SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 02 Kajen Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Metode Problem Based Learning (PBL), Pembelajaran PAI
Masih banyak praktik pembelajaran konvensional. Guru lebih dominan menguasai pembelajaran sedangkan siswa hanya sebaga penerima pengetahuan. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang memberikan peningkatan potensi peserta didiknya. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencapainya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Metode yang tidak membosankan, tidak monoton, dan bisa membangun semangat siswa dalam belajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode problem based learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 02 Kajen Kajen Kabupaten Pekalongan dan Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode problem based learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 02 Kajen Kajen Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah analisis triangulasi dengan langkah-langkah pencocokan data dari berbagai sumber data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode problem based learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 02 Kajen sesuai dengan sintak pembelajaran PBL, yakni melalui 5 tahapan, Tahapan (1) mengorientasi peserta didik terhadap masalah dan tahap (2) mengorganisasikan peserta didik diwujudkan pada kegiatan pendahuluan pembelajaran berupa pemberian masalah dan pembagian kelompok. Tahap (3) membimbing penyelidikan, tahap (4) mengembangkan dan menyajikan karya tahap dan tahap (5) menganalisis dan mengevaluasi hasil pemecahan masalah diwujudkan pada kegiatan inti berupa diskusi dan presentasi kelompok Sedangkan faktor pendukung implementasi metode, antara lain kesiapan guru, keaktifan siswa, lingkungan dan sarana prassarana. Untuk faktor penghambatnya, antara lain kurangnya partisipasi siswa, kurangnya penguasaan guru dalam membawakan metode dan kemampuan siswa.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah, Ridwan Sani. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung : PT Refika Aditama.
Afandi, M. ,Evi Chamalah dan Oktarina Puspita W. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang : UNISSULA PRESS.
Ayu, Dewa Nyoman Apriliana dan I Made Diarta. 2016. “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP N 2 Mengwi Badung” dalam Jurnal Santiaji Pendidikan, Volume 6,Nomor 1, Januari.
Burhan, M. Bungin. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Camelia, Celi dan Lu’luil Maknun. 2021. “Implementasi Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Jarak Jauh di MI Al-Mursyidiyyah Selama Masa Pandemi”, dalam jurnal ELEMENTAR (Elementary of Tarbiyah): Jurnal Pendidikan Dasar.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Santifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto dan Syaiful Karim. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta : GavaMedia.
Faishal, Muhammad Darmawan. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Guru PAI di SMP Negeri 3 Wonokerto”, dalam Skripsi IAIN Pekalongan.
Fathoni, Abdurrahmat. 2011. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kodir, Abdul. 2018. Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung : Pustaka Media.
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama.
Lawrence, W. Neuman. 2016. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Indeks.
Listiagfiroh, Wahyu dan Ellianawati. 2019. “Problem Based Learning: Practicing Students' Critical Thinking Skills with Cognitive Style Dependent Fields and Independent Fields”, dalam JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika) volume 5 Issue 2.
Maryati, Iyam. 2018. ”Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama” Jurnal Mosharafa, Volume 7, Nomor 1.
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munir Yusuf, Munir. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan (Palopo : Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Mustakim, Zaenal. 2009. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan :STAIN Pekalongan Press.
Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Nursa’ban, Muhammad. 2007. Implementasi Student Centered Learning
Berbasis Internet Dalam Pembelajaran Geografi Program Pendidikan Non
Formal Kejar Paket C. Dalam jurnal Diklus Edisi 6, Tahun XI, September.
Prayogi, Saiful dan Muhammad Asy’ari. 2013. “Implementasi Model PBL
(Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa”, dalam Jurnal Prisma Sains Vol. 1 Nomor 1 Juni.
Rizenna, Sitiviana Putra. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta : DIVA Press.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor : Ghalia Indonesia.
Slamet, Moh. Untung. 2019. Metodologi Penelitian: Teori dan Praktik Riset. Yogyakarta: Litera.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syarif, M. Sumantri. 2015 Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.
Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Group.
Tyas, Retnaning. 2017. “Kesulitan Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Tecnoscienza, Vol.2 No.1.
Wena, Made. 2018. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.
Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Anugrah Utama Raja: Bandar Lampung.
Yuniar, Vinny RS dan Wiputra Cendana. 2022.“Penerapan Refleksi Pribadi Untuk Membantu Guru Menjalankan Peran Sebagai Fasilitator Pada Pembelajaran Daring”. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 01,No. 02.
23SK2321031.00 | SK PAI 23.031 KHA i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain