SKRIPSI PAI
Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meminimalisir Perilaku Bullying di MTs Darussalam Subah Batang
Kata Kunci : Peran Guru, Bullying.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya kondisi psikis remaja yang labil membuat seseorang akan berdampak pada terjadinya masalah di kalangan remaja, misalnya bullying. Banyaknya perilaku bullying yang terjadi di madrasah mengakibatkan citra pendidikan menjadi kurang baik, karena pendidik dirasa gagal dalam memberikan pendidikan moral sosial kepada peserta didik, padahal madrasah merupakan suatu tempat yang dipercaya oleh banyak kalangan sebagai sebuah tempat di mana proses humanisasi berlangsung. Oleh karena itu, perilaku bullying yang terjadi di madrasah hendaknya menjadi perhatian bagi pengelola pendidikan ataupun madrasah, terutama guru akidah akhlak yang seharusnya memiliki kemauan dan kemampuan untuk meminimalisir bullying di madrasah. Peran yang dilakukan guru akidah akhlak sangatlah penting dalam penanggulangan tersebut.
Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru Akidah Akhlak dalam meminimalisir perilaku bullying di MTs Darussalam Subah Batang? (2) Bagaimana bentuk-bentuk perilaku bullying di MTs Darussalam Subah Batang? (3) Bagaimana hambatan guru Akidah Akhlak dalam meminimalisir perilaku bullying di MTs Darussalam Subah Batang?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peran guru Akidah Akhlak dalam meminimalisir perilaku bullying di MTs Darussalam Subah Batang. (2) Mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku bullying di MTs Darussalam Subah Batang. (3) Mendeskripsikan hambatan guru Akidah Akhlak dalam meminimalisir perilaku bullying di MTs Darussalam Subah Batang.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di MTs Darussalam Subah Batang. Subjek penelitian adalah Kepala Madrasah, guru Akidah Akhlak, dan siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, data display, penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran guru Akidah Akhlak dalam meminimalisir perilaku bullying di MTs Darussalam Subah Batang adalah sebagai mediator dan motivator, hal ini dibuktikan dengan (a) Guru memposisikan diri sebagai penasehat, (b) Guru membangun pembelajaran yang menyenangkan untuk mewujudkan suasana anti bullying, (c) Guru menjalankan program keagamaan. (2) Bentuk-bentuk perilaku bullying yang ada di MTs Darussalam Subah Batang adalah (a) Menarik baju, (b) Mengosek kepala, (c) Memukul, (d) Memanggil dengan sebutan yang tidak baik, (e) Mengolok-olok, (f) Berkata kotor. (3) Hambatan guru Akidah Akhlak dalam meminimalisir perilaku bullying di MTs Darussalam Subah Batang adalah (a) Terbenturnya jam pelajaran, (b) Materi yang disampaikan tidak semuanya bisa disisipi dengan pemahaman bullying, (c) Pergantian guru juga mempengaruhi penyampaian pembelajaran, (d) Lingkungan keluarga yang kurang mendukung.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdul, Rahman, A. Ghani. 2014. “Metodologi Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Vol.2, No. 2.
Amalia, Dina. 2012. ”Hubungan Persepsi Tentang Bullying dengan Intensi Melakukan Bullying Siswa SMA N 82 Jakarta”, Skripsi Psikologi. Jakarta: Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah.
Amin, Samsul Munir. 2010. Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.
Daradjat, Zakiah. 2013. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Daradjat, Zakiah. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmadi, Hamid. 2012. Kemampuan Dasar Mengajar Landasan Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Guru dan Anak dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Toritis Psikologis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2000. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Ismail, Taufiq. 2019. “Pentingnya Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah”, Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.
Jaya, I Made Laut Mertha. 2020. “Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif”. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, Vol.2, No. 23.
Kurnia, Imas. 2016. “Bullying”. Yogyakarta: Relasi Inti Media, Vol 2, No.17.
La Hadisi. 2013. “Solusi Mengatasi Perilaku Menyimpang SMK N 1 Kendari”, Skripsi Tarbiyah. Al Izzah: Fakultas Tarbiyah.
Maimunawati, Siti dan Muhammad Alif. 2020. Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran. Banten: 3 M Media Karya Serang.
Mulyasa, Endi. 2013. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mumtahanah. 2018. “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa di MTs Negeri Turikale”, Skripsi Pendidikan Agama Islam. Maros: Sekolah Tinggi Agama Islam DDI.
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Nafis, Muhammad Muntahibun. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Priyatna, Andri. 2010. Lets End Bullying (Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying). Jakarta: Gramedia.
Purnomo, Bambang Hari. 2012. “Metode dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas”. Yogyakarta: Jurnal Pengembangan Pendidikan, Vol.5, No. 1.
Putra, Sitiatava Rizema. 2014. Prinsip Mengajar Berdasar Sifat-sifat Nabi. Yogyakarta: DIVA Press.
Rachmad, Aprizal. 2017. ”Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminimalisir Bullying di SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh”, Skripsi Tarbiyah. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.
Raho, Bernard. 2017. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Rosaliza, Mita. 2015. “Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi dalam Penelitian Kualitatif”. Jakarta: Jurnal Ilmu Budaya, Vol.3, No. 2.
Sadulloh, Uyoh. 2014. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.
Sapitri, Widya Ayu. 2020. Cegah dan Stop Bullying Sejak Dini. Semarang: Guepedia.
Sejiwa. 2008. Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: Grasindo.
Sudaryono, Guguk Margono, dan Wardani Rahayu. 2013. “Pengembangan Penelitian Instrumen Pendidikan”. Yogyakarta: Graha Ilmu, Vol.3, No. 11.
Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati dan Asra,. 2013. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Suryawati, Dewi Prasari. 2016. “Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul”. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Madrasah, Vol. 3, No. 2.
Syahreny, Nova, dkk. 2020. “Bimbingan Islami Dalam Mengatasi Perilaku Bully Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Tazkiah Langsa”. Semarang: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, Vol, No. 1.
Tohardi, Ahmad. 2019. “Pengantar Metodologi Penelitian Sosial”. Pontianak: Tanjungpura University Press, Vol.3, No. 1.
Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Willis, Sofyan S. 2015. Remaja dan Masalahnya. Bandung: Alfabeta.
Winaryati, Eny. 2014. Evaluasi Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wiyani, Novan Ardy. 2012. Save Our Children From School Bullying. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Yonny, Asep, dkk. 2012. Begini Cara Menjadi Guru Inspiratif dan Disenangi Siswa. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Zubaedi. 2017. Strategi Taktis Pendidikan Karakter. Depok: Rajawali Press.
23SK2321038.00 | SK PAI 23.038 MUR p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain