaan masyarakat sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana kualitas keagamaan masyarakat desa Kampir Wangandowo Kec. Bojong Kab. Pekalongan sebelum dan sesudah adanya pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien. (2) Untuk mengetahui peran Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi ien dalam meningkat kankualitas keagamaan masyarakat desa Kampir Wangandowo Kec. Bojong kab. Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori fungsionalisme truktural Robert K Merton. Lokasi penelitian ini di desa Kampir, Kecamatan Bojong, Kabupeten Pekalongan. Informan utama penelitian ini adalah kyai, asatid-asatidah pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien. Informan pendukung penelitian ini adalah masyarakat desa Kampir. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data memakai teknik triangulasi. Analisis data menggunakan metode analisis data kualitatif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan (1)Sebelum adanya pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien pengetahuan masyarakat Kampir mengenai keagamaan itu sangat minim. Banyak yang melakukan perbuatan melanggar syariat, seperti minum-minuman keras, judi, menjadi wanita penghibur, dan lain sebagainya. Setelah adanya pondok Pesantren Hidayatul Mubadi-ien di desa Kampir, masyarakat yang awalnya awam terhadap hal-hal yang berkaitan dengan ajaran Agama Islam sedikit demi sedikit mulai mengenal dan menjalankannya. (2) Peran Pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien dalam meningkatkan kualitas keagamaan masyarakat desa Kampir antara lain dengan Usaha pertama yang dilakukan pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien yaitu melalui bidang dakwah sekaligus bidang sosial melalui pembacaan manaqib. Usaha yang kedua yaitu pada bidang pendidikan agama, pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien menyelenggarakan pendidikan agama/TPQ bagi anak-anak.
Saran bagi pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien, diharapkan agar lebih menjalin hubungan baik lagi dengan masyarakat sekitar mengingat, pondok pesantren juga dapat menambah kegiatan yang melibatkan masyarakat, untuk menjadi wadah masyarakat dalam memperdalam ilmu agama.
DAFTAR PUSTAKA :
Agung, Prabowo Satria, Maki Zaenudin Subarkah. 2020. “Hubungan Aktivitas Keagamaan Dengan Kesehatan Mental Narapidana”. dalam Jurnal RAP UNP. Vol. 11. No. 1.
Alfiyani, Silvia. 2018. “Peran Pondok Pesantren Nurul Anwar Dalam Pengembangan Kehidupan Keagamaan Masyarakat Desa Kembang Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati”. Skripsi 1S1 Pendidikan sosiologi. (Semarang: Universitas Negeri Semarang).
Brigette, Lantaeda Syaron, Florence Daicy J. Lengkong, Joorie M Ruru. 2017. “Peran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Penyusunan Rpjmd Kota Tomohon”. Jurnal Administrasi Publik. Vol. 4.
No. 48.
Dhofier, Zamakhsyari. 2011. “Trandisi Pesantren”. Cet.ke-9 Jakarta: LP3ES, anggota Ikapi.
Diana, Putri, I Ketut Suwena, Ni Made Sofia Wijaya. 2017. “Peran Dan Pengembangan Industri Kreatif Dalam Mendukung Pariwisata Di Desa Mas Dan Desa Peliatan, Ubud”. Jurnal Analisis Pariwisata ISSN : 1410 – 3729 . Vol. 17. No. 2.
Faisal, Hadziq Ahmad. 2017. “Peran Pondok Pesantren La Tansa Dalam Meningkatkan Pendidikan Masyarakat Banjar Irigasi Kecamatan Lebakgedong Lebak-Banten”. Jurnal Aksioma Ad-Diniyah. Vol. 5. No.1.
Fuadah, Fitriyah Samrotul dan Hary Priatna Sanusi. 2017.“Manajemen Pembelajaran Di Pondok Pesantren”, dalam Jurnal Islamic Education Manajemen Vol.2. No. 2.
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta, Pustaka Ilmu
Hasan, Hadri, Fuad Rahman. 2013. “Peningkatan Kualitas Keagamaan Masyarakat Jambi Melalui Usaha Pemahaman Alquran”. Jurnal Kontekstualita, Vol. 18, No. 1.
Herman, DM. 2013.“Sejarah Pesantren Di Indonesia”. Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 2 No 6.
Krisdiyanto, Gatot dkk. 2018. “Sistem Pendidikan Pesantren Dan Tantangan Modernitas” dalam Jurnal Tarbawi. Vol.15 .No. 01.
Latifah. 2020. “Peran Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Millah”. Jurnal Studi Agama.Vol. 20. No. 1.
Nihwan, Muhammad dan Paisun. 2019. “Tipologi Pesantren”, (Mengkaji Sistem Salaf Dan Modern), dalam jurnal . JPIK. Vol.2. No 1.
Nurul, Fatich Sabita. 2018. “Peran Pondok Pesantren Darul A’mal Terhadap Peningkatan Nilai Religius Masyarakat Mulyojati 16 B Metro Barat”. Skripsi SI KPI (Metro : IAIN Metro).
Rauf, Abdul Aziz Abdul. 2020. “Al-Qur’an Hafalan menghafal Lebih Mudah Metode 5 waktu hafal 1 Halaman”.Bandung: Cordoba.
Somantri, Gumilar Rusliwa. 2005. “Memahami Metode Kualitatif”. MAKARA. Vol.9. No . 2.
Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alvabeta.
Yusuf, Agung Subekti M, Moh. Mansur Fauzi. 2018. “Peran Pondok Pesantren dalam Pemberdayaan Masyarakat Sekitar”. Al I‟tibar: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 5. No. 2.
23SK2321048.00 | SK PAI 23.048 LAE p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain