SKRIPSI TADRIS BAHASA INGGRIS
Students' Perception on The Use of English Song to Learn Vocabulary
Kosakata merupakan hal yang penting dalam mempelajari suatu bahasa. Oleh
karena itu, ketika kita mempelajari suatu bahasa, kita perlu menguasai
kosakatanya. Banyak sekali cara dalam mempelajari kosakata, salah satunya
adalah dengan menggunakan lagu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lagu
memiliki dampak yang baik pada pembelajaran kosa kata. Oleh karena itu,
peneliti melakukan penelitian tentang apa yang siswa rasakan tentang
penggunaan lagu bahasa Inggris untuk membantu mereka belajar kosa kata.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peran lagu dalam
proses pembelajaran kosakata dan untuk mengetahui apakah lagu dapat
membantu siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di
Pekalongan, dengan jumlah peserta 4 orang. Penelitian ini merupakan penelitian
inkuiri naratif dengan pendekatan kualitatif, dan menggunakan wawancara semi
terstruktur untuk mendapatkan data dari partisipan. Dari penelitian ini, peneliti
menemukan beberapa hasil, seperti; siswa tertarik dan senang menggunakan lagu
bahasa Inggris sebagai media belajar kosakata, lagu bahasa Inggris juga
membantu mereka beberapa aspek dalam belajar kosakata seperti mempermudah
mereka mengingat kosakata baru, lebih mudah mendengarkan pengucapan
kosakata dengan benar, membantu mereka memahami pola kalimat bahasa
Inggris, dan bantu mereka memahami arti lagu yang mereka dengarkan.
Sehingga, lagu bahasa Inggris membawa banyak manfaat bagi siswa dalam
belajar kosa kata.
Kata Kunci: Belajar Kosakata, Lagu bahasa Inggris, Persepsi Siswa
REFERENCES
Adi, W. Gunawan,. (2004). Genius Learning Strategy. PT Ikrar Mandiri Abadi.
Al-Azri, R., Al-Rashid, M. H., & Kazazi, L,. (2015). Using Songs To Support
Vocabulary Learning For Grade Four Pupils. International Journal of
Scientific & Technology Research. Vol. 4, No. 06
Burhayani. (2013). “The Effectiveness of Teaching Vocabulary through Songs to
the Second Years Students of Ikatan Keluarga Kesejahteraan Tentara
(IKKT) Elementary School West Jakarta.” 2nd International Seminar on
Quality and Affordable Education (ISQAE 2013).
Davies, P., & Pearse, E. (2000). Success in English Teaching. Oxford University
Press.
Griffee, D.T. (1992). Song in action. Wiltshire: Prentice Hall International.
Haghverdi, H. R. (2015). The effect of song and movie on high school students
language achievement in Dehdasht. Procedia - Social and Behavioral
Sciences. Volume 192
Hermiadi, Haris. (2007). “Students’ Perception on the Use of English as Medium
of Instruction: A Case Study at a Public Senior High School in Tanjung
Pandan, Belitung.” Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Hiebert, E. H., & Kamil, L. (2005). Teaching and Learning Vocabulary Bringing
Research to Practice. Lawrence Eriblaum Assosiate. Inc.
Limbong, R. (2012). Enriching Students ’ Vocabulary Using English Pop Songs.
Journal of English Teaching, 57.
Linse, C. T. (2005). Practical English Language Teaching: Young Learners. Mc
Graw Hill.
Lynn, Jennifer. (2012). Music, Mood, and Memory: An In-Depth Look at How
Music Can Be Used as a Trigger to Elicit. Johnson & Wales University
MacNaughton, G., & Williams, G. (2004). Teaching Young Children: Choices in
Theory and Practice. Open University Press.
Miftah, Toha (2003). Perilaku Organisasi Konsep dasar dan Aplikasinya. PT raja
Grafindo Persada
Moleong, L. J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya.
Patton, M. Q. (2001). Qualitative Research and Evaluation and Methods (3rd
ed.). Beverly Hills, CA: Sage.
Robbins, S. P. (2003). Perilaku Organisasi: Konsep Kontroversi Aplikasi. Edisi
Kedelapan. Trans. Pujaatmaka, H & Molan, B. Pt. Prenlindo.
Rosova, Veronika. (2007). The use of music in teaching English: diploma thesis.
Accessed on June 14, 2021. Brno: Masaryk University, Faculty of
Education, Department of English Language and Literature.
Sari, Intan P., Asahra, Elva E., & Yana. (2019). Improving Students’ Vocabulary
Mastery Using English Song. Professional Journal of English Education.
Volume 2, No. 3. Accessed on June, 15 2021. FKIP Siliwangi.
Sevik, M. (2012). Teaching listening skills to young learner through “Listen and
Do” songs. English Teaching Forum, Number 3.
Sherman, R, R,. & Webb, R, B,. (2005). Qualitative research in education: focus
and methods. Taylor & Francis e-Library.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
ALFABETA.
Suri, E, M,. (2012), Improving Students’ Vocabulary Mastery by Using Songs at
The Grade Sixth of State Elementary School of 45 Bungo Pasang Padang.
EDU RESEARCH; Jurnal Pendidikan Vol.1 No.1 Juli.
Susan Henneberg. (2005). What is a Song. Brittanica Educational Publishing
Susanto, A. & Fazlinda, A, (2016). English Vocabulary Acquisition through
Vocabulary Learning Strategy and Socio-Educational Factors: A Review.
Applied Science and TEchnolog, 1(1), 173, pp. 166-173.
Thornbury, S . (2002). How to Teach Vocabulary. Harlow: Pearson Education.
Walgito, Bimo. (2004). Pengantar Psikologi. Andi Offset.
Warnke, Stefanie. (2006) The use of Music and Song in the-EFL Classroom.
Universitat Jena Press.
23SK2325020.00 | SK TI 23.020 RIZ s | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain