SKRIPSI PAI
Upaya Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Disiplin Sholat Lima Waktu Pada Anak di Desa Paweden Rt 03 Rw 01 Buaran Pekalongan
Kata kunci: Upaya Orang Tua, Perilaku Disiplin, Sholat Lima Waktu, Anak
Upaya orang tua merupakan kewajiban orang tua yang harus ditegakkan. Sebagai orang tua dituntut untuk menanamkan perilaku disiplin sholat lima waktu pada anak. Orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya harus mempunyai waktu untuk anaknya. Orang tua harus mempunyai upaya dalam menanamkan perilaku disiplin sholat lima waktu pada anak.
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana upaya orang tua dalam menanamkan perilaku disiplin sholat lima waktu pada anak di Desa Paweden RT 03 RW 01 Buaran Pekalongan? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam menanamkan perilaku disiplin sholat lima waktu pada anak di Desa Paweden RT 03 RW 01 Buaran Pekalongan? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mendeskripsikan upaya orang tua dalam menanamkan perilaku disiplin sholat lima waktu pada anak di Desa Paweden RT 03 Rw 01 Buaran Pekalongan. (2) Untuk Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam menanamkan perilaku disiplin sholat lima waktu pada anak di Desa Paweden RT 03 RW 01 Buaran Pekalongan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan jenis analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini adalah upaya orang tua dalam menanamkan perilaku disiplin sholat lima waktu pada anak di Desa Paweden RT 03 Rw 01Buaran Pekalongan meliputi: orang tua sebagai pembimbing, orang tua dalam membiasakan anak, dan orang tua sebagai contoh. Adapun faktor pendukung upaya orang tua meliputi lingkungan dan dukungan orang tua, sedangkan faktor penghambat upaya orang tua meliputi handphone dan keterbatasan waktu.
Daftar Pustaka :
Affiifuddin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Ahmaluddin, dan Haqqi. 2019. Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar. Aceh Besar : Jurnal Of Education Science. No I. Oktober. V.
Aljhowi, Nopi Puji. 2018. http://nopipujialjhawi.blogspot.com/2018/12/asal-nama-di-kecamatan-buaran-kabupaten.html dikutip tanggal 10 Agustus 2022.
Alqur’an, surat Al Ankabut, ayat 45.
Alqur’an, surat Luqman, Nomor 31: ayat 17.
Amelia, Mela dkk. 2019. Hubungan Antara Kedisiplinan Melaksanakan Sholat Wajib Dengan Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau. Riau: Jurnal Fakultas Psikologi. No. I. Vol. XIII.
Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Cet. Ke-2. Jakarta: Ciputat Pers.
Asih, Dewi 2020. “Peran Orang Tua Dalam Membina Pelaksanaan Ibadah Shalat Siswa Kelas VIII SMP Islam Ruham”. Skripsi (Jakarta: Pendidikan Agama Islam IAIN Syarif Hidayatullah).
Aziz, Obi Faizal. 2017. Peran orang tua dalam menanamkan disiplin anak usia dini pada lingkuan keluarga. Yogyakarta: Skripsi Ilmu Pendidikan Negeri Yogyakarta.
Bhakti, Ernaya Amor. 2019. “Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Ibadah Shalat Pada Anak Usia Dini Desa Degong Tataan Kabupaten Pesawaran”. Skripsi (Lampung: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Uin Raden Intan).
Depdikbud. 2022. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: balai pustaka.
Dokumentasi Kantor Balaidesa Paweden Buaran Pekalongan, 11 Agustus 2022.
Ernawati, Ika. 2016. Pengaruh Layanan Informasi dan Bimbingan Pribadi terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XII MA Cokrominoto Wanadadi Banjarneara Tahun 2014/2015. Yogyakarta: Jurnal Bimbingan Konseling. No. 1. Vol. I.
Hadi, Amirul dan Haryono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Handayani,. 2020. “Peran orang tua dalam pengalaman ibadah sholat lima waktu anak di desa gunung kidul sugih kecil Jabung Lampung Timur”. skripsi (Lampung: Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Metro).
Hasan, Aliyah B. Purwakaniyah. 2019. “Disiplin Beribadah: Alat Penenang Ketika Dukungan Sosial Tidak Membantu Stres Akademik”. Skripsi (Semarang: Pendidikan Agama Islam Universitas Muhamadiyah semarang).
I, Lexy. Meleong. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Indramawan, Arvian. 2019. “Upaya Peningkatan Disiplin Ibadah Bagi Murid Madrasah”. Skripsi (Tegal: Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Bhakti Negara Tegal).
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian dan Sosial (kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada press.
Margono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mujiburrohman. 2016. Pola Pembinaan Ketrampilan Shalat Anak Dalam Islam. Banda Aceh: Jurnal Mudarrisuna. No. 2 Vol. 6.
Muthmainnah. 2012. Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Anak. Volume 1. Edisi 1.
Nabawi, Dewi. 2021. Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Anak Pada Pembelajran Daring Siswa kelas 2 SDIT Insan Karima. Siliwangi: Jurnal Com-Edu. No.3. Vol. IV.
Naim, Ngainun. 2012. Character Building. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Novita Dina dkk. 2016. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini Di Desa Air Pinang Kecamatan Simeulue Timur. Banda Aceh: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah. No. I. Vol. I.
Nurbuka, Cholid dan Abu Ahmadi. 2005. Metodelogi Penelitian. cet. 7. Bumi Aksara.
Padil, Moh. dan Triyo Suprayanto.2007. Sosiologi Pendidikan. Malang: UIN Maliki Pers, 2007.
Prayitno dan Erman Amti. 2009. Dasar-dasar dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipt. Cet. ke-2.
Putra, Ary Antony. 2021. Ida Indi Wahyudi, dkk, Pengaruh Penggunaan Handphone Pada Siswa Sekolah Dasar. Riau: Al-Hikmah. No. 1. Vol. XVIII.
Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rubama. 2021. Peran Orang Tua dalam Penanaman Kedisiplinan Shalat Anak Di SDN 2 Petuang Musi Rawa. Bengkulu: al-Bahtsu. No. II. Vol. VII.
Salim, Peter dan Yeni Salim. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Modern English Press.
Sandra, Kusnul Ika dan M. As’ad Djalali. 2013. Manajemen Waktu, Efikasi-Diri dan Prokrastinasi. Surabaya: Person. No. 3. Vol. II.
Sudarsono. 2018. Pendidikan Ibadah Perspektif Al Qur’an dan Hadits, Denpasar Bali: Jurnal Studi Keislaman, No.I. Juni. IV.
Sudiyono, H.M. 2009. Ilmu Pendidikan Islam Jilid I. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sulfemi, Wahyu Bagja. 2018. Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah dan Intelegensi Terhadap ahsil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Bogor: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. No. II. Vol XVI
Tafsir, Ahmad. 2011. Ilmu Pendidikan dalam Persepektif Islam. cet. 11. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Thoha, Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (Anggota IKAPI).
Wahyuni, Sri Indra Wahyuni dan Ema Fitri Lubis, 2020. Analisis Disiplin Kerja Karyawan pada PT. Kharisma Dayung Utara Pekanbaru. Riau: Jurnal Valuta. No: I. April. VI.
Yumni, Auffah. 2017. Pelaksanaan Ibadah dengan Mengintegrasikan Fiqh dan Tasawuf. Sumatra Utara: Jurnal Pendidikan Islam dan Tasawuf. No. 2.Vol. VII.
Z, Zurinal dan Aminuddin. 2008. Fiqih Ibadah. Jakarta: Lembaga Penelitian Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
23SK2321043.00 | SK PAI 23.043 THO u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain