SKRIPSI PAI
Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Wiradesa Pekalongan
Kata kunci: strategi pengelolaan kelas, mutu pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Wiradesa sudah baik. Hal ini dibuktikan dengan kurikulum 2013 yang telah dilaksanakan sejak lama di SMA Negeri 1 Wiradesa. Selain kurikulum 2013, tenaga pendidik di SMA Negeri 1 Wiradesa juga dalam proses pembelajaran menggunakan strategi pengelolaan yang kreatif serta inovatif, serta didukung oleh sarana dan prasarana yang memadahi. Sehingga tenaga pendidik khusus nya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bisa berjalan sesuai dengan rencana pembelajaran yang sudah di rancang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Wiradesa, kemudian apa faktor penunjang dan penghambat strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Wiradesa.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengelolaan kelas yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Wiradesa yaitu menggunakan strategi menciptakan kelas yang kondusif dan strategi pembelajaran di luar kelas dan di luar pembelajaran. Faktor pendukung strategi pengelolaan kelas ini adalah adanya teknologi yang semakin berkembang untuk dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, memberikan materi pembelajaran dengan media pembelajaran serta tersedianya tempat ibadah di sekolah. Sedangkan Faktor penghambat utama adalah diri siswa sendiri, yaitu kurangnya kesadaran pentingnya belajar terhadap diri sendiri. Sehingga guru dituntut untuk mengatasi faktor penghambat tersebut. Beberapa upaya yang dilakukan adalah Sering meluangkan waktu dalam kegiatan pembelajaran untuk melakukan pembinaan terhadap siswa secara konsisten dan menyenangkan. Sehingga guru harus mampu mengidentifikasi permasalahan dan memberi solusi terhadap permasalahan tersebut
DAFTAR PUSTAKA :
Abdus Shomad Marfa’i, Skripsi. Strategi Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dalam Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti Peserta Didik Kelas Viii Di Smp Negeri 3 Kalasan. Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Achmadi, Cholid Narbuko Dan H.Abu. Meotodelogi Penelitian. Pt Bumi Aksara. Jakarta: Pt Bumi Aksara, 2013.
Albi Anggito Dan Johan Setiawan. “Metodologi Penelitian Kalitatif,” 28–41. Sukabumi: Cv Jejak, 2018.
Asbar, Andi Muhammad. “Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 39 Bulukumba.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 12, No. 1 (2018): 89.
Budiya, Bahroin. “Manajemen Pengelolaan Kelas Masa Pandemi Di Sd Ta’miriyah Surabaya.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4, No. 1 (2021): 50–54.
Darmalaksana, Wahyudin. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 2020, 1–6.
Eliningsih, Eliningsih. “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas Di Masa Pandemi Covid-19.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 6, No. 1 (2021): 25–36.
Faruqi, Dwi. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pengelolaan Kelas Dwi.” Evaluasi 2, No. 1 (2018): 294–310.
Fathoni, Abdurrahman. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Ghiffarin Kintan Arini. Pengaruh Kemampuan Profesional Guru Terhadap Mutu Pembelajaran Peserta Didik (Studi Kasus Di Smk Negeri 1 Bandung). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2016.
Halimurosid, Syafe’i, Fathurrohman. “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pai Di Sdn Bingawati Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur Jawa Barat.”
Tanzhimuna 1, No. 1 (2021): 19–34.
Ilda Arafa, Supriyanto. “Strategi Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran.” Inspirasi Manajemen Pendidikan, Volume 9 N, No. 808–816 (2021): 808–16.
Ilmiahwati, Tibta, And Sukma Wijayanto. “The Importance Of Classroom Management In Leaning Pentingnya Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran.” Prosiding 14th Urecol: Seri Pendidikan, 2021, 73–80.
Kirom, Askhabul, And Universitas Yudharta Pasuruan. “Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural.” Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, No. 2477–8338 (2017): 69–80.
Madya, Widyaiswara Ahli. “Guru Profesional.” Al Falah Vol. Xvii (2017): 274–85.
Majid, Abdul. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Mannuhung, S, And H Hasbar. “Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Melalui Kegiatan Ceramah (Da’wah), Pidato Dan Baca Tulis Qur’an (Btq) Dan Dzikir Bersama.” Genta Mulia: Jurnal Ilmiah … 12, No. 1 (2021): 197–210.
Maunah, Binti. “Landasan Pendidikan.Pdf.” Yogyakarta: Teras, 2009.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya, 2013.
Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2001.
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional : Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Rosda. Bandung, 2010.
Muri Yusuf. Metode Penelitian. Prenadamedia Group. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.
Nasution, Mulia. “Upaya Guru Agama Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Mtsn 3 Padang Sidimpuan” 08, No. 02 (2020).
Nia Aisyah Rahman. Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 2 Palopo. Skripsi. Palopo, 2018.
Rahmawati, Elvia. Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pai Di Sma Negeri 1 Kampak Trenggalek. Skripsi. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2018.
Rohmadi, Syamsul Huda. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Araska. Yogyakarta, 2012.
Sanjaya. Strategi Guru Pai Dalam Mengelola Kelas Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 47 Seluma. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Skripsi, 2020.
Setiawan, Dika. “Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Autentik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Pendekatan Saintifik Dan Penilaian 01, No. 02 (2017): 34–46.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif,. Bandung: Alfabeta, 2014.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Sumar, Warni Tune. “Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Jambura Journal Of Educational Management 1, No. 4 (2020): 49–59.
Syarboini. “Konsep Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam.” Al-Mahbats 6, No. 1 (2021): 67–85.
Widiawati, Cokorde Istri Mirah Kusuma. “Widyadari Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Daring Melalui Supervisi Akademik Guru Di Sma Negeri 7 Denpasar.” Widyadari 22, No. 1 (2021): 115–26.
Yin, Judy. “Connecting Theory And Practice In Teacher Education: English-As-A-Foreign-Language Pre-Service Teachers’ Perceptions Of Practicum Experience.” Innovation And Education 1, No. 1 (2019): 1–8.
Yusuf, Muri. Metode Penelitian :Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Kencana. Jakarta: Kencana, 2014.
Zaenal Mustakim. Strategi Dan Metode Pembelajaran (Edisi Revisi). Pekalongan: Matagraf Yogyakarta, 2018.
Zahrotul Umi, Mujiyatun, Finy Muslihatuzzahro’. “Manajemen Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Siswa Di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan.” Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu KeIslaman 7, No. 2 (2021): 135–36.
23SK2321032.00 | SK PAI 23.032 MUH s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain