SKRIPSI PAI
Peran Pengasuh Dalam Pembentukan Karakter Religius Santri di Panti Asuhan Umar Bin Khottob Desa Cepokokuning Kecamatan Batang Kabupaten Batang
Kata Kunci : Peran Pengasuh, Karakter Religius, dan Santri
Peran Pengasuh diantaranya adalah menciptakan sumber daya manusia yang bermutu dan berkualitas, dengan cara mendidik, memelihara dan membimbing anak asuh atau santri pada lembaga sosial asuhan atau pondok pesantren. Tujuan pengasuhan yaitu untuk menciptakan sumber daya manusia yang bermutu dan berkarakter. Karakter religius merupakan salah satu nilai karakter yang ada dalam pendidikan karakter. Nilai religius merupakan nilai yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa. Santri secara merupakan sebutan bagi seseorang yang mengikuti pendidikan agama Islam di pesantren. Santri biasanya menetap di tempat tersebut hingga pendidikannya selesai.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Peran Pengasuh dalam pembentukan karakter religius santri di panti asuhan Umar bin Khottob dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membentuk karakter religius pada santri di panti asuhan Umar bin Khottob. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengalisis peran pengasuh dan faktor pendukung serta penghambat dalam membentuk karakter religius santri di panti asuhan Umar bin Khottob. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai acuan bagi pengasuh, pihak panti asuhan, dan orang tua santri mau pun pihak lain yan berkepentingan dalam usaha membentuk karakter religius santri.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil tempat di panti asuhan Umar bin Khottob. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah pengasuh dan santri panti asuhan Umar bin Khottob. Untuk informan pendukunganya adalah pengurus panti asuhan Umar bin Khottob. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ternik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuh panti asuhan Umar bin dalam membentuk karakter religius pada santri di panti asuhan Umar bin Khottob mempunyai peran sebagai pembimbing, sebagai pemberi perhatian dan sebagai pemberi motivasi. Dari beberapa peran tersebut terdapat perubahan yang positif karakter religius pada santri. Adapun faktor pendukung adalah adanya pengasuh profesional, lingkungan panti yang nyaman dan mendukung, dan sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya perhatian orang tua terhadap anak, kurangnya pemanfaatan media dalam penyampaian materi ilmu agama, dan kurangnya pengawasan dalam beberapa kegiatan keagamaan.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdurraziq, Mahir Manshur. 2007. Mukjizat Shalat Berjamaah. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Al-Jazairi, Syaikh Abu Bakar Jabir. 2006. Minhajul Muslim, terjemahn dalam Bahasa Indonesia Konsep Hidup ideal dalam Islam. Jakarta:Darul Haq.
Barnawi dan M. Arifin. 2012. Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ar-ruzz media.
Budiharjo. 2015. “Pendidikan Pengasuh pada Panti Sosial Asuhan Anak Milik Masyarakat Islam di Jakarta”: Jurnal Studia Islamika. Vol 12, No 1.
Budi Susanto. 2020. “Peran Pengasuh Dalam Membina Karakter Disiplin Beribadah Pada Anak Di Panti Asuhan Nadhatul Ulama Desa Kali Pucang Kulon”. Pekalongan: Sripsi. IAIN Pekalongan.
Daradjat, Zakiyah. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. 2017. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Jakarta: Balai Pustaka.
Djamas, Nurhayati. 2008. Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hastuti, Dwi. 2010. Pengasuhan: Teori, Prinsip, Dan Aplikasinya Di Indonesia. Bandung: IPB Press.
Hermawan, A. Heris. 2012. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Depatemen Agama Republik Indonesia.
Kasim Hukul, St. Jumaeda dan Sadam Husein. 2019. “Peran Pengasuh Panti Asuhan Yayasan Melati Alkhairat Ambon Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Asuh”. Ambon: Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol 1, No 1.
Kemendikbud. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Balitbang.
Kementrian Sosial (Kemensos) RI. 2004. Acuan Umum Pelayanan Sosial Anak di Panti Asuhan Sosial Anak. Jakarta: Departemen Sosial RI.
Laili Syarifah, Nur Latifah, dan Dakusta Puspitasari. 2021. “Keteladanan Pengasuh Dan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Santri Tarbiyatul Athfal Tegalrejo Magelang”. Magelang: Jurnal Riset Pedagogik. Vol 5, No 1.
La Ode Muh Ilham Hasan. 2019. “Peran Pengasuh Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Santri Di Pondok Modern Gontor Putra 7 Kabupaten Konawe Selatan”. Kendari: Skripsi. IAIN Kendari.
Madjid, Nurcholish. 2010. Bilik-bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta:Pramadina.
Muslich, Masnur. 2018. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Musthofa, Ibnu. 1993. Keluarga Islam Menyongsong Abad 21. Bandung: Mizan.
Naim, Ngainun. 2012. Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembanagan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nuruddin, M. Yazid. 2009. Keistimewaan Shalat Tahajjud. Insan Media.
Ramayulis. 2004. Psikolgi Agama. Jakarta: Kalam Mulia.
Sahlan, Asmaun. 2020. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah. Malang: UIN-Maliki Press.
Samani, Muchlas. 2017. Konsep dan Model: Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami, Jakarta: Bumi Aksara.
Shihab, Charis. 2013. 11 Ibadah Yang Mengantar Hidup Sukses dan Penuh Barokah. Surabaya: Mitra Press.
Sigiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Siti Nur Khotimah. 2019. “Peran Pengasuh Dalam Membentuk Karakter Religius Di Panti Asuhan Budi Mulya Sukarame Bandar Lampung”. Bandar Lampung: Skripsi. IAIN Raden Intan Lampung.
Shokhibul Bakhri. 2020. “Peran Pengasuh Pesantren Dalam Membentuk Karakter Religius Dan Tanggung Jawab Santri”. Malang: Jurnal Islamic Studies. Vol 1, No 1.
Syafri, Ulil Amri. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an. Jakarta: Rajawali Pers.
Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.
23SK2321042.00 | SK PAI 23.042 SHO p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain