SKRIPSI PAI
Strategi Pembinaan Karakter Religius Santri Penghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Tarbiyah Qira'atil Qur'an Pesaren Warungasem Batang
Kata Kunci: Strategi Pembinaan, Karakter Religius, Penghafal Al-Qur’an.
Strategi pembinaan karakter religius merupakan rangkaian kegiatan yang digunakan untuk mencapai terbentuknya karakter religius. Karakter ini sangat penting untuk ditanamkan sejak kecil karena menjadi dasar ajaran agama dalam kehidupan individu, masyarakat, maupun bangsa. Sebagaimana para penghafal Al-Qur’an Pondok Pesantren Tarbiyah Qira’atil Qur’an (TQQ) Pesaren Warungasem Kabupaten Batang yang dalam aktifitas sehari-harinya diberikan berbagai kegiatan sebagai bentuk pembinaan karakter religius.
Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya yaitu bagaimana konsep karakter religius santri penghafal Al-Qur’an dalam perspektif pengasuh pondok pesantren TQQ?, bagaimana strategi pengasuh dalam membina karakter religius santri penghafal Al-Qur’an di pondok pesantren TQQ?, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi pengasuh dalam membina karakter religius santri penghafal Al-Quran di pondok pesantren TQQ?. Sedangkan tujuan penelitiannya yaitu untuk mendeskripsikan konsep karakter religius santri penghafal Al-Qur’an dalam perspektif pengasuh pondok pesantren TQQ, untuk mendeskripsikan strategi pengasuh dalam membina karakter religius santri penghafal Al-Qur’an di pondok pesantren Tarbiyah Qira’atil Qur’an, dan untuk menganalisis faktor pendorong dan penghambat strategi pengasuh dalam membina karakter religius santri penghafal Al-Quran di pondok pesantren TQQ.
Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah pengasuh, dewan assatidz, dan santriwan-santriwati Pondok Pesantren Tarbiyah Qiro’atil Qur’an. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman, peneliti melakukan beberapa tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyah Qira’atil Qur’an memiliki konsep mengenai pandangan karakter religius bagi santri penghafal Al-Qur’an meliputi karakter mandiri, disiplin, tanggung jawab, jujur peduli sosial, peduli lingkungan, semangat tinggi, kerja keras, toleransi. Pengasuh juga memiliki beberapa strategi dalam membina karakter religius santrinya yaitu dengan strategi perencanaan, strategi pelaksanaan yang meliputi ta’wid dan mauidzoh serta strategi evaluasi berupa ta’zir. Strategi tersebut sangat bermanfaat bagi santri penghafal Al-Qur’an sehingga menunjang kualitas hafalan dan menunjang aktivitas kehidupannya sehari-hari sehingga terbentuk kepribadian yang religius. Serta faktor pendukung dalam pembinaan karakter religius meliputi dukungan dari pengasuh, orang tua, serta kesadaran dari masing-masing santri, dan faktor penghambat pembinaan karakter religius santri meliputi pengaruh lingkungan yang malas, adanya penggunaan handphone, serta kurangnya kesadaran dari pengasuh, orang tua, dan diri santri.
DAFTAR PUSTAKA :
Buku :
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukambumi: CV Jejak.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Ed.IV.
Firdaus, Aziz. 2012. Metode Penelitian. Tangerang: Jelajah Nusa.
Hardani dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.
Haudi. 2021. Strategi Pembelajara. Sumatra Barat: Insan Cendikia.
Majid, Abdul. 2015. Strategi pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Matagraf.
Raco, J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo.
Salim dan Syahrun. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Konsep dan Aplikasi dalam Ilmu Sosial, Keagamaan, dan Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.
Siyoto S. dan Sodik. 2015. Dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. 2008. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suwartono. 2014. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Umar S dan Miftachul C. 2019. Metode Penelitian di Bidang Pendidikan. Ponoroga: CV. Nata Karya.
Untung, Moh. Slamet. 2019. Metodologi Pemelitian: Teori dan Praktik riset pendidikan dan soaial. Yogyakarta: CV Litera.
Yam, Jim Hoy. 2020. Manajemen Strategi Konsep dan Implementasi. Makasar: Nas Media Pustaka.
Yunus, Eddy. 2016. Manajemen Strategi. Yogyakarta: Andi Offset.
Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Skripsi :
Arianti, Henni. 2018. “Pembinaan Karakter Santri di Pondok Pesantren Al-Ansor Desa Manunggang Julu Kota Padangsidimpuan” Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam. Padangsimpulan: IAIN Padangsimpulan.
Fauziyah, Laila. 2020. “Strategi Komunikasi Pengasuh Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Anak (Studi Kasus Di Panti Asuhan Nahdlatul Wathan Mataram)”. Skripsi Mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam. Mataram: UIN Mataram.
Kadarwati, Rizkiana. 2018. “Implementasi Pendidikan karakter Melalui Program Bil-Hifdzi pada santriwati Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Al-Muntaha kelurahan cebong kecamatan argomulyo kota salatiga”. Skripsi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Salatiga: IAIN Salatiga.
Lestari, Umi Hani Nur. 2021. “Penanaman Nilai Karakter Santriwati Melalui Kegiatan Roan Di Pondok Pesantren Putri Darul Ulum Suruh”. Skripsi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Salatiga: IAIN Salatiga.
Putri, Eka. 2021. “Penerapan Pondok Pesantren Ansor As-Sunah dalam Menerapkan Metode Tahfidz Al-Qur’an”, Skripsi Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah. Riau: UIN Sultan Syarif Kasim.
Sofiyuddin, Aniq. 2021. “Strategi Kepemimpinan Pengasuh Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam Di Pesantren Darma Nawa Malang”. Skripsi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Jurnal :
Aflisia, Noza. 2016. "Urgensi Bahasa Arab Bagi Hafizh Al-Qur’an," dalam FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan.
Ahsanulkhaq, Moh. 2019. “Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan”, dalam Jurnal Prakarsa Paedagogia.
Aini, Dara dan Wisnu Sri Hertinjung. 2019. "Profil Kepribadian Santri Tahfidzul Qur’an" dalam Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi.
Alwi, Marjani. 2013. "Pondok pesantren: ciri khas, perkembangan, dan Sistem Pendidikannya," dalam Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Ansori, Raden Ahmad Muhajir. 2017. "Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik," dalam Jurnal Pusaka.
Aslan. 2019. “Peran Pola Asuh Orang tua di Era Digital”, Jurnal Studia Insania.
Astuti, Harini Puji dan Wuri Wuryandani. 2017. "Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Pegangan Guru dan Siswa Kelas IV Semester 1 Sekolah Dasar,” dalam Jurnal Pendidikan Karakter.
Astuti, Hepy Kusuma. 2022. "Penanaman Nilai-Nilai Ibadah Di Madrasah Ibtidaiyah Dalam Membentuk Karakter Religius," dalam MUMTAZ: Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Asykuri, Moh. 2014. “Pengembangan Pendidikan Berbasis Pesantren", dalam Madinah: Jurnal Studi Islam.
Choirun, Azizah dkk. 2020. "Strategi Komunikasi Pengasuh Pondok Dalam Pembinaan Akhlak Santri", dalam Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam.
Dinana, Aqimi dan Subiyantoro. 2021. "Peran Pengasuh dalam Manajemen Perubahan pada Lingkungan Organisasi Pondok Pesantren Tegalsari di Masa Pandemi Covid-19", dalam Jurnal Pendidikan.
Diniyah, Hikmatud dkk. 2017. "Peran Pengasuh Pondok Pesantren dalam Aktifitas Menghafal Alquran di Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Imam Ghozali Peterongan Jombang", dalam Jurnal Pendidikan Islam.
Esmael, Ansulat dan Nafiah. 2019. "Implementasi Pendidikan Karakter Religius Di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya." EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar.
Fahmi, Muhammad. 2015. "Mengenal tipologi dan kehidupan pesantren", dalam Syaikhuna: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam.
Ferdinan. Tt. "Pondok Pesantren, Ciri Khas Perkembangannya", dalam Jurnal Tarbawi.
Hendra dan Nurul Qomariyah. 2018. "Metode Penanaman Nilai-Nilai Aqidah Pada Siswa Sd Alam Muhammadiyah Banjarbaru," dalam DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.
Hidayat, Mansur. 2016. “Model Komunikasi Kyai dengan Santri di Pesantren”, Jurnal Komunikasi Aspikom.
Huda, Miftakhul dkk. 2018. "Problematika mahasiswi program tahfidz Al-Qur’an di ma’had Darul Hikmah IAIN Kediri," dalam Jurnal Halaqa: Islamic Education Journal.
Iswandi. 2018. “Penerapan Metode Jibril dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas VII SMP DR. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang, dalam Jurnal Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam.
Jamal, Nur. 2015. “Transformasi Pendidikan Pesantren dalam Pembentukan Kepribadian Santri”, Tabiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam.
Jannah, Hasanatul. 2019. "Pondok pesantren sebagai pusat otoritas ulama Madura," dalam Jurnal Al-Hikmah.
jannah, Miftakhul. 2019. “Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura”, dalam Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.
Kurniati Dkk. 2019. “Peran kepemimpinan Kyai Dalam Mendidik dan Membentuk Karakter Santri Yang Siap Mengabdi Kepada Masyarakat”, dalam Jurnal Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Hadist.
Kurniati dkk. 2019. “Peran kepemimpinan Kyai Dalam Mendidik dan Membentuk Karakter Santri Yang Siap Mengabdi Kepada Masyarakat”, dalam Jurnal Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Hadist.
Kurniati, Mia. 2019. “Peran Kepemimpinan Kyai Dalam Mendidik Dan Membentuk Karakter Santri Yang Siap Mengabdi Kepada Masyarakat” dalam Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur'an dan Hadist.
Kurniawati, Etik. 2018. "Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Pada Anak Tunagrahita Dalam Pendidikan Vokasional Studi Deskriptif Kualitatif di Balai Rehabilitasi Sosial Disgranda “Raharjo” Sragen," dalam Jurnal penelitian.
Ma’arif, Harun dan Abdul Muhid. 2022. “Metode Hafalan di Pondok Pesantren dalam Perspektif Psikologi”, dalam Jurnal Pendidikan dan Studi Islam.
Maesaroh, Nenden dan Yani Achdiani. 2017. "Tugas Dan Fungsi Pesantren Di Era Modern," dalam Jurnal Sosietas.
Mahdani, dkk. 2021. "Metode Pondok Pesantren Modern Saifullah An-Nahdliyah dalam Pembinaan Akhlak Santri di Era Digital." Jurnal Studi Sosial dan Agama.
Manan, Syaepul. 2017. "Pembinaan akhlak mulia melalui keteladanan dan pembiasaan," dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim.
Marzuki dkk. 2011. ”Pembinaan Karakter Siswa Berbasis Pendidikan Agama Islam”, dalam jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran.
Masduki, Yusron. 2018. “Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an”. dalam Jurnal Medina-Te.
Masita, dkk. 2020. "Santri Penghafal Alquran: Motivasi dan Metode Menghafal Alquran Santri Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Sungai Pinang Riau”. Riau: dalam Jurnal Idarotuna.
Maskur. 2021. "Tradisi Semaan Al-Quran Di Pondok Pesantren", dalam Jurnal Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam.
Muhakamurrohman, Ahmad. 2014. “Pesantren: Santri, Kiai, dan Tradisi” Jurnal Kebudayaan Islam.
Mukti, Fajar Dwi. 2018. "Integrasi Literasi Sains dan Nilai-Nilai Akhlak di Era Globalisasi," dalam Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.
Mushfi, Muhammad dan M.Fajar Sodik Fadli. 2019. "Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Pesantren dalam Meningkatkan Ketahanan Mental Santri," dalam Palapa.
Mutiawati, Yenni. 2019. "Pembentukan Karakter Religius pada Kegiatan Makan Anak di Pendidikan Anak Usia Dini," dalam Jurnal Buah Hati.
Najib, Mughni. 2018. “Implementasi Metode Takrir dalam Menghafalkan Al-Qur’an bagi Santri Pondok Pesantren Punggul Nganjuk”, dalam jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman.
Nazir, Moh. Dkk. 2021. “Kaedah Muraja’ah Hafazan Al-Quran Yang Diaplikasi Oleh Para Pelajar Tahfiz Marsah (Muraja'ah Techniques Of The Quran Among Students Tahfiz Marsah),” dalam Jurnal Qiraat.
Nihwan, Muhammad dan Paisun. 2019. "Tipologi Pesantren (Mengkaji Sistem Salaf Dan Modern)," dalam Jurnal pemikiran dan ilmu keislaman.
Nisrima, Siti dkk. 2016. "Pembinaan Perilaku Sosial Remaja Penghuni Yayasan Islam Media Kasih Kota Banda Aceh," dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan.
Nizarani dkk. 2020. “Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren”, Jurnal Intelektualita.
Noer, Ali dkk. 2017. "Konsep Adab Peserta Didik dalam Pembelajaran menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya terhadap Pendidikan karakter di Indonesia," dalam Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan.
Nurbaiti, Rahma dkk. 2020. "Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan," dalam EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education.
Oktari, Dian Popi dan Aceng Kosasih. 2019. "Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren," dalam Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial.
Putri, dkk. 2017. "Hubungan Tawakal Dan Resiliensi Pada Santri Remaja Penghafal Al-Quran di Yogyakarta," dalam Jurnal Psikologi Islam.
Ramadhani, Sarah Ayu. 2022. "Metode dan Strategi Pembinaan Akhlak Siswa di Sekolah." Jurnal AL-Fathonah.
Romziana, Luthviah dkk. 2021. “Pelatihan Mudah Menghfal Al-Qur’an dengan Metode Tikrar, Murajaah, dan Tasmi’ bagi Siswa Kelas XI IPA Tahfidz Madrasah Aliyah Nurul Jadid, dalam Jurnal Karya Abdi.
Rouf, Muhammad. 2016. "Memahami Tipologi Pesantren dan Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam Indonesia,” dalam Jurnal Tadarus.
Sagala, Syaiful. 2015. "Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Pondok Pesantren," dalam Jurnal Tarbiyah.
Shokhibul. 2021. "Peran Pengasuh Pesantren Dalam Membentuk Karakter Religius Dan Tanggung Jawab Santri", Journal Islamic Studies.
Sofyan. 2017. ”Nilai Kearifan Lokal Pesantren dalam Upaya Pembinaan karakter Santri”, dalam Jurnal Nizham Journal of Islamic Studies.
Sulastini, dkk. 2019. "Efektivitas Program Tahfidzul Qur’an Dalam Pengembangan Karakter Qur’ani," dalam Jurnal pendidikan islam Indonesia.
Sultoni, Yahya. 2013. "Strategi Pembentukan Karakter Anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Wiyung Surabaya", dalam Kajian Moral dan Kewarganegaraan.
Supriyanto, Eko Eddya. 2020. “Kontribusi Pendidikan Pesantren bagi Pendidikan Karakter di Indonesia”, Jurnal Pendidikan Nusantara.
Syafe'i, Imam. 2017. "Pondok pesantren: Lembaga pendidikan pembentukan karakter", dalam Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam.
Syaifuddien. 2011. "Budaya pesantren dan pendidikan karakter pada pondok pesantren salaf", dalam Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan.
Syukur, Abdul. 2015. ”Peran Pengasuh membentuk Sikap Sosio Emosional anak (studi kasus di panti asuhan), dalam Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak usia Dini.
Umro, Jakaria. 2018. "Penanaman Nilai-Nilai Religius di Sekolah yang Berbasis Multikultural," dalam Jurnal Al-Makrifat.
Wahono, Imam. 2019. “Strategi Kiai Dalam Mensukseskan Pembelajaran Nahwu dan Sorof Di Pondodk Pesantren Al-Bidayah Tegalbesar Kaliwates Jember”, dalam Jurnal Tarbiyatuna: kajian pendidikan Islam.
Wartoyo. 2019. "Transformasi Nilai-Nilai Filosofis Ibadah Dalam Ekonomis Syariah," dalam Nizham Journal of Islamic Studies.
Widiantoro dkk. 2017. “Hubungan Kontrol Diri dengan Kebahagiaan Santri Penghafal Al-Qur’an.” Jurnal Psikologi Integratif.
Zainudin, Agus. 2020. "Penanaman Nilai-nilai Religius dalam Membentuk Akhlak Karimah bagi Peserta Didik di MI Ar-Rahim Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember." Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Wawancara :
Aeni, Nur. 2022. Santri Putri Non Sekolah Pondok Putri Pesantren Tarbiyah Qiroatil Qur’an Batang. Wawancara Pribadi.
Aisyah. 2022. Pengurus Santri Putri Pondok Pesantren Tarbiyah Qiroatil Qur’an Batang. Wawancara Pribadi.
Kirom, Muhammad Naufal . 2022. Santri Putra Pondok Putri Pesantren Tarbiyah Qiroatil Qur’an Batang. Wawancara Pribadi.
Muslih, Agus. 2022. Pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyah Qiroatil Qur’an Batang. Wawancara Pribadi.
Nastain, Muhammad. 2022. Ustadz di Pondok Pesantren Tarbiyah Qiroatil Qur’an Batang. Wawancara Pribadi.
Ningsih, Nikmatu Cahya. 2022. Pengurus Santri Putri Pondok Putri Pesantren Tarbiyah Qiroatil Qur’an Batang. Wawancara pribadi.
Nurudin, Muhammad. 2022. Ketua Pondok Putra Pesantren Tarbiyah Qiroatil Qur’an Batang Wawancara Pribadi.
Qotrunnada, Sofia. 2022. Pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyah Qiroatil Qur’an Batang. Wawancara Pribadi.
Safitri, Mela. 2022. Ketua Pondok Putri Pesantren Tarbiyah Qiroatil Qur’an Batang. Wawancara Pribadi.
Sari, Ela Novita. 2022. Santri Putri Pondok Putri Pesantren Tarbiyah Qiroatil Qur’an Batang. Wawancara Pribadi.
Setiawan. 2022. Ustadz di Pondok Pesantren Tarbiyah Qiroatil Qur’an Batang. Wawancara Pribadi.
Web :
https://tafsirweb.com/9952-surat-az-zariyat-ayat-56.html.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, https://kbbi.web.id/bina diakses pada 12 April 2022 pada pukul 08.00 wib.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, https://kbbi.web.id/karakter. diakses pada 12 April 2022 pada pukul 08.00 wib.
Yasmina. “Jumlah penghafal Alqur’an indonesia terbanyak di dunia”, https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/10/09/24/136336-jumlah-penghafal-alquran-indonesia-terbanyak-di-dunia, dikutip pada 18 agustus 2022, pukul 11.00 wib.
23SK2321046.00 | SK PAI 23.046 MUH s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain