SKRIPSI PAI
Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis E-Learning Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah 45 Wiradesa Pekalongan
Kata Kunci: Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Evaluasi.
Dampak Covid-19 menyebabkan Pemerintah melalui Kemendikbudristek dan Kemenag Republik Indonesia mengeluarkan kebijakan pembelajaran online berbasis e-learning sebagai solusi pembelajaran di tengah pandemi. MTs 45 Wiradesa sebagai lembaga pendidikan dibawah Kementrian Agama dalam perjalanan pembelajaran online muncul berbagai persoalan seperti penurunan sikap dan kedisiplinan peserta didik, keluhan peserta didik tentang banyaknya tugas yang diberikan, dll. Dari berbagai persoalan tersebut fungsi manajemen menjadi landasan dalam penelitian ini. Sehingga tujuan dari penelitian ini diharapkan mampu mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanan, pengorganisasian, dan evaluasi pada saat pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis e-learning di MTs 45 Wiradesa.
Penelitian ini dilakukan di MTs 45 Wiradesa dan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh data dari sumber data primer (wakabid kurikulum, admin madrasah, peserta didik) dan sumber data sekunder (studi kepustakaan, dokumentasi, buku, jurnal, majalah, arsip tertulis seperti dokumen KTSP, RPP dan sebagainya). Sedangkan teknik analisis yang digunakan peneliti adalah teori analisis mills & huberman.
Berdasarkan hasil penelitian manajemen pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis e-learning di MTs 45 Wiradesa meliputi: 1) Perencanaan, terdiri dari konsultasi dan koordinasi kepala madrasah dengan semua stakeholder, persiapan fasilitas pendidikan, pelatihan dan sosialisasi e-learning. 2) Pengorganisasian, terdiri dari pembagian tupoksi semua stakeholder sesuai fungsi dan peranannya, mempersiapkan e-learning. 3) Pelaksanaan, terdiri dari proses pembelajaran secara online. 4) Evaluasi, terdiri dari evaluasi terhadap proses dan evaluasi terhadap produk. Kesimpulan dari manajemen pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis e-learning di MTs 45 Wiradesa secara tahapan sudah sesuai kaidah manajemen, namun setelah pelaksanaan perlu evaluasi dan peningkatan baik dari segi fasilitas e-learning maupun dari segi sumber daya manusia.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahmad Rifqy Hanif. (2022, Oktober 12). Wawancara Pribadi. (N. Muslikhin, Pewawancara) Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia.
Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1, 28-37.
Ambarita, A. (2016). Manajemen Sekolah. Yogyakarta: Media Academy.
Anugrah, C. d. (2020, April 29). Dinamika Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. (F. Rachma, Editor) Dipetik September 1, 2021, dari beritamagelang.id: http://beritamagelang.id/kolom/dinamika-pembelajaran-daring-di-tengah-pandemi-covid-19
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyeksalah Satu Kegiatan Belajar Mengajar Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5, 64-70.
Arsyad, A. (1987). Your Basic Vocabulary. Ujung Padang: AMA Press.
aslam, M. f. (2022, Oktober 12). Wawancara Pribadi. (N. Muslikhin, Pewawancara) Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia.
Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran (IV ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Elizah, F., Warsah, I., Warlizasusi, J., Faishol, R., & Asha, L. (2022). Manajemen Pembelajaran Berbasis E-learning Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam, 20, 51-72.
Evans, J. R. (1994). Berfikir Kreatif Dalam Pengambilan Keputusan Dan Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.
Gunawan, Ibrahim, & Almukarramah. (2018). Kompetensi Kinerja Guru Menurut Kurikulum Karakter (k-13). Jakarta: Sefa Bumi Persada.
Haerana. (2016). Manajemen Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hariri, H., Karwan, D. H., & Ridwan. (2016). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Hasibuan, & malayu. (2011). Manajemen : Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayatullah, M. I., & Harmanto. (2022). Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis E-learning Madrasah Pada Mata Pelajaran PPKn Dalam Perspektif Guru Di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10, 597.
Hikam, M. (2022, Oktober 12). Wawancara Pribadi. (N. Muslikhin, Pewawancara) Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia.
Hoton, W., & Horton, K. (2003). E-learning Tools and Technologies: a consumer’s guide for trainer, teacher, educators, and instructional designer. USA: Wiley Publishing Inc.
Kamal, M. (2019). Guru Suatu Kajian Teoritis dan Praktis. Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja.
Kemendikbud RI. (2020). Draft Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035. Jakarta.
laisa, z. (2019). Teknologi Komunikasi Pembelajaran E-learning di Perguruan Tinggi. Gorontalo: C.V Athra Samudra.
Lubis, M., Yusri, D., & Gusman, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-learning (Studi Inovasi Pendidik MTs PAI Medan Di Tengah Wabah Covid 19. Fitrah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1, 1-18.
Manihuruk, L., Simarmata, J., & Dkk. (2019). E-learning : Implementasi, Strategi, dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Muhammad, A. P. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3, 342.
Muilenburg, L. Y., & Berge, Z. L. (2005). Student Barries To Online Learning: A Factor Analytic Study. Distance Education, 26, 29-48.
Muis, A. A. (2013). Prinsip-Prinsip Belajar Dan Pembelajaran (Principles of Teaching and Learning. ISTQRA', 01, 30.
Munir, A., Saefulloh, & Darwis, M. (2020, Oktober). Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna, 03, 293.
Najib, A. (2019). Kesulitan Orangtua Dalam Mendampingi Peembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Di Masa Pendemi Covid 19 Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Pekalongan. Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Ngabiyanto. (2020, Mei 13). Menjaga Kualitas Pembelajaran Daring. (I. Rosadi, Editor) Dipetik September 1, 2021, dari suaramerdeka.com: https://www.suaramerdeka.com/opini/pr-04134553/menjaga-kualitas-pembelajaran-daring?page=all
Nugroho, M. A. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah. Mudarissa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6, 30-46.
Nurhabibah, P., Hanukkah, & Widiawat, H. (2020). Aplikasi Pilihan Pendukung Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dwi Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 4, 258.
Pane, A., & Dasopang, M. (2017, Desember). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3, 342.
Pohon, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV Sarnu Untung.
Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru Sebagai Fasilitator dan Efektivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4, 49-54.
Rahmawati, N. (2022, Oktober 12). Wawancara Pribadi. (N. Muslikhin, Pewawancara) Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia.
Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran; Edisi Revisi (II ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman, & dkk. (2017). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sadikin, A., & Darwis, M. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Coid-19. BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 215.
Sagala, S. (2003). Konsep dan Wawancara Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sarinah. (2017). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
Sa'ud, U. S. (2008). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Solihin, I. (2009). Pengantar Manajemen. Jakarta: erlangga.
Sugiono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&d. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, S. (2022, Oktober 12). Wawancara Pribadi. (N. Muslikhin, Pewawancara) Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia.
Surjono, H. D. (2013). Membangun Course E-learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press.
Suryabata, S. (2004). Psikologi Pendidikan; Edisi V. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.
Tim Pengembang Kurikulum. (2022). Dokumnetasi KTSP Kurikulum 2013 MTs 45 Wiradesa. Pekalongan: Madrasah Tsanawiyah 45 Wiradesa.
Tjokro, S. L. (2009). Presentasi yang mencekam. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Uno, H. B. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Utami, E. (t.thn.). Kendala Dan Peran Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. . Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, (hal. 471-479).
Wibowo. (2006). Manajemen Perubahan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yazdi, M. (2012). E-learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, 2, 147.
Yusqi, M. I. (2021, Juni 21). "Pandemi dan Dampaknya Pada Pendidikan Madrasah". (M. Khoeron, Editor) Dipetik Agustus 31, 2021, dari Kemenag.go.id: https://kemenag.go.id/read/pandemi-dan-dampaknya-pada-pendidikan-madrasah-wk7vz
Zaman, B., & Dkk. (2017). Media dan Sumber Belajar TK, . Jakarta: Universitas Terbuka.
23SK2321044.00 | SK PAI 23.044 NUR m | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain