SKRIPSI PAI
Peran Guru PAI Dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural Untuk Mewujudkan Pengembangan Sikap Toleransi Peserta Didik di SMPN 08 Batang
Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Multikultural, Sikap Toleransi
Penafsiran agama yang benar dalam perspektif agama adalah tetap mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dan perbedaan termasuk dalam multikultural. Norma agama tidak akan membunuh perbedaan yang ada, bahkan dalam islam perbedaan menjadi sebuah rahmat. Konsekuensinya perbedaan menjadi sebuah keniscahyaan yang terjadi atas kuasa pencipta. Oleh karena itu dalam uapaya untuk membentuk sikap saling menghargai perbedaan dapat dilakukan dengan menjadikan nilai agama dan nilai luhur budaya yang menjadi komponen dalam pembentukan karakter toleransi dalam multikulturalisme.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1). Bagaimana peran guru PAI dalam menerapkan pendidikan multikultural untuk mewujudkan pengembangan sikap toleransi peserta didik di SMPN 08 Batang? (2) Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat guru menerapkan pendidikan multikultural untuk mewujudkan pengembangan sikap toleransi peserta didik di SMPN 08 Batang?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam menerapkan pendidikan multikultural untuk mewujudkan pengembangan sikap toleransi peserta didik di SMPN 08 Batang. (2) Untuk mendeskrisikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat guru PAI menerapkan pendidikan multikultural untuk mewujudkan pengembangan sikap toleransi peserta didik di SMPN 08 Batang.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) melalui pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam pelaksanaan pendidikan multikultural adalah untuk menghormati teman-teman yang merayakan hari rayanya dan sedang beribadah, menanam sikap non-rasis tidak terlalu apatis. Faktor yang didukung oleh guru PAI dalam melakukan tugas mereka sebagai pendidik, guru, mentor dan pelatih dalam melakukan pendidikan multikultural: fasilitas ruang doa untuk semua agama, guru dari berbagai agama, buku bantu untuk mempelajari setiap agama dan budaya SMPN 08 Batang. Faktor-faktor yang menghambat guru PAI dalam melakukan pendidikan multikultural termasuk kepribadian guru, anak-anak yang terlalu terbiasa dengan budaya sekolah, dan orang tua yang menuntut pembelajaran agama tambahan. Dimana guru menjadi faktor psikologis para peserta didiknya.
DAFTAR PUSTAKA :
Aeni, S. N. (2018). Pengembanagn Budaya Toleransi Beragama Berbasis Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam di SD Nasional Bahasa Putera Harapan Purwokerto. Purwokerto: Perpustakaan IAIN Purwokerto.
Atnaja, I. M. (2020). Membangun toleransi Melalui Pendidikan Multikultural. Pendidikan Kewarganegaraan Undiska, 114-117.
Devi, D. A. (2020). Toleransi Beragama. Jakarta: Alprin.
Hadi Masruri, d. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Multikultural dalam Meningkatkan Sikap Toleransi dan Kerukunan Beragama. p. 10.
Hamid, A. (n.d.). Guru Profesional. Al Falah, 274.
Huda, M. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan Multikultural. kajian Pendidikan Islam, 76-77.
Ismail Nurdin, S. H. (2019). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Sahabat Cendikia.
L.P., L. S. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasisiwa Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz pada Mata Kuliah Kimis Fisika I. JDP, 83.
Lalia Novitasari, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Sikap Toleransi dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. PeTeKa, 43.
M. Djunaidi Gony, F. A. (2016). Metodelogi Penelitian Penddidikan Pendekatan Kuantitatif. Malang: UIN Malang Press.
Margarita D. I Ottu, P. T. (2021). Profesi Furu Adalah Misi Hidup. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Muslikhin. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Berbasis Multikultural. At-Ta'lim, 413.
Musyafa, M. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Surat Al-Kahfi ayat 60-82. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Nafiurrafiq, M. (2011). Potret Kebijakan Pendidikan Diniyah. Yogyakarta: Yogyakarta Absolute Media.
Raco, J. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif. jakarta: Gramedia Widiasarana.
Rukhayati, S. (2019). Strategi Guru PAI dalam Membina Karakter Peserta Didik SMK Al falah Salatiga. Salatiga: LP2M IAIN Salatiga.
Sofian Abdulatif, D. A. (2021). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membina Sikap toleransi antar Peserta didik . JPPGuseda, 106.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. bandung: ALFABETA.
Sulalah. (2011). Pendidikan Multikultural; Didaktika Nilai-Nilai Universal Kebangsaan . Malang: UIN Maliki Press.
Wijaya, U. d. (2020). Analisis data Kualitatif. Makasar: ST Theologia Jaffray.
23SK2321029.00 | SK PAI 23.029 WAH p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain