SKRIPSI PAI
Persepsi Siswa SMPN 2 Karanganyar Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19
Kata kunci : Persepsi, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, , Model Blended Learning
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran blended learning diterapkan oleh guru-guru SMPN 2 Karanganyar, salah satuya adalah dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Guru PAI menyampaikan bahwa siswa kelas VIII A, belum begitu antusias dalam mengikuti pembelajaran secara online, karena kemungkinan besar model pembelajarannya kurang menarik. Diharapkan dengan model pembelajaran blended learning, siswa kelas VIII A lebih antusias.
Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana persepsi siswa SMPN 2 Karanganyar terhadap pembelajaran pendidikan agama islam dengan model blended learning pada masa pandemi covid-19 ? dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam dengan model blended learning pada masa pandemi covid-19 di SMPN 2 Karanganyar?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan persepsi siswa smpn 2 karanganyar terhadap pembelajaran pendidikan agama islam dengan model blended learning pada masa pandemi covid-19 dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan terhadap pembelajaran pendidikan agama islam dengan model blended learning pada masa pandemi covid-19.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan metode penelitiannya adalah metode kualitatif bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang meliputi siswa kelas VIII A SMPN 2 Karanganyar, dan sumber data sekunder yang meliputi data hasil penelitian dan referensi-referensi yang terkait dengan judul penelitian seperti buku bacaan, jurnal, dan lain-lain. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data bersifat deskriptif kualitatif dengan pola berpikir deduktif dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles and Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persespsi siswa SMPN 2 Karanganyar terhadap pembelajaran PAI dengan model blended learning pada masa pandemi covid-19 yaitu Blended Learning menjadikan belajar makin santai dan leluasa; terkadang membuat materi kurang dipahami oleh siswa; pembelajaran dengan model blended learning, pendidikan di Indonesia akan semakin maju; model pembelajaran blended learning, model pembelajaran yang kekinian; dan bisa lebih mudah mengakses materi dan tugas dimanapun berada. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran PAI dengan model blended learning di SMPN 2 Karanganyar adalah Pembelajaran blended learning memberikan keluasaan pada guru melalui berbagai media yang diberikan, dan Pembelajaran yang diberikan lebih efektif dan tidak menguras tenaga yang besar, keduanya saling terkait. Dan Faktor Penghambatnya adalah media yang dibutuhkan sangatlah beragam sehingga terkadang guru sulit jika sarana dan prasarana tidak memadai dan kurang meratanya fasilitas yang dimiliki peserta didik seperti komputer, handphone dan akses internet.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah, walib. 2018. “ Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran”. Dalam Jurnal Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam Istitute Agama Islam Al-Khairat, Vol. 7,Juli, No. 1. Pamekasan.
Abdurrohim. 2021. “Efektifitas Pembelajaran PAI dengan Model Blended Learning di SMA Islam Swasta Se-Palangka Raya”. Palangkaraya: Skripsi Sarjana Pendidikan IAIN Palangka Raya.
Abidin, Zaenal Abidin. 2012. Prinsip-Prinsip Pembelajaran: Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Alizamar dan Nasbahry Couto. 2016. Psikologi Persepsi dan Desain Informasi.Yogyakarta: Media Akademi.
Alwafi, Zulfarisan. 2020. ”Efektivitas Penggunaan Blended Learning Pada Dosen di Universitas Islam NegeriAr-Raniry Banda Aceh”. Dalam Jurnal Pendidikan UIN Ar-Raniry, No. 2, Vol IX. Banda Aceh.
Azahro, Fatimah. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 29 Bandar Lampung”. Dalam Jurnal Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan UIN Lampung, Vol. 6, No. 2. Lampung.
Berita Jabar. 2022. Https://jabar.kemenag.go.id/portal/read/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-dunia pendidikan.
Kusaeri dan Ekky Dea Henwi Cahyan. 2016. ” Sikap, Harapan, dan Persepsi Siswa pada Matematika serta Implikasinya Terhadap Kemampuan Regulasi Diri”. Dalam Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 21, Oktober, No 2. Bandung.
Darajat, Zakiah. 2017. Metodik Khusus Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Banda Aceh: Yayasan Pena. . 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: BumiAksara.
Dwiyogo, Wasis. 2018. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Raja wali Pers.
Firmansyah, Mokhamad Iman. 2019. “ Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar dan Fungsi”. Dalam Forum Ta’lim Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Pendidikan Indonesia, Vol. 17. No. 2.
Jakarta.
Hasbullah. 2015. “Blended Learning Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan”. Dalam Jurnal Elemen Universitas Mataram, Vol. 1, Januari, No 1. Mataram.
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran: Blended Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Iska, Zikri Neni. 2008. Psikologi Pengantar Pemahaman Diri dan Lingkungan. Jakarta: Kizi Brother.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2021. Surat Edaran Penyelenggaraan Tatap Muka Tahun Akademik 2021-2022”, https://lldikti3.kemdikbud.go.id/v6/2021/09/16/surat-edaran- penyelenggaraan-pembelajaran-tatap-muka-tahun-akademik-2021-2022/.
Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pengembangan Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lubis, Masruroh dkk. 2020. “Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning Studi Inovasi Pendidik MTs PAI Medan di Tengah Wabah Covid19”. Dalam Jurnal Fitrah: Journal Of Islamic Education Universitas Negeri Islam Sumatra Utara, No.1, 1 Juni, Vol.1. Medan.
Mustakim, Zaenal. 2017. Stategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Nasution. 2012. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, Nurliana dkk. 2019. Buku Model Blended Learning. Riau: Unilak Press.
Nawawi, Hadari. 2011. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nugroho, Risky Afif. 2021. “ Penerapan Metode Blended Learning dalam Pembelajarn PAI Pada Era New Normal” . Dalam Jurnal As-Salam UIN Yogyakarta, No. 1 Vol. X. Yogyakarta.
Nurfadilah. 2019. ”Teori dan Konsep Peserta Didik Menurut Al-Quran”. Dalam Jurnal EduProf Universitas Gajah Mada Yogyakarta, No. 2, Vol 1. Yogyakarta..
Puspitarini, Dyah. 2022. “Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21”. Dalam Jurnal Karya Ilmiah Guru SMA Negeri 5 Yogyakarta,. Vol.7, No. 1. Yoyakarta.
Rahmah. 2010. “Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”. Jakarta: Skripsi Sarjana Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah.
Ramayulis. 2001. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rizkiyah, Apriliya. 2015. “ Penerapan Blended Learning untuk Menngkatkan Hasi Belajar Siswa”. dalam Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Surabaya, Vol. 1, No.1. Surabaya.
Sasasi, Windu. 2021. ”Implementasi Model Blended Learning Dalam Rumpun Mata Pelajaran PAI di MI Darul Ulum Tinggarjaya Sidareja Cilacap”. Purwokerto. Skripsi Sarjana Pendidikan IAIN Purwokerto.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopia. 2010. Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Sibur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Suciati, Dian Indah. 2021. “Penerapan Pembelajaran Blended Learning di MI Ma’arif Mayak Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021”. Ponorogo: Skripsi Sarjana Pendidikan IAIN Ponorogo.
Suci, I Gede Sedana. 2020. Transformasi Digital dan Gaya Belajar. Banyumas: Cv. Vena Persada.
Sulaiman. 2017. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islami. Banda Aceh: Yayasan Pena.
Sudaryono. 2017. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprayoga, Imam danTobroni. 2001. Metode Penelitian Sosial-Agama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Syarif, Izuddin. 2012. “Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK”. Dalam Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 2, No. 2, Juni. Banyumas.
Walgito, Bimo. 2010. Pengantar psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
23SK2321041.00 | SK PAI 23.041 DIA p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain