SKRIPSI PAI
Peran Pendidik Dalam Membentuk Karakter Islami di Taman Penitipan Anak Abqory Islamic School Desa Dadirejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan
Indikator kelembagaan pendidikan bisa dikatakan maju, tidak hanya mengacu pada tinggi rendahnya jumlah siswa, tetapi juga melihat pada kualitas kemampuan siswa dan lulusannya. Tidak hanya dari nilai akademik saja, tetapi juga nilai non akademik seperti sikap dan perilaku siswa yang berkepribadian baik dan berkarakter mulia. Pendidikan pada hakekatnya tidak hanya sebatas memberi ilmu, tetapi juga memberi nilai tambah bagi kehidupan yang menerimanya, sehingga menjadi kunci pembentukan karakter anak sejak dini. Selain itu tidak hanya cukup mengedepankan kecerdasan intelektual saja, tetapi juga harus diimbangi dengan etika, moral, dan akhlak yang baik. Pendidikan sangat penting dalam kehidupan manusia sebagai bentuk upaya untuk melatih potensi, akal dan sikap.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana implementasi pembentukan karakter islami anak di Taman Penitipan Anak Abqory Islamic School? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter islami anak di Taman Penitipan Anak Abqory Islamic School ? Dari rumusan masalah tersebut maka tujuan adanya penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui implementasi pembentukan karakter islami pada anak di Taman Penitipan Anak Abqory Islamic School. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter islami anak di Taman Penitipan Anak Abqory Islamic School.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitianya yaitu dengan penelitian lapangan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menyajikan data, mereduksi data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian antara lain: Pertama, Implementasi anak didik dalam Pembentukan karakter islami anak di TPA Abqory Islamic School. Kedua, Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembentukan karakter islami di TPA Abqory Islamic School. Yang termasuk kedalam faktor pendukung diantaranya yaitu kerjasama antara guru dengan orang tua wali murid kerjasama antar guru di TPA, serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan yang termasuk faktor penghambat dalam pembentukan karakter islami di Taman Penitipan Anak Abqory Islamic School yaitu pola asuh orang tua, lingkungan sosial, dan sosial media atau teknologi informasi masa kini
DAFTAR PUSTAKA :
Ainissyifa, Hilda. 2014. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal PendidikanUniversitas Garut Vol. 08; No. 01.
Aisyah. Wali Murid Taman Penitipan Anak Abqory Islamic School, Wawancara Pribadi.
Ahsanulkhaq, Moh. 2019. Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan, Jurnal Prakarsa Paedagogia Vol.2 No.1.
Amaruddin, Hidar. 2020. Peran Keluarga dan Media Sosial Dalam Membentuk Karakter Santun Suswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun X, Nomor 1.
Basrowi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bokings, Agnes Juliet. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Orang Tua dalam Memilih Sekolah TK Bagi Anak, Jurnal Matematika Vol.3 No 2.
Buan, Yohana Afliani Ludo. 2020. Guru dan Pendidikan Karakter. Indramayu: Penerbit Adab.
Fadhallah. 2021. Wawancara. Jakarta: Unj Press.
Fatmawati, Erna. 2020. Korelasi Budaya Kerja Sama dan Team Work Terhdap Kinerja Guru SMA Negeri Kecamatan Pinang Raya Bengkulu Utara. Jurnal Manajer Pendidikan, Vol.14.
Fricelia, Nadia Ayu. 26 April 2022.Wali Murid Taman Penitipan Anak Abqory Islamic School, Wawancara Pribadi.
Gazali, Marlina. 1998. Dasar-Dasar Pendidikan. Bandung: Mizan.
Halwa. 26 April 2022 Wali Murid Taman Penitipan Anak Abqory Islamic School, Wawancara Pribadi.
Haniyyah, Zida. 2021. Guru PAI Dalam Pembenukan Karakter Islami Siswa di SMPN 03 Jombang, Jurnal Studi Kemahasiswaan Vol. 1 No.1.
Harianti, Riri. 2016. Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Curricula Kopertis Wil X 1(2).
Harnani, Yessi. 2015. Statistika Dasar Kesehatan. Sleman: Deepublish.
Hermawan, Asep. 2005. Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta: PT Grasindo.
Indrawan, Irjus. 2020. Manajemen PAUD DMIJ Berorientasi Akreditasi, Riau: Dotplus Publisher.
Inshofiana, Mirna. 25 April 2022.Kepala Taman Penitipan Anak Abqory Islamic School, Wawancara Pribadi.
Johansyah, 2011. Pendidikan Karakter Dalam Islam Kajian dari Aspek Metodologis, Volume XI, No. 1, Jurnal islam future.
Kemendiknas. 2010. Karakter Islami. Jakarta.
Khotidjah, Siti. 2015. Islamic Habituation Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Anak Usia Dini, Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, Volume 2, Nomor 2, Oktober.
Listia, Ratna Anggun. 25 April 2022.Guru di Taman Penitipan Anak Abqory Islamic School, Wawancara Pribadi.
Majid, Abdul. 2017. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Makassar: Aksra Timur.
Majid. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maudin. 2021. Pentingnya Kerjasama Guru dan Orang tua Siswa dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Pada SMP Negeri 14 Baubau., Vo.1 No 2.
Maylisa, Dwi. 2020. Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa di SMK Muhammadiyah 1 Seputih Banyak Skripsi. Lampung: IAIN Metro.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Citra.
Muhandisah, Zakiyatul. 2021. Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Kepribadian Islami Pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal (RA) Hidayatus Sibyan Kandanghaur. Islamic Studies Journal, Volume: 03 No: 01.
Musrifah. 2016. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam, Jurnal Edukasia Islamika: Volume I, Nomor 1.
Nasrullah, Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Nata, Abudin. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media.
Novita, Mona. 2017. Sarana dan Prasarana yang Baik Menjadi ,Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam. Vol.4 No 2.
Observasi di Taman Penitipan Anak Abqory Islamic School Desa Dadirejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan pada hari Senin, 10 Juni 2021.
Observasi di Taman Penitipan Anak Abqory Islamic School Desa Dadirejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan pada hari Selasa, 26 April 2022.
Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Setyoningsih, Lilis. 25 April 2022.Guru di Taman Penitipan Anak Abqory Islamic School, Wawancara Pribadi.
Siyoto, Sandu. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Thompson, June. 2003. Toddlercare Pedoman Merawat Balita. Jakarta: Erlangga.
Ulya, Khalifatul. 2020. Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dino Bina Generasi Tembilahan Kota, Jurnal Pendidikan Vol.1 No.1.
Untung, Slamet. 2019. Metode Penelitian Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial. Yogyakarta: Litera.
Widodo, Hery. 2019. Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Semarang: Alprin.
Wahyuni, Ida Windi. 2020. Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah Vol. 5, No. 1.
Wijayanti. 26 April 2022. Wali Murid Taman Penitipan Anak Abqory Islamic School, Wawancara Pribadi.
23SK2321033.00 | SK PAI 23.033 RAR p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain