SKRIPSI PAI
Implementasi Strategi Everyone Is A Teacher Here Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 6 Kota Pekalongan
Kata Kunci : Strategi Everyone is a Teacher Here, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang kurang menarik dan menyenangkan, sebagian besar peserta didik kurang mengambil peran dalam pembelajaran. sehingga siswa menngalami kejenuhan. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih dominasi penuh oleh guru yang menjelaskan dan memberikan materi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung masih belum maksimal dan berdampak pada hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini bersifat deskriftif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara, Tes dan dokumentasi.. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun data pokok diperoleh dari guru Pendidikan Agama Islam, serta siswa kelas VII SMP N 6 Pekalongan, sedangkan data penunjang berasal dari gambaran umum lokasi penelitian dan Staf tata usaha.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi Strategi Everyone is a Teacher Here pada Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 6 Kota Pekalongan terlaksana sesuai dengan teori menurut isnu (2) Implementasi strategi Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP N 6 Pekalongan. Hal ini dibuktikan dengan pada hasil nilai post test, kognitif saja, Pada aspek afektif yang menyangkut nilai dan sikap dan perubahan sikap atau tingkah laku. bahwa siswa percaya diri tidak mencontek saat ujian berlangsung, dan juga siswa mampu menerima jawaban pendapat dari siswa, Lalu aspek psikomotor yakni dengan ditandai terlihatnya ketrampilan, kemampuan atau skill seorang individu, Hal ini bisa dilihat dari tingkat kecepatan cara berfikir siswa pada saat mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru. (3) Faktor pendukung Implementasi strategi Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP N 6 Pekalongan antara lain Adanya interaksi antara guru dan siswa, Guru sering berinteraksi dengan Siswa, Kerjasama antara guru dan orang tua siswa. Faktor penghambatnya peseta didik merasa takut atau canggung bila tidak mampu memberikan jawaban.
DAFTAR PUSTAKA :
Arifin, H. Muzayyin. 2003. FilsafatPendidikan Islam. Jakarta : BumiAksara. Cet.1.
Alim,Muhammad Abd. 1992. Al-Tarbiyah wa alTanmiyah. fi al-Islam. Riyadh : KSA.
Beetlestone, Florence. 2011. CreativeLearning. (Bandung:Nusa Media)
Basrowi dan Suwandi.2008. MemahamiPenelitianKualitatif. Jakarta : Rineka Cipta.
Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta : Raja grafindo Persada.
Ghony, M.Djunaidi dan FauzanAlmanshur. 2012. Metodologi Penelitian kualitatif. Yogjakarta : Ar-RuzzMedia.
Hadiani, La Rosiani. 2011. Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar. Jakarta : Jurnal Pendidikan Pembelajaran.
Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pedekatan Sistem. Jakarta : BumiAksara.
Himpunan Peraturan Perundang-undangan Sistem Pendidikan Nasional. 2019. (Bandung: Fokus Media)
Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa. 2015. Manajamen Kelas (ClassroomManagement). Bandung : Alfabeta.
Machali, Imam. 2016. Metode Penelitan Kuantitatif. Yogyakarta : MPI.
Mawati, Arin Tentrem. 2021. Strategi Pembelajaran (Medan:Yayasan Kita Menulis)
Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif Bandung : Remaja Rosdakarya.
Muhajir, As’aril. 2011. Ilmu Pendidikan Islam Perspektif Kontekstual, (Cet. I: Yogjakarta: Ar RuzzMedia)
Mulyana, Deddy. 2003. Metode Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan IlmuLainnya. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat satuan pendidikan kemandirian guru dan kepala sekolah. Jakarta : BumiAksara
Nizar, Samsul. 2001. PengantarDasar dasar Pemikiran Pendidikan Islam (Jakarta:GayaMediaPratama)
Pratiwi, Nuning Indah. “Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi”. Jurnal Ilmiah Sosial, vol. 1no.2, 2017, h. 212
Pujaastawa, Ide Bagus Gde. 2016. Teknik Wawancara Dan Observasi untuk Pengumpulan Bahan Informasi. Bali : UniversitasUdayana.
Rasyidin, Al dan H. Samsul Nizar. 1995. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Ciputat Press.
Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning. Bogor : Ghalia Indonesia. Cet. 2.
Rijali, Ahmad “Analisis Data Kualitatif “, Jurnal Alhadharah, Vol. 17 No. 33, 2018, h. 94
Suryadi, Ahmad Rudi. 2018. Ilmu Pendidikan Islam (Yogyakarta: Budi Utama)
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulumdan Pembelajaran: Teori Dan Praktik Pengemabangan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan(KTSP) (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)
Sanjaya, Wani. 2010. Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Silberman, Melvin L. 2012. ActiveLearning. Bandung : Penerbit Nuansa. cet.7.
Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta : Literasi MediaPublishing.
Sofyan, Ahmad dkk. 2006. Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Kompetensi. Jakarta : UIN Jakarta Press.
Subagyo, P. Joko. 1995. Metodeogi Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Ufatimah, Hernita. 2020. Implementasi Tabungan Baitullah Ib Hasanah Dan Variasi Akad Pada Pt.Bni Syariah KantorCabang Pekanbaru. Riau : Sultan Syarif Kasim Riau
Tafsir, Ahmad. 1994. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Cet.2.
23SK2321025.00 | SK PAI 23.025 MUH i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain