SKRIPSI TADRIS BAHASA INGGRIS
High School Students' Emotion in Learning English Through Google Classroom During The Pandemic
Saat ini dunia sedang dihebohkan dengan virus yang bernama virus corona, termasuk di Indonesia. Virus ini berdampak besar pada semua aspek kehidupan, tak terkecuali aspek pendidikan. Sebagian besar pemerintah di dunia menutup lembaga pendidikan untuk sementara, sehingga pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka berubah menjadi pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk menggali emosi siswa dalam belajar bahasa Inggris melalui Google Classroom selama masa pandemi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah inkuiri naratif dengan partisipan dari 4 siswa SMA yang terdiri dari laki-laki dan perempuan berusia sekitar 15-17 tahun. Peneliti menggunakan wawancara untuk memperoleh data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dari Braun & Clarke. Kontribusi penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang emosi siswa dalam pembelajaran melalui Google Classroom. Temuan menunjukkan bahwa selama pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan Google Classroom, siswa merasakan emosi positif seperti kesenangan, rasa harap, bangga, rasa lega. Selain itu, siswa juga merasakan emosi negatif seperti marah, cemas, malu, keputusasaan, dan kebosanan. Dan pengaruh emosi tersebut dalam pembelajaran bahasa yaitu membuat siswa bisa belajar setiap waktu, nilai meningkat, membuat siswa malas belajar, tidak fokus, dan kurang tertarik dalam pembelajaran.
Kata kunci: Emosi Siswa, Google Classroom, Pembelajaran Bahasa Inggris.
REFERENCES
Alireza, M., Keivan, R., Reza, S., Amirhossein, E., Haleh, G., Khoubyar, J., &
Tayebeh, R. (2020). “Evaluation of Students‟ Attitude and Emotions
towards the Sudden Closure of Schools during the Covid-19 Pandemic:
a cross-sectional study.” Mirahmadizadeh et al. BMC Psychol (2020)
8:134 https://doi.org/10.1186/s40359-020-00500-7
Annita. (2018). “A Survey on The Use Of Google Classroom in English Language
Education Department of Islamic University of Indonesia.” Faculty of
Psychology and Socio-cultural Sciences, Department of English
Education, Islamic University of Indonesia. Yogyakarta.
Aristovnik, A., Kerzic, D., Ravselj, D., Tomazevic, N., & Umek, L. (2020).
“Impacts of the COVID-19 pandemic on life of higher education students:
A global perspective.” Sustainability, 12(20), 8438.
https://doi.org/10.3390/su12208438
Aslan, I., Ochnik, D., & Çınar, O. (2020). “Exploring perceived stress among
students in Turkey during the covid-19 pandemic.” International Journal of
Environmental Research and Public Health, 17(23), 8961.
https://doi.org/10.3390/ijerph17238961
Beal, Vangie. (2020). Google Classroom. Editor of webopedia.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). “Using thematic analysis in psychology.”
Qualitative Research in Psychology, 3, 77–101. doi:10.1191/
1478088706qp063oa
Dewi Puspitasari, Wiwien Widyawati, Rohmantunnazilah, and Suwarno. (2020).
“Exploring the Feelings of International Students: When We Learn
Virtually during the Covid-19 Pandemic.” Journal of International
Students. https://ojed.org/jis
Easwaramoorthy & Zarinpoush, F. (2006). “Interviewing for Research.” Imagine
Canada 425 avenue University, bureau 900 Toronto ON, M5G IT6
www.imaginecanada.ca
Esther, Y. M. C. (2017). “Narrative Inquiry: A Dynamic Relationship between
Culture, Language and Education.” Australian Journal of Teacher
Education.
Gotz, T., Zirngibl, A., Pekrun, R., & Hall, N. (2003). “Emotions, learning and
achievement from an educational-psychological perspective.” In the Influence of Affective Factors on Classroom Learning, pp. 9-28.
Inoue & Pengnate. (2018). Belief in foreign language learning and satisfaction
with using Google Classroom to submit online homework of
undergraduate students. 2018 5th International Conference on Business
and Industrial Research.
Iriany, W. K. “Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan
Bahasa dan Sastra, Vol 14, Issue 2.
23SK2325017.00 | SK TI 23.017 BUN h | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain