SKRIPSI TADRIS BAHASA INGGRIS
How Sequence of Pictures Triggers Teenage Learners in Writing a Recount Text: A Narrative Inquiry
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain inkuiri naratif. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui apakah media urutan gambar dapat memicu
kemampuan siswa terhadap peningkatan keterampilan menulis teks recount. Dalam
pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara dan observasi.
partisipan dan narasumber dari penelitian ini adalah guru bahasa inggris dan siswa
di salah satu instansi bimbingan belajar yaitu Indria Learning Center, Tangerang,
dimana para siswa tersebut berada di kelas satu SMP. Penelitian ini menunjukkan
bagaimana cara guru menerapkan belajar mengajar dengan menggunakan urutan
gambar dan mengapa guru menggunakan urutan gambar sebagai media
pembelajaran. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa merasa senang dan
merasa lebih cepat untuk memahami materi dan menuangkan ide-ide mereka.
penelitian ini merekomendasikan bahwa urutan gambar sangat membantu
meringankan pekerjaan guru bahkan dapat memicu siswa agar mereka dapat
menyelesaikan tugas dengan cepat dan benar.
Keywords: Memicu, Kemampuan Menulis, Urutan Gambar
REFERENCES
Abdullah, Y. L. P. L. & Yunus, M. M. (2019). “The Use of Pictures in Improving
Students Writing”. Modern Journal of Language Teaching Methods
(MJLTM), 1-8.
Anderson, M., & Anderson, K. (1997). Text types in English, I. South Yarra:
Macamillan Education Autralia PTY LTD.
Angga Framana (2019). ”An Analysis On Students’ Writing Recount Text” English
Education Study Program Department Of Tadris Faculty Of Tarbiyah Dan
Tadris State Institute For Islamic Studies (IAIN) Bengkulu 2019.
Apsari, Y. (2017). The Use of Picture Series in Teaching Writing Recount Text.
ELTIN JOURNAL, Journal of English Language Teaching in Indonesia, 5(2),
51.
Baso, F. A. (2016). Using Sequence Picture Technique To Increase the Students
Writing Ability At First Grade of Sman 1 Sungguminasa. 01, 2355–2538.
Brown, K,. (1989), Writing matters: Writing skills and strategies for students of
English. Melbourne: Cambridge University Press.
Cahyani, Y., & Nurjanah, D. M. (2019). Improving Students Narrative Writing
Process Through Series of Picture Classroom Action Research. PROJECT
(Professional Journal of English Education), 2(3), 404.
Dewi, T. B. (2016). Sequence of pictures as an alternative media to teach writing
recount text to eight graders of SMPN 25 Surabaya. E-Journal UNESA, 4(2),
1-10.
Faizah, N. (2013). Implementing sequence pictures to improve students’ ability in
writing narrative text for grade X of MAN Lab UIN Yogyakarta in the
academic year 2013/2014 (Undergraduate’s Thesis). Yogyakarta State
University, Yogyakarta, Indonesia.
Iis, F. H. (2021). “The Effect Of Sequence Of Pictures On Students’ Writing Skill
In Recount Text At The Tenth Grade Of SMK Teknologi Pilar Bangsa
Kabupaten Tangerang” English Language Education Departement Faculty of
Teacher Training and Education Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang.
Mutmainnah (2018). The Use of Picture Series for Teaching Writing of Recount
Text. Study English Education Study Program Language and Training and
Education Faculty TanjungPura University Pontianak.
Nurdina Mecca Zathira. (2014). The Effectiviness of Picture Sequence in Taching
Narrative Text Writing. Department of English Education Syarif Hidayatullah
State Islamic University Jakarta.
Raimes, A. (1983). Techniques in Teaching Writing. New York: Oxford University
Press.
Wright, Andrew. 1989. Pictures for Language Learning, Cambridge University
Press.
Yunus, Noor Azlina. (1981). Preparing and Using Aids for English Language
Teaching. Kuala Lumpur: Oxford University Press.
23SK2325021.00 | SK TI 23.021 ANI h | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain