SKRIPSI PAI
Penggunaan Media Sosial Dalam Menumbuhkan Semangat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Kajen Kabupaten Pekalongan
Kata kunci : Penggunaan Media Sosial, Semangat Belajar, Mata Pelajaran PAI
Media sosial adalah platfrom yang media yang memfokuskan pada eksistensi pengguna yang memfasilitasi mereka dalam beraktifitas maupun berkolaborasi. Karena itu media sosial berperan aktif menjadi alternatif sebagai medium (fasilitator) online hubungan antar pengguna sekaligus sebuah ikatan sosial yang memungkinkan pengguna mempresentasikan dirinya maupun berinteraksi, bekerja sama, berbagi, berkomunikasi dengan khalayak ramai. Dengan adanya penggunaan media sosial dalam pembelajaran maka siswa akan lebih aktif dalam belajar dan lebih percaya diri pada saat diskusi pada mata pelajaran PAI.
Dalam penelitian ini mengkaji tentang bagaimana penggunaan media sosial dalam menumbuhkan semangat belajar pada mata pelajaran PAI di SMP N 2 Kajen. Faktor pendukung dan penghambat media sosial apa saja yang ada ketika pembelajaran PAI dan bagaimana upaya guru dalam menumbuhkan semangat belajar pada pembelajaran PAI. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial dalam menumbuhkan semangat belajar pada mata pelajaran PAI. Untuk mengetahui apa saja factor pendukung dan penghambat penggunaan media sosial dalam pembelajaran PAI
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dan yang dijadikan subjek penelitian ini adalah guru PAI dan bebrapa siswa. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpulkan kemudian disusun dan dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif, melalui tahapan redukasi data, penyusunan data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media sosial dalam menumbuhkan semangat belajar pada mata pelajaran PAI siswa dapat lebih semangat belajar karena pada saat pembelajaran para guru menggunakan fitur aplikasi dengan berbagi cara yang kreatif dan inovatif sehingga siswa lebih tertarik pada pembelajaran PAI.
DAFTAR PUSTAKA :
Afnibar 1, Dyla Fajhriani. N2. 2020. Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media komunikasi antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Menunjang Kegiatan Belajar. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Volume 11 Nomor 1.
Atikah Rini, Rani Titik Prihatin dkk. 2021. Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal PETIK Volume 7, No 1.
Atikah Rini. 2021. “Pemanfaat Goole Clasroom sebagai Media Pembelajaran di masa pandemi Covid-19”. Jurnal PETIK 7. No 1.
Baharun Hasan. 2016. “pengembangan Media pembelajaran Pai berbasis lingkungan melalui model Assure.” Jurnal Cendekia, Volume 14. No 1.
Euis Meinawati, Rifari Baron. 2019.”Media Sosial dan Pembelajaran: Studi Efektivitas Penggunaan dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal Pemikiran dan Penelitian pendidikan. Volume 17. No.1.
Friska Dewi Desiriyanti, 2019. Peran Sosial Media Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah. Tesis : UIN Sunan Ampel Surabaya
Ginting Rahmanita, agus yulistiyono dkk. 2021. Etika Komunikasi dalam Media Sosial : Saring sebelum Sharing. Cirebon : Insania.
Hamalik Omear. 2001 Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Harun Yahya. 2003. Zeal and Enthusiasm Described in the. Surabaya: Risalah Gusti.
Harun Yahya. 2003. Zeal and Enthusiasm Described in the. Surabaya: Risalah Gusti.
Hasibuan. 2009. “Organisasi dan Motivasi”. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hasibuan. 2009. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ismawati. 2021. media pembelajaran PAI (strategi pengguna media pembelajaran dalam memahami materi pendidikan agama islam). Surabaya : Global aksara pres.
Ismawati.2021.“media pembelajaran PAI (strategi pengguna media pembelajaran dalam memahami materi pendidikan agama islam)”. Surabaya : Global aksara pres.
Magdalena Ina. 2020. Tulisan Bersama Tentang Desain Pembelajaran SD.Tangerang: CV Jejak.
Meinawati Euis. Rifari Baron. 2019. Media Sosial dan Pembelajaran: Studi Efektivitas Penggunaan dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian pendidikan Volume 2. No.1.
Monica Junita, Dini Fitriawati. 2020. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa saat Pandemi Covid-19, Jurnal Communio : Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume IX, No.2.
Monica Junita. Dini Fitriawati. 2020. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Ilmu Komunikasi.
Volume IX. No.2.
Mumtahanah Nurotun. 2014 “Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Pai,” Jurnal Keislaman.Volume 4. No. 1.
Mumtahanah Nurotun. 2014. Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Pai. Jurnal Keislaman. Volume 4. No 2.
Mustaqim. 2004. “Psikologi Pendidikan”. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Mustaqim. 2004. Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nafiur Rofiq. 2010. Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan agama Islam. Jurnal Falasifa. Volume 2. No. 1.
Nafiur Rofiq. 2010. Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan agama Islam” Jurnal Falasifa. Volume 10. No. 1.
Nasution Arfah. 2018. “Strategi Guru PAI dalam Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Belajar Siswa pada Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Washliyah Kolam, Medan”. Skripsi Sarjana Pendidikan.
Purwokerto: Perpustakaan UIN Sumatera Utara.
Pratiwi Nuning indah. 2017 “Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi” Jurnal ilmiah Dinamika Sosial, No.2.
Priastuti Dwi. 2019. Jurnal pendidikan Empirisme. Volume 6. No.1
Roffiana Zamrat Desi. 2020. Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Dalam pembelajaran Relasi dan Fungsi Melalui Pendekatan Scientific, Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 4, No 1.
Rohmadi Arif. 2016. Tips Produktif Bersosial Media. Jakarta: Elex Medi Komputindo.
Roqib Moh dan Nur Fuadi. 2009.Kepribadian Guru, Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di MasaDepan.Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Rusni Ariza.2017. Penggunaan Media Online WhatsApp dalam Aktivitas Komunikasi One Day One Juz (ODOJ) dalam Meningkatkan Minat Tilawah ODOJER di Kota Pekan Baru. Jurnal JOM Fisip Vol.2 NO.1
Sari Sofa mei Ika. 2021. “Peran Media Sosial dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada Era Covid-19 di SMP N 2 Kembaran Kabupaten Banyumas”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Purwokerto: Perpustakaan IAIN Purwokerto.
Soaleha. 2013. “efektivitas penggunaan media pembelajaran pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MTs Ma’had DDI Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang”.
Tesis Pascasarjana Pendidikan. Makassar: Perpustakaan UIN Alaudin Makassar.
Soaleha. 2013. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MTs Ma’had DDI Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang.
Tesis. Pascasarjana Pendidikan Agama Islam.UIN Alaudin Makassar.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitafif, Kualitatif dan R&D Bandung:Alfabeta.
Sugiono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif untuk penelitian yang bersifat: eksplorsi, enterpretif, interaktif dan konstuktif. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undangnomor 20 tahun 2003 tentangSistemPendidikanNasional, Bab II, pasal 3
Waode Sriwahyuni, 2017. Analisis Pemanfaatan Media Sosial dalam Menunjang Proses Pembelajaran Siswa SMUN 1 Makassar. Skripsi UIN Hasanuddin Makassar
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.
23SK2321027.00 | SK PAI 23.027 FIK p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain