SKRIPSI PAI
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Online Pada Mata Pelajaran Tarikh Kelas VII MTs Muhammadiyah Pekalongan
Kata kunci: Pengembangan Media Interaktif, Pembelajaran Tarikh, Website.
Pembelajaran Tarikh atau Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah Pekalongan masih dikatakan konvensional. Hanya sebatas penyampaian materi dengan metode ceramah dan mengerjakan latihan-latihan saja, hanya menggunakan bahan ajar buku paket dan LKS, sehingga para siswa cenderung bosan dan sulit memahami materi pembelajaran dengan baik. Untuk itu peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran Tarikh agar terlihat lebih menarik dan mudah dipahami.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa website online pada mata pelajaran Tarikh kelas VII MTs Muhammadiyah Pekalongan. (2) Mengetahui bagaimana hasil penilaian kelayakan penggunaan media interaktif berbasis website online pada mata pelajaran Tarikh kelas VII MTs Muhammadiyah Pekalongan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan Allesi & Trollip, yaitu planning (perencanaan). design (desain), dan develope (pengembangan). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Media pembelajaran yang dikembangkan dinilai kelayakannya oleh ahli materi dan ahli media, dan siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Pekalongan. Hasil penelitian uji kelayakan media interaktif website berdasarkan penilaian: (1) ahli media menunjukkan nilai rata-rata 99,22% yang termasuk kategori "Sangat Layak", (2) ahli materi menunjukkan nilai rata-rata 93,46% yang termasuk kategori "Sangat Layak". Adapun hasil respon siswa setelah penggunaan media website uji kelompok kecil dan besar secara berurutan menunjukkan rata-rata 83,90% dan 86% yang keduanya termasuk kategori "Sangat Layak". Kesimpulan dari penelitian ini adalah media interaktif berbasis website online ini layak digunakan.
DAFTAR PUSTAKA :
Admadja, Ismalik Perwira dan Eko Marpanaji. 2016. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Praktik Individu Instrumen Pokok Dasar Siswa SMK di Bidang Keahlian Karawitan”. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 6 No. 2.
Agustinova, Danu Eko. 2015. Memahami Metode Penelitian Kualitatif; Teori & Praktik. Yogyakarta: Calpulis.
Arifin, M.H. 2014, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Arifin, Muhammad, Ayu Puspita Sari dan Adriawan Maulana Tama. 2017. “Implikasi Teori Belajar Sibernetik dalam Proses Pembelajaran dan Penerapan IT di Era Modern”. The Second Progressive and Fun Education Seminar.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. “Arti Kata Interaktif - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online”. Diakses pada tanggal 10 April 2022. https://www.kbbi.web.id/interaktif.
Bernstein, James. 2021. Google Sites Made Easy Websites Designed the Easy Way (Computers Made Easy). United States of America: Computer Made Easy.
Buana, Wira dan Betha Nurina Sari. 2022. “Analisis User Interface Meningkatkan Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing Pada Aplikasi Android Course”. Journal of Computer and Information Technology. Vol. 5 No. 2..
Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia. 2019. “KMA 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah – Pustaka Digital Pendidikan Islam”. Diakses pada tanggal 20 Mei 2022. https://pustakapendisntt.com/2019/08/14/kma-183-tahun-2019-tentang-kurikulum-pai-dan-bahasa-arab-pada-madrasah/.
Dewi, Nining Purnama, dkk. 2020. “Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Tentang Materi Hereditas untuk Peserta Didik SMA/MA”. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). Vol. 4. No. 2.
Elisva, Shintya dan Nurul Umamah. 2019. “The Effectiveness of Prezi Media for History Learning of The Eleventh Grade”. Journal Historica. Vol. 3. No. 1.
Engkizar, dkk. 2018. “The Importance of Integrating ICT Into Islamic Study Teaching and Learning Process”. Khalifa: Journal of Islamic Education. Vol. 1. No. 2.
Hakim, Mukhammad Luqman. 2019. “Pengembangan Media Video dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam”. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. Vol. 6. No. 2.
Hanafy, Muh Sain. 2014. “Konsep Belajar dan Pembelajaran”. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Vol. 17. No. 1.
Hermawan, Aditya, Ratu Amalia Avanti dan Ragil Sukarno. 2021. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Edukasi Bahaya Kebakaran dan Upaya Penyelamatan Diri dengan Metode Problem Based Learning Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Siswa Kelas V”. JPTV (Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional). Vol. 4. No. 2.
Hidayati, Riella Anggun. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Melalui Blended Learning pada Mata Pelajaran SKI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTs Nusantara Kota Probolinggo”. Tesis. Malang: UIN Malang.
Ibrahim, Nurwahyuningsih dan Ishartiwi. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SMP”. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan.
Vol. 8. No. 1.
Junaidi. 2019. “Peran Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar”. Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan. Vol. 3. No. 1.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. “Salinan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah”.
Diakses pada tanggal https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Salinan%20Permendikbud%20Nomor%2022%20tahun%202016.pdf.
Machali, Imam. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Mahsunah. 2017. “Sejarah Kebudayaan Islam”. Jurnal Pedagogy. Vol. 10. No. 4.
Mashuri, Sufri. 2019. Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Mawarni, Sella dan Ali Muhtadi. 2017. “Pengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan”. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 4. No. 1.
Musnaini dan Hadion Wijoyo. 2021. UMKM Digital Era New Normal. Insan Cendekia Mandiri.
Nurdin, Arbain. 2020. “Designing Powtoon-Mediated Interactive Multimedia to Leverage Students’ Learning Behavior in the Qur’an and Hadith”. Edukasia Islamika. Vol. 5. No. 2.
Nurfadhillah, Septy dan 4C PGSD. 2021. Media Pembelajaran di Jenjang SD. Kab. Sukabumi: CV Jejak.
Nurlina, Nurfadilah dan Aliem Bahri. 2021. Teori Belajar dan Pembelajaran. Makassar: LPP Unismuh.
Octobe Purba, Yoel, dkk. 2021. Teknik Uji Instrumen Penelitian Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Puspitarini, Yanuari Dwi dan Muhammad Hanif. 2019. “Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School”. Anatolian Journal of Education. Vol. 4. No. 2.
Putri, Dian Puspita Eka dan Ali Muhtadi. 2018. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kimia Berbasis Android Menggunakan Prinsip Mayer pada Materi Laju Reaksi”. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 5. No. 1.
Rahadian, Raditya Bayu dan C. Asri Budiningsih. 2017. “What Are The Suitable Instructional Strategy and Media for Student Learning Styles in Middle Schools?”. International Journal on Integrating Technology in Education. Vol. 6. No. 4.
Ramadhani, Mastari, M. Oky Fardian Gafari dan Marice. 2019. “Development of Interactive Learning Media on Material Writing Short Story Texts Based on Experience”. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal. Vol. 2. No. 1.
Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Cet. 2. Depok: Rajagrafindo Persada.
Samsu. 2017. Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: Pusaka.
Saputro, Budiyono. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Setiaman, Sobur. 2020. Merancang Kuesioner untuk Penelitian. Jakarta: PPNIQATAR.
Setianingsih, Astuti dan I Made Muliatna. 2017. “Pengembangan Modul Trainer Sistem Penerangan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto”. JTPM. Vol. 6. No. 2.
Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan Edisi Ketiga. Jakarta: Kencana.
Suci, Dwi Kurnia. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Ski Materi Al Khulafa’ Ar Rasyidun Berbasis Power Point Add-Ins Ispring Suite 8 Kelas VII di MTs Asa’adah Global Islamic School” Tesis. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Surjono, Herman Dwi. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.
Suryadi, Ahmad. 2020. Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid 1. Jawa Barat: Jejak Publisher.
Suryani, Nunuk, Achmad Setiawan dan Aditin Putria. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susilo, Agus. 2020. “Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran”. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 4. No. 2.
Wibawanto, Wandah. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulat Kreatif.
Wijayanti, Sri Hapsari dan Clara Ika Sari Budhayanti. 2019. Kunci Guru Profesional. Yogyakarta: Media Akademi.
Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.
Yuliadri, Ricki dan Zuli Nuraeni. 2017. Statistika Penelitian Plus Tutorial SPSS. Yogyakarta: Innosain.
Yunita, Sri. 2020. Media Pembelajaran Matematika Berbasis TIK. Malang: Ahlimedia Press.
Yaniawati, Poppy, dkk. 2021. "Using of Sigil Software in Math Education: E-Module Development and Effects on Self-Regulated Learning Skills". Journal for the Education of Gifted Young Scientists. Vol. 9. No. 3.
23SK2321035.00 | SK PAI 23.035 NUR p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain